inilah 15 rekomendasi situs education terbaik di dunia

Memilih situs edukasi terkadang terdengar mudah, tetapi juga bisa dibilang sulit. Kenapa sulit? Sederhananya, karena situs pendidikan bukan berarti hanya untuk murid-murid sekolah yang mencari materi. Tentu ada pula situs pendidikan untuk mahasiswa, bahasa, skill seperti coding, dan atau kursus online lainnya yang bisa anda pakai untuk mengisi waktu luang.
Akses belajar tidak lagi hanya didapat di sekolah atau di kampus, bahkan cukup bermodalkan smartphone Anda sudah bisa mengakses puluhan situs dan program kursus online yang tentunya beragam macam dan bidangnya. Anda ingin belajar materi sekolah? Ingin belajar lebih jauh tentang jurusan kuliah anda? Atau hanya ingin mengisi waktu luang dengan belajar bahasa baru atau software? Simak artikel berikut untuk tahu situs-situs edukasi terbaik yang bisa Anda dapat di internet.

  1. Zenius
    Jika mendengar kata situs pendidikan online, seringkali kita langsung tergambar materi sekolahan. Memang tidak salah, karena seiring berkembangnya internet, materi belajar pun semakin mudah diakses. Bagi anda yang masih dalam masa wajib belajar 12 tahun, tentu ini pilihan yang cukup tepat bagi anda.
    Berbagai pelajaran bisa anda dapatkan di sini, dan khususnya SMA juga sudah terdapat untuk jurusan IPS dan IPA. Zenius cukup populer di kalangan pelajar SMA, terutama di masa-masa ujian akhir seperti UN, dan juga menyediakan program belajar untuk SBMPTN. Zenius menyediakan beberapa program belajar gratis, tetapi juga menyediakan membership dari jangka waktu 1 bulan hingga 24 bulan. Jika anda belum yakin, tentunya bisa dicoba-coba terlebih dahulu.
  2. Coursera
    Internet sudah menjadi tempat tukar materi, jurnal, dan riset yang pastinya banyak digunakan di universitas. Baik bagi mahasiswa maupun pengajar seperti dosen, anda bisa memanfaatkan beberapa situs seperti Coursera.
    Coursera adalah platform pembelajaran online dari amerika. Coursera menyediakan berbagai kursus online terbuka yang bekerja sama dengan berbagai universitas. Terutama bagi mahasiswa, Coursera juga menyediakan program spesialisasi dan gelar, dan melingkupi berbagai jurusan kuliah seperti teknik, matematika, ilmu komputer, pemasaran, ilmu sosial, kedokteran, biologi, dan masih banyak lagi. Coursera menyediakan 1150+ program belajar gratis, dan juga menyediakan program berbayar untuk beberapa bidang pembelajaran. Untuk program berbayar, Coursera sudah menyediakan sertifikat untuk penempuhan program tersebut. Lebih menjanjikan lagi bukan?
  3. Khan Academy
    Selain Zenius, Khan Academy juga menjadi pilihan populer untuk kalangan masa wajib belajar 12 tahun. Apalagi ditambah dengan layanan region sudah mencakup Indonesia. Khan Academy menyediakan kursus dan pembelajaran online secara gratis. Untuk mata pelajaran, Khan Academy juga terkenal lengkap dan rata-rata sudah mendukung kurikulum nasional. Bagi Anda yang ingin belajar lebih tanpa mengeluarkan uang sepeserpun Khan Academy menjadi pilihan yang tepat dan yang pasti tidak akan rugi.
  4. Open Culture
    Bagi kalian yang tertarik dengan budaya dan bahasa dunia, Open Culture adalah situs pendidikan yang bisa dibilang tepat untuk interest anda.
    Open Culture memiliki tema Culture and Education yang menyediakan konten belajar gratis untuk seluruh programnya. Baik pelajar, mahasiswa, atau umum pun bisa belajar dari Open Culture karena Open Culture bersifat terbuka dan menyediakan program baik bagi anak-anak hingga dewasa. Tentunya diisi dengan konten-konten menarik seperti video, audio book, dan beberapa program bahasa dan semuanya bisa diakses secara gratis.
  5. Academic Earth
    Academic Earth mampu memberikan pengalaman kuliah online layaknya universitas-universitas ternama. Bagi anda yang sudah mahasiswa, tidak ada salahnya mencari referensi baru untuk memperdalam ilmu anda, dan salah satu jagoannya adalah Academic Earth.
    Academic Earth sudah meliputi 50 jurusan terpopuler di dunia, serta konten-kontennya didukung oleh universitas-universitas ternama di dunia seperti UC Berkley, UCLA, University of Michigan, Oxford, Harvard, MIT, dan masih banyak lagi. Mendengar begitu, pasti anda bisa yakin Academic Earth menyediakan konten-konten yang bermanfaat untuk mahasiswa. Yang lebih menarik lagi, konten-konten di Academic Earth bisa diakses secara gratis.
  6. edX
    Kursus dan edukasi online tidak berhenti hanya sekedar belajar saja dan tidak mendapat kembali apa-apa. Bahkan beberapa kursus online sudah menyediakan program sertifikat yang tentunya menambah prestasi anda. Contohnya edX.
    Konten-konten yang disediakan edX setara dengan tingkat universitas dan melingkupi berbagai macam jurusan kuliah. Tentunya cocok bagi anda yang sudah kuliah. Ditambah lagi dengan program sertifikat yang disediakan oleh edX. Cukup di rumah anda sudah bisa meraih penghargaan tersendiri tanpa harus repot-repot pergi ke seminar.
  7. ITunes U
    Bagi anda mahasiswa yang memiliki gadget Apple, tentunya ingin mengerjakan tugas lebih cepat bukan? Pastinya juga ingin menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik bukan? Sudah waktunya anda buka AppStore dan silahkan men-download iTunes U.
    Kenapa iTunes U bisa jadi penyelamat kuliah anda? Karena iTunes U menyediakan berbagai kebutuhan pembelajaran perkuliahan, semua yang anda butuhkan pasti ada disini. Konten-konten yang disediakan iTunes U bersifat gratis dan bisa di-download oleh seluruh mahasiswa di dunia. Selain itu, iTunes U juga menyediakan sistem untuk meng-upload dan men-download berbagai macam dokumen. Selain mahasiswa, dosen pun juga bisa membantu dengan meng-upload jurnal dan riset yang dapat dijadikan referensi oleh mahasiswanya.
  8. Udemy
    Kursus dan edukasi online tidak berhenti hanya untuk kalangan akademis. Tetapi, anda juga bisa meraup skill-skill baru yang anda dapat manfaatkan di pekerjaan anda, atau hanya mengisi waktu luang. Jangan salah, karena belajar melalui situs online bukan berarti skill anda tidak diakui. Salah satu penyedia kursus online terbaik adalah Udemy.
    Anda ingin belajar bisnis? Musik? Programming? Seni? Cukup sebut apa yang anda ingin pelajari dan hasilnya pasti ada di Udemy. Konten pembelajaran yang sangat luas dan dapat diakses oleh siapapun. Bagi anda yang pelajar ataupun non-pelajar Udemy bisa menjadi investasi masa depan anda, dan tentunya anda bisa memperluas wawasan anda dalam berbagai bidang.
  9. Codecademy
    Bicara soal skill, terdapat juga situs pendidikan dengan bidang yang sangat spesifik. Contohnya yang paling populer adalah coding dan seputar IT. Dewasa ini, coding sudah menjadi aset keahlian yang sangat berharga. Apapun perusahaannya, suatu saat akan membutuhkan yang disebut developer atau programmer.
    Codecademy adalah kursus online yang spesialisasi di bidang coding, bagi anda yang ingin belajar coding dan development tapi tidak ingin kuliah ilmu komputer lama-lama, Codecademy jawaban anda. Konten-konten kursus tersedia berbagai bahasaseperti HTML, CSS, JavaScript, Python, dan lain-lain. Untuk anda yang ingin mendalami bahasa programming atau belajar bahasa programming baru, Codecademy merupakan pilihan yang tepat dan dapat disesuaikan dengan budget anda.
  10. Duolingo
    Salah satu bidang edukasi yang sangat diminati secara online adalah belajar bahasa. Saking populernya, banyak orang yang bilang bahwa mereka mendapatkan ilmu bahasa yang lebih mendalam dibanding di masa-masa sekolahnya. Salah satunya adalah Duolingo.
    Bagi anda yang ingin memanfaatkan waktu dengan lebih produktif, kenapa tidak mencoba belajar bahasa baru? Duolingo menyediakan kursus bahasa dimulai dari Bahasa Inggris (untuk aplikasi berbahasa selain inggris), spanyol, prancis, jerman, bahasa daerah seperti Scottish dan Navajo, dan bahkan bahasa fiktif seperti High Valyrian dan Klingon. Konten-konten di Duolingo disajikan mirip dengan game dan metode penyampaian yang interaktif, pastinya anda tidak akan merasa sedang belajar.
  11. Masterclass
    Walaupun tidak semua kursus online menyediakan sertifikat, tetapi ilmu yang anda dapat tidak akan dapat diukur oleh selembar sertifikat. Tetapi bagaimana jika anda diajar oleh ahli-ahli ternama di dunia tentang bidang yang anda ingin tekuni?
    Masterclass meningkatkan konsep kursus online dengan menyediakan materi dari berbagai ahli ternama di dunia, seperti kelas kuliner oleh Gordon Ramsay, filosofi ilmiah oleh Neil Degrasse Tyson, komposisi musik dan Film-scoring oleh Hans Zimmer, dan masih banyak lagi. Jika anda ingin belajar dari seorang ahli sejati, Masterclass adalah tempat di mana anda bisa dapatkan tanpa menguras puluhan juta untuk bertemu orang-orang tersebut.
  12. TED-ed
    Baik murid atau guru bisa memanfaatkan satu situs ini, yaitu TED-ed. Jika anda merasa bosan belajar sebagai murid, atau anda ingin menciptakan metode belajar yang aktif dan interaktif, TED-ed adalah penyedia terbaik di kelasnya.
    TED-ed adalah platform pembelajaran oleh TED yang ditujukan untuk sharing oleh berbagai kalangan pelajar maupun guru. Konten yang disediakan TED-ed disajikan dengan tampilan video animasi yang mudah menarik perhatian. Dan bagi pengajar yang ingin membuat video animasi tanpa harus menguras waktu, TED-ed sudah menyediakan animasi-animasi yang siap digunakan untuk membuat video materi anda lebih seru.
  13. Memrise
    Selain Duolingo, Memrise merupakan situs bahasa yang cukup terkenal. Seperti kata orang-orang pada umumnya, banyak orang yang bilang bahwa mereka mendapatkan ilmu bahasa yang lebih mendalam secara online dibanding di masa-masa sekolahnya. Jika anda berpikir pernyataan tersebut berlebihan, kenyataannya sepenuhnya realistis.
    Memrise mengklaim bahwa program yang diberikan sangat interaktif dan menyenangkan dan menjamin penggunanya tidak akan bosan belajar sehingga dapat mencapai hasil yang paling efektif. Bagi anda yang ingin belajar bahasa secara online, cukup dengan di depan layar laptop atau smartphone anda, anda sudah bisa mendapatkan ilmu bahasa dengan cara yang paling seru.
  14. Udacity
    Teknologi sudah tidak bisa lepas dari kehidupan kita, dan sayangnya masih banyak orang yang tidak mendapat pendidikan teknologi yang memadai selama masa pendidikannya. Tetapi hal tersebut tidak lagi sejak ada Udacity.
    Udacity menyediakan berbagai program pembelajaran seperti programming, AI, Cloud, dan lain-lain. Bahkan, Udacity mampu memberikan anda skill setara dengan tenaga professional yang mampu memberikan anda tempat kerja di perusahaan sekalipun. Sangat menjanjikan bukan. Bagi anda yang ingin mendalami skill IT anda atau mempelajari skill IT baru, tidak ada tempat yang lebih lengkap dari Udacity.
  15. Mentormob
    Mentormob adalah aplikasi kursus online untuk iOS seperti iPhone dan iPad, dan dapat menemani anda dalam waktu-waktu luang anda dengan belajar. Jadi bagi anda yang memiliki gadget Apple, waktunya membuka Appstore dan men-download aplikasi satu ini.
    Mentormob mengembangkan konsep social skill seperti fotografi, wedding planning, entrepreneurship, parenting, dan bahkan skill lainnya seperti skateboard, dan masih banyak lagi. Tidak seperti kursus online biasanya yang mengajarkan hard skill, Mentormob dapat meningkatkan soft skill anda dan mengembangkan diri anda sebagai pribadi yang lebih baik, tentunya dengan penggunaan yang benar.
0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like