Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia
Cara Membuat Mockup Website

9 Software Desain Gratis untuk Membuat Mockup Website

Sobat Jagoan seorang web designer? Tapi belum tahu software untuk membuat desain mockup website secara gratis?. Tentunya seorang web designer akan membuat sebuah sketsa atau paper prototype rancangan dari desain website atau bisa dikenal dengan istilah Wireframing.

Dalam melakukan wireframing atau membuat mockup website, Web designer harus memperhatikan dari sisi tampilan dan sesuai dengan kebutuhan customer. Sebagian web desain melewati fase proses Wireframing atau membuat sketsa atau prototype melainkan langsung menerapkan arsitektur informasi dan mendesain brief secara langsung ke dalam desain.

Proses wireframing atau membuat mockup website bisa langsung didesain pada selembar kertas atau menggunakan software desain mockup website. Untuk saat ini kebanyakan para web desain menggunakan software online untuk membuat mockup website. Lantas apa saja software dan bagaimana  cara membuat mockup website?

1. Figma

Figma adalah salahsatu software mockup website gratis yang bisa sobat gunakan untuk melakukan wireframing. Figma memberikan kemudahan bagi para web designer yang ingin membuat mockup website secara online.

Dengan figma sobat bisa melakukan design website, dan melalukan styling layout dengan mudah. Karena figma memiliki menu yang sederhana, jadi web desiger awam pun bisa menggunakan figma dengan mudah tanpa adanya kesulitan.

2. Balsamiq

Balsamiq Mockups merupakan salahsatu software mockup website paling populer, Alasan utamanya balsamiq Mockups adalah softwate yang berbasis cloud, disertai dengan aplikasi desktop yang memungkinkan Anda dengan cepat dan mudah membuat rancangan website.

Software ini sering digunakan untuk fokus pada pengembangan dan pemecahan masalah UI yang lebih besar. Jadi kamu bisa lebih mudah dalam pengembangan user interface karena konten yang dibuat di balsamiq mockups seperti dari gambaran tangan. Software ini lebih berfokus pada pengembangan dan pemecahan masalah UI yang lebih besar, daripada pada perincian website.

3. Canva

Canva adalah salahsatu software desain yang cukup populer, canva menyediakan berbagai macam desain yang bisa kamu gunakan salahsatunya membuat desain protype web. Bahkan canva juga menyediakan template desain sesuai kebutuhan yang bisa kamu edit dan gunakan.

Canva memiliki asset gratis namun juga asset yang premium dan berbayar, Namun tak perlu khawatir sob, Asset gratis yang disediakan oleh canva sangat banyak. Didukung adanya template yang disediakan canva kamu bisa melakukan mockup website dengan mencari inspirasi dari template yang sudah ada.

4. Mockflow

Mockflow adalah sebuah layanan  yang memungkinkan sobat jagoan untuk membuat dan melakukankolaborasi pada wireframes interaktif dan prototipe UI untuk situs website dan aplikasi lainnya.

Sama halnya dengan Balsamiq, Mockflow adalah software desktop lintas platform yang didukung oleh Adobe Air, sehingga sobat bisa membangun konsep User Interface dengan efisien. MockFlow juga disediadakan fitur dalam 2 pilihan, yaitu free dan berbayar.

5. Mockplus

Mockplus adalah tools untuk wireframing yang menyediakan fasilitas bagi para desainer membuat mockup (maket) situs web, aplikasi seluler, dll. Software ini hadir dengan 3.000 lebih ikon dan 200 komponen yang bisa kamu gunakan untuk membuat mockup.

Dengan menggunakan Mockplus sobat jagoan bisa melakukan sharing project atau bisa dikatakan mendukung banyak pengguna yang bekerja pada proyek yang sama. Cukup dengan satu klik untuk melakukan sinkron proyek ke cloud dan hasil karya desainer yang berbeda akan dapat digabungkan.

6. Framebox

Framebox adalah software mockup gratis yang menyediakan fasilitas desain secara onile. Framebox menamilkan tampilan dan menu yang cukup sederhana, Jadi kamu bisa lebih mudah mengerti mengenai tata letak saat menggunakan Framebox.

Bahkan di laman framebox tertulis jelas mengenai kemudahan menggunakan framebox. Berikut Cara membuat mockup website menggunakan Framebox :

  1. Buat sketsa mockup dengan menggunakan unit UI yang tersedia
  2. Simpan dan dapatkan tautan ke bingkai yang dibuat
  3. Kemdian kirim tautan hasil desain sobat

7. Cacoo

Cacoo adalah software yang bisa membantu sobat untuk membuat mockup website, Para desainer bisa membuat gambar rangka situs web yang penerapannya pada desktop mereka, atau bahkan pada smartphone. 

Cacoo terbagi menjadi 2 versi, Versi berbayar dan versi gratis. Versi gratis memungkinkan sobat membuat mockup website dan untuk eksor hasil pembuatan mockup website hanya dalam format PNG saja.

8. Wirefy

Wirefy adalah software wireframing online yang dirancang dengan ide khusus untuk merancang web dan pengembangan alat. Dengan menggunakan wirefy sobat bisa mempercepat proses desain karena software ini menciptakan transisi yang lebih halus antara sketsa awal dan hasil kerja.

Alur kerja dari platform yang sederhana inilah, Sehingga terdefinisi dengan baik untuk memastikan bahwa UI baru dapat disatukan secara cepat. Platform ini  memiliki versi premium dan gratis, Versi gratis juga juga memiliki semua alat yang diperlukan untuk membuat mockup website.

9. Proto.io

Proto.io adalah sebuah platform prototyping yang memang dirancang khusus untuk mockup aplikasi mobile. Dengan platform ini kamu lebih mudah dalam membuat maket melalui media mobile. platform ini juga akan memberikan kebebasan kepada sobat jagoan untuk mengatur warna, font, dan tata letak.

Proto.io sendiri sudah bisa digunakan pada banyak perangkat, Sperti iPhone, iPad, Android dan sejumlah perangkat lainnya. Sobat juga bisa melakukan Project Sharing atau istilahnya berkolaborasi dengan desainer lain.

 

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!

+ +