10 Tips Para Founder Sukses dalam Meningkatkan Produktivitas Bisnis

10 Tips Para Founder Sukses dalam Meningkatkan Produktivitas Bisnis
10 Tips Para Founder Sukses dalam Meningkatkan Produktivitas Bisnis

Menjalani profesi sebagai seorang entrepreneur membutuhkan ketrampilan untuk memadukan seni kepemimpinan dan kreativitas yang baik terutama untuk meningkatkan produktivitas. Beberapa hal kadang membuat seorang entrepreneur kesulitan, tapi ketika berhasil menjalaninya tentu Anda akan sangat senang!

Berikut beberapa tips yang dibagikan oleh 10 founder ternama untuk meningkatkan produktivitas bisnis Anda. Yuk simak!

1. Catat semua hal

Founder dari Zuckeberg Media, Randi Zuckerberg menekankan betapa pentingnya mencatat segala hal di catatan pribadi Anda. Catatan ini akan sangat berguna karena bisa menjadi bahan perbincangan Randi dengan tim bisnisnya ataupun suaminya. Randi biasanya menggunakan aplikasi Evernote ataupun aplikasi pencatat di smartphone nya. Yuk ikut install aplikasi semacam ini juga!

2. Percayai karyawan Anda

“To be trusted is a greater compliment than being loved.”, kalimat yang disampaikan oleh George Macdonald ini menggambarkan betapa pentingnya memberikan kepercayaan kepada orang lain. Amber Venz, founder dari RewardStyle pun mengatakan hal demikian. Seorang entrepreneur akan mudah meningkatkan produktivitas bisnisnya hanya jika ia mampu memberikan kepercayaan penuh kepada karyawannya.

3. Buat semua hal mudah dibagikan ke tim Anda

Tentu menjalankan bisnis Anda akan disibukkan oleh berbagai tujuan. Baik tujuan jangka pendek ataupun jangka panjang. Sebagai entrepreneur yang ingin meningkatkan produktivitasnya, Julia Hartz founder Everbrite mengatakan bahwa aksesibilitas dan kecepatan dalam membagi informasi di suatu tim adalah faktor penentu yang dominan. Ia mencontohkan bahwa dengan menggunakan satu medium sebagai pusat informasi yang bisa diakses oleh semua anggota tim Anda bisa membuat segala hal menjadi lebih efektif dan efisien!

Cek Konten Lainnya:
Manfaat Pelatihan Digitalisasi Sekolah untuk Guru dan Murid

4. Kurangi intensitas membuka email

Terdengar aneh? Tidak untuk Tim Chen. Ia mengatakan bahwa dengan mengurangi intensitasnya membuka email tiap hari akan membantunya untuk fokus terhadap hal lain dalam bisnis.

5. Aktiflah setiap hari

Bastian Lehmann dari Postmann mengatakan bahwa aktif beraktivitas setiap hari akan menumbuhkan passion Anda setiap hari untuk menjalankan bisnis Anda. Selain itu juga menurut data yang dikeluarkan healt.gov pada tahun 2005, dengan aktif bergerak setiap hari minimal 30 menit Anda akan terhindar dari potensi terkena penyakit kritis. Menakjubkan!

6. Tidur lebih awal, bangun lebih pagi

Zaman sekarang kita sering melupakan hal paling esensial dari kehidupan manusia, yaitu tidur. Apalagi entrepreneur sibuk selalu punya alasan untuk mengurangi waktu tidurnya dengan alasan harus mengerjakan urusan bisnisnya. Tapi tidak untuk David Bladow dari BloomThat. Ia mengatakan bahwa kini ia membiasakan diri untuk tidur lebih awal sehingga ia bisa bangun lebih pagi. Apa manfaatnya? Ia mengatakan dirinya jauh  lebih produktif setiap harinya!

7. Matikan gadget Anda

Tidak mungkin! Mana bisa mematikan gadget di era digital? Ya, hal ini tidak berlaku untuk Daniella Yacobovsky dari BaubleBar. Ia bercerita bahwa dulu ia pernah merasa sangat bersalah karena terjebak dengan gadgetnya. Ia jadi tidak bisa lepas setiap menit dari aktivitas membuka gadget.  Hal ini diakuinya membuat Daniella menjadi tidak produktif. Berdasarkan pengalamannya ini, ia kini membiasakan diri  untuk mematikan gadgetnya eecara rutin.

8. Bekerja tanpa interupsi

Layaknya jadwal yang diberikan dokter untuk meminum obat pada tiap resepnya, begitu pula menjalankan bisnis. Entrepreneur memiliki kelebihan pada waktu yang lebih fleksibel jika dibandingkan dengan pekerja. Tetapi, jangan sampai ini menjadi penghambat Anda. Oliver Kharraz dari Zocdoc mengatakan bahwa pekerjaan yang dilakukan tanpa interupsi apapun akan melatih Anda untuk disiplin dan lebih produktif.

Cek Konten Lainnya:
7 Hal ini Buktikan Bahwa Email Marketing Masih Berpengaruh Besar bagi Bisnis

9. Jadikan to-do-list Anda selayaknya permainan

Siapa yang tidak suka bermain? Tentu hampir semua orang menyukainya. Bahkan seringkali kita berlomba-lomba menjadi yang paling cepat menamatkan sebuah permainan. Analogi inilah yang dikatakan oleh Jack Groetzinger dari SeatGeek harus dilakukan  untuk menambah produktivitas seorang entrepreneur.

10. Jangan menunda-nunda hal yang bisa Anda kerjakan saat ini juga

Apa Anda masih suka menunda-nunda pekerjaan yang seharusnya bisa Anda selesaikan hari ini juga? Kalau iya, saran dari Melissa Ben-Ishay dari Baked By Melissa ini wajib Anda biasakan. Jangan menunda-nunda hal yang bisa Anda kerjakan hari ini. Waktu sangat berharga. Sekali terlewat, tidak akan bisa Anda kembalikan. Jadi apa Anda sudah siap untuk jadi entrepreneur yang lebih produktif?

1 comment
  1. Ping-balik: Pastikan Anda Tahu! 6 Tips Kepemimpinan untuk Membangun Bisnis yang Sukses - Blog Jagoan Hosting | Info Seru Jagoan Hosting Indonesia
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
HARBOLNAS 12.12
Read More
6 Alasan Utama Gagal Berburu di HARBOLNAS 12.12, Kali Ini Jangan Sampai Lolos!
Sering gagal pas ngincer promo HARBOLNAS 12.12? Duh… Duh… Sini Mimin pukpuk. Jangan sedih, Sob! HARBOLNAS 12.12 tahun…
Read More
10 Kebiasaan Rutin yang Harus Kamu Lakukan untuk Menjadi Pengusaha TOP!
Sudah menjadi rahasia  umum bagi millennials yang selalu berandai-andai untuk menjadi pengusaha sukses, kaya raya, gemar menabung dan bahagia…