Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

Anda Harus Tahu! Panduan Pekerjaan di Bidang Jual Beli

Tahukah Anda panduan pekerjaan di bidang jual beli itu seperti apa? Lalu, bagaimana kemampuan persuasi Anda? Jika Anda menjawab “bagus sekali”, maka jual beli bisa jadi tepat untuk Anda. Sebagai salesman, Anda harus melibatkan orang, perusahaan, atau organisasi untuk membeli barang atau jasa dari perusahaan yang Anda wakili. Anda dapat mengatur pandangan Anda untuk bekerja di berbagai industri termasuk manufaktur, ritel, teknologi informasi, pertanian, farmasi, perawatan kesehatan, jasa keuangan, transportasi, perhotelan, dll.

Penjual profesional bisa menjajakan berbagai produk, termasuk produk jasa seperti Hosting Terbaik Indonesia. Di antara barang dan jasa yang mereka jual adalah pakaian, mobil, saham, obat-obatan, peralatan medis, asuransi, teknologi komputer, elektronik, peralatan pertanian, ruang iklan atau waktu, peternakan, liburan, dan real estat. Penjual biasanya mengkhususkan diri pada satu industri atau jenis produk.

Fakta dasar tentang pekerjaan jual beli

Pada 2016, Biro Statistik Tenaga Kerja A.S. memperkirakan sekitar 14,5 juta orang bekerja dalam jual beli dan pekerjaan terkait. Angka ini tidak termasuk wiraswasta. Prospek pekerjaan untuk bidang ini bagus. BLS mengharapkan pertumbuhan kerja lima persen di bidang ini antara tahun 2014 dan 2024, yang hampir sama rata-rata untuk semua pekerjaan. Ini akan menghasilkan sekitar 778.000 pekerjaan penjualan baru.

Penjual dan mereka yang bekerja di pekerjaan terkait memperoleh upah rata-rata tahunan sebesar $ 26,590 pada bulan Mei 2016. Upah tahunan untuk semua pekerjaan adalah $ 37.040, membuat pendapatan di bidang ini sedikit lebih rendah daripada yang lain. Kompensasi individu sering kali mencakup gaji pokok ditambah komisi, yang biasanya dihitung sebagai persentase dari penjualan yang dilakukan seseorang.

Apakah pekerjaan di bidang jual beli tepat untuk Anda?

Karier dalam jual beli bukanlah pilihan yang tepat untuk semua orang. Ini mungkin atau mungkin tidak tepat untuk Anda. Sebelum Anda melangkah maju, Anda harus menentukan apakah Anda memiliki apa yang diperlukan untuk sukses di bidang ini. Seperti disebutkan sebelumnya, untuk berhasil dalam jual beli, Anda harus persuasif.

Keterampilan komunikasi yang baik sangat penting. Anda harus menjadi pendengar yang baik, serta memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik secara verbal. Keterampilan interpersonal teladan akan memungkinkan Anda terhubung dengan orang lain. 

Sebuah komitmen untuk bekerja keras dan banyak kesabaran juga dibutuhkan, termasuk untuk memastikan bahwa Anda memberikan pelayanan cepat dan tanggap. Terkadang dibutuhkan banyak upaya untuk menutup penjualan, dan Anda mungkin harus dengan sabar menunggu sementara pelanggan membentuk pikirannya. Penolakan biasa terjadi, jadi Anda harus berkulit tebal juga.

Cara memilih pekerjaan di bidang jual beli yang baik

Dengan banyaknya industri dan produk yang bisa dipilih, bagaimana Anda bisa memutuskan untuk menjual apa?

Ada beberapa kriteria yang harus Anda perhatikan saat memilih pekerjaan jual beli. Anda harus mempertimbangkan potensi pendapatan, ketertarikan Anda pada produk yang Anda jual, dan keamanan kerja saat membuat keputusan. 

Karena itu, jika Anda memiliki sedikit minat terhadap produk tersebut, itu akan mempengaruhi motivasi Anda. Kurang motivasi akan menyebabkan penjualan lebih sedikit, yang pada gilirannya akan menyebabkan Anda memperoleh penghasilan lebih rendah jika kompensasi Anda termasuk komisi atau kehilangan pekerjaan jika atasan Anda tidak puas dengan kinerja Anda. Sama pentingnya dengan mencari nafkah, Anda juga harus memikirkan ketertarikan Anda pada produk yang Anda jual. 

Jika Anda tertarik dengan industri atau jenis produk tertentu, namun ada beberapa pekerjaan yang tersedia, Anda harus mencari area lain untuk bekerja. Biasanya, semakin tinggi permintaan akan produk, semakin besar pula keamanan kerja para pekerja yang menjualnya.  

Pendidikan dan pelatihan

Persiapan Anda untuk pekerjaan penjualan tergantung pada produk yang Anda jual. Anda mungkin tidak memerlukan ijazah SMA untuk menjual beberapa produk, namun jika Anda mencari pekerjaan yang menjajakan produk ilmiah atau teknis, misalnya, Atasan hanya akan mempekerjakan calon pekerjaan yang memiliki gelar sarjana.

Untuk menjual asuransi, Anda juga butuh gelar. Gelar sarjana adalah pilihan bagi perwakilan penjualan iklan, namun mendapatkan penghasilan secara signifikan akan meningkatkan peluang Anda mendapatkan pekerjaan.

Anda mungkin memerlukan lisensi profesional, tergantung produk yang ingin Anda jual. Misalnya, individu yang menjual instrumen investasi, produk keuangan, dan asuransi harus dilisensikan.

Cara mendapatkan pekerjaan jual beli

Apakah Anda mencari posisi entry-level atau pekerjaan yang lebih baik daripada pekerjaan Anda saat ini, ada situs-situs tertentu yang hanya bisa Anda cari. Anda juga bisa menggunakan situs pekerjaan umum seperti Indeed.com.

Situs tersebut juga mengumpulkan daftar pekerjaan dari situs pencari pekerjaan lain, organisasi profesional, dan situs web perusahaan. Sebagai alternatif, Anda dapat mengunggah resume dan atasan Anda akan dapat menemukan Anda saat mereka mencari seseorang dengan kualifikasi Anda.

Jaringan profesional Anda adalah sumber yang bagus untuk belajar tentang kesempatan kerja. Memperluas jaringan Anda dengan menggunakan situs jaringan online. Yang paling terkenal adalah LinkedIn. Anda akan dapat terhubung dengan penjual profesional lainnya atau anggota jaringan Anda yang mengenal orang-orang yang bekerja di bidang ini.

Ketika Atasan mempertimbangkan Anda untuk suatu posisi, Anda harus memastikannya dengan berprestasi saat wawancara kerja. Atasan akan menanyakan pertanyaan tentang keahlian penjualan Anda. Dia juga ingin tahu tentang kekuatan dan kelemahan Anda. Melalui tanggapan Anda, Anda harus menunjukkan kemampuan Anda untuk menindaklanjuti dan memikirkan langkah apa yang akan anda ambil.

Nah, bagaimana Anda? Dunia internet menyediakan tempat untuk berbagai macam pekerjaan untuk dijelajahi. Bahkan termasuk untuk profesi sebagai pebisnis online yang memanfaatkan hosting terbaik Indonesia dalam membangun website bisnis mereka. Website menjadi bagian penting untuk sebuah bisnis online. Tak lagi sekedar sosial media, namun website dan pelayanan yang cepat akan berpengaruh terhadap kepercayaan pelanggan terhadap bisnis kita. 

SM Team

  • Teknologi yang terus berkembang emang bagus banget, dan kita harus beradaptasi juga, supaya segala kegiatan jadi mudah.

  • Weh…saya kemarin baru beli domain dan hosting untuk 2 tahun….coba kau tinformasi ini saya tahu dulu…

  • Wah, ini ilmu jual beli keren nih, mas. Bisa dipelajari dan mudah dicerna. Makasi banyak ya atas informasi ini.

  • Tulisan yang sangat menarik dan bermanfaat sekali.. makasi ya mas sharingnya.. saya ijin share tulisannya

    • SM Team

      Siap Gan Hajar 😀 hehe

  • Thank you for your tips ya mas. Baca artikel ini jadi keinget akun LinkedIn udah lama gak dimaintain. Hihi.

  • Baru tahu klo jual beli ada ilmunya kayak gini. Biasanya ya atas dasar cari untung aja untuk jual dan beli pun demikian

  • Kayanya saya ga bakat bisnis jual beli 😀

  • Salah satu kelemahan aku nih. Berkecimpung di dunia jual beli, khususnya sbg penjual. Klo sbg pembeli sih kayanya udah fasih. Hihi. Gak jago jualan. Kesulitan terbesar adalah berinteraksi dgn calon pembeli sampai akhirnya mereka deal.