Mungkin dari kalian banyak yang bertanya apa itu Web API, Terutama buat kamu yang sedang belajar coding. Pasti kamu bingung apa saja kegunaannya, bagaimana cara kerjanya, fiturnya apa saja, dan mengapa API sangat banyak digunakan oleh para developer.

Nah Artikel ini akan menjawab keingintahuan kamu terhadap API, Yuk simak penjelasannya.

Apa itu Web API?

Apa itu Web API
Web API

API adalah singkatan dari Application Programming Interface yaitu sebuah software yang memungkinkan para developer untuk mengintegrasikan dan mengizinkan dua aplikasi yang berbeda secara bersamaan untuk saling terhubung satu sama lain..

Tujuan penggunaan dari API adalah untuk saling berbagi data antar aplikasi yang berbeda tersebut, Tujuan penggunaan API lainnya yaitu untuk mempercepat proses pengembangan aplikasi dengan cara menyediakan sebuah function yang terpisah sehingga para developer tidak perlu lagi membuat fitur yang serupa.

Istilah “API” sebetulnya tidak ada hubungannya dengan hal-hal yang berkaitan dengan web, karena istilah tersebut sudah ada sebelum web. Hal Ini semacam dikooptasi yang berarti “pemanggilan web service”.

Tapi secara tradisional, Pengertian API bukan seperti itu. Tapi lebih berkaitan dengan fungsi-fungsi yang disediakan oleh Sistem Operasi.

Perbedaan antara API, REST API, dan RESTful API

Jika kalian sebelumnya sudah tahu tentang API, Mungkin dari kalian masih belum paham tentang perbedaan antara API, REST API, dan RESTful API. Berikut perbedaannya :

Sesuai penjelasan diatas jika API adalah sebuah software yang mengintegrasikan antara aplikasi yang kita buat dengan aplikasi yang lain. Tujuan pembuatannya yaitu untuk saling berbagi data antar aplikasi yang sudah diintegrasikan tersebut.

Sedangkan REST API merupakan salah satu dari desain arsitektur yang terdapat di dalam API itu sendiri. Dan cara kerja dari RESTful API yaitu REST client akan Melakukan akses pada data/resource pada REST server dimana masing-masing resource. Atau data/resource tersebut akan dibedakan oleh sebuah global ID atau URIs (Universal Resource Identifiers).

Jadi, Nantinya data yang diberikan oleh REST server itu bisa berupa format text, JSON atau XML. Dan saat ini format yang paling populer dan paling banyak digunakan adalah format JSON.

Adapun metode HTTP yang secara umum dipakai dalam REST api adalah:

  • GET, berfungsi untuk membaca data/resource dari REST server
  • POST, berfungsi untuk membuat sebuah data/resource baru di REST server
  • PUT, berfungsi untuk memperbaharui data/resource di REST server
  • DELETE, berfungsi untuk menghapus data/resource dari REST serve
  • OPTIONS, berfungsi untuk mendapatkan operasi yang disupport pada resource dari REST server.

Fitur pada Web API

Banyak sekali Fitur yang bisa kamu gunakan saat memanfaatkan Web API dalam mengembangkan aplikasi kamu, Software ini akan membantupara web developer dalam mempercepat development aplikasi. Apa saja fitur yang tersedia pada web API :

  1. Mendukung fungsi CRUD yang bekerja melalui HTTP protocol dengan melalui method GET, POST, PUT dan DELETE
  2. Memiliki response Accept Header dan HTTP status code
  3. Mendukung banyak format teks, Seperti JSON, XML atau format apapun yang kamu inginkan, Akan tetapi kebanyakan digunakan ke dalam format JSON. Kamu juga bisa menggunakan MediaTypeFormatter untuk melakukan kustom.
  4. Mendukung fitur MVC seperti routing, controllers, action results, filter, model, IOC container, dll.
  5. Dapat berjalan di Apache atau web server lainnya yang didukung sesuai bahasa pemrograman yang digunakan.
  6. Dukungan otomatis untuk OData. Oleh karena itu dengan menempatkan atribut [Queryable] baru pada metode pengontrol yang mengembalikan IQueryable, klien dapat menggunakan metode untuk komposisi query OData.

Kenapa Kamu Harus Menggunakan Web API

Jika dilihat dari penjelasan diatas pasti kamu sudah paham tentang apa saja kelebihan dan manfaat yang bisa kamu dapatkan saat menggunakannya dalam pengembangan aplikasi.

Berikut alasan mengapa memilih Web API :

  1. bersifat Open Source
  2. Saat kamu membutuhkan Web Service dan tidak perlu SOAP, maka ASP.NET Web API adalah solusi dan pilihan terbaik.
  3. Dapat digunakan untuk membangun Layanan HTTP sederhana, non-SOAP di atas WCF message pipeline.
  4. Konfigurasi yang mudah dan tidak seperti pada layanan WCF REST.
  5. Pembuatan Service dengan API Web cukup sederhana, Berbeda dengan Layanan WCF REST, pembuatan service menjadi cukup sulit.
  6. Berdasarkan HTTP sehingga mudah untuk didefinisikan, mengekspos dan mengkonsumsi dengan cara RESTful.
  7. Berdasarkan arsitektur RESTful yang ringan dan bagus untuk perangkat yang memiliki bandwidth terbatas seperti ponsel pintar.

WCF vs Web Service

Web API vs WCF
Web API vs WCF

Mungkin kalian timbul pertanyaan tentang apa sih perbedaan antara web API dan web service? Berikut adalah perbedaan diantara keduanya:

  • Web service adalah fasilitas yang berfungsi untuk melakukan interaksi antara dua perangkat atau aplikasi melalui jaringan. sedangkan API adalah penghubung antara dua aplikasi yang berbeda untuk saling berkomunikasi.
  • Ketahui jika tidak semua API digunakan sebagai WCF, Namun Semua WCF menggunakan API
  • Pada Web service style yang digunakan hanya tiga yaitu SOAP, REST, atau XML-RPC untuk berkomunikasi sedangkan untu API dapat menggunakan style apapun.

Kamu bisa melihat tabel perbandingnya Di bawah ini :

Web APIWCF
Hanya mendukung protokol HTTP Mendukung HTTP, TCP, UDP dan protokol transport khusus.
Peta kata kerja http ke metode Menggunakan model pemrograman berbasis atribut.
Menggunakan konsep routing dan pengontrol yang mirip dengan ASP.NET MVC. Menggunakan kontrak Layanan, Operasi dan Data.
Tidak mendukung messaging dan transaksi yang andal Mendukung messaging dan Transaksi yang Andal.
Web API dapat dikonfigurasi menggunakan kelas HttpConfiguration tetapi tidak di web.config. Menggunakan web.config dan atribut untuk mengkonfigurasi layanan.
Ideal untuk membangun RESTful services Mendukung RESTful services tetapi dengan keterbatasan.

Itulah informasi mengenai Web API, Kamu bisa mulai belajar menerapkannya pada saat melakukan development agar fitur pada apps kamu bisa lebih kompleks dengan memanfaatkan api.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like