Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia
Penyebab Website Server Down

Penyebab Website Server Down dan Cara Mengatasinya

Website kamu tiba-tiba tidak bisa diakses? Akhirnya bingung harus ngapain karena tidak tahu penyebabnya. Tapi tenang, Jika sebelumnya website kamu baik-baik saja namun tiba-tiba website kamu tidak bisa diakses kemungkinan besar web server down.

Banyak sekali alasan penyebab terjadi server mengalami gagal akses, Namun artikel ini akan membahas tentang alasan penyebab terjadinya down paling besar dan umum terjadi pada website. Berikut penyebab website server down :

Trafik Membludak

Kebanjiran Trafik Server Down
Trafik bisa menyebabkan Server Down

Website mengalami down bisa saja karena trafik yang membludak dan resource server tidak mencukupi untuk melayani service client, Sehingga hosting lambat dan akhirnya down. Jika website kamu tiba-tiba down, Cek terlebih dahulu apakah penyebabnya trafik atau alasan lainnya. 

Jika benar karena kebanjiran trafik, Untuk cara mengatasinya yaitu dengan mengupgrade server hosting yang kamu pakai. Saat upgrade hosting, Perhatikan terlebih dahulu spesifikasinya untuk menentukan performan dari hosting yang kamu pakai nantinya.

Kamu bisa menggunakan Corporate Hosting for B2C dari Jagoan Hosting, Hosting ini memiliki banyak sekali keunggulan. Diantaranya yaitu memiliki resource yang besar yang berarti memiliki performa yang tinggi.

Hosting yang memang dirancang untuk berfokus performa server untuk optimasi kecepatan website berapapun pengunjung website tersebut. Paket terkecil dari hosting ini bisa menampung 1 juta pengunjung setiap bulannya.

Dilengkapi dengan fitur turbo power yang berfungsi untuk mengupgrade resource 2x lipat hanya dengan sekali klik secara gratis, Sehingga dalam kondisi apapun website tetap stabil dan cepat 

Mau tahu informasi selengkapnya tentang Corporate Hosting for B2C? Klik Banner di bawah ini

Corporate Hosting

Serangan Hacker

Serangan Hacker Server Down
Salahsatu penyebab website server down adalah serangan hacker

Salahsatu penyebab terjadinya website down yaitu karena serangan hacker, Yang paling sering menyebabkan server down adalah serangan DDOS. DDOS adalah serangan yang dilakukan hacker untuk membanjiri trafik lalu lintas jaringan dengan tujuan menghabiskan resource server. 

Bukan hanya DDOS saja yang bisa menyebabkan down, Melainkan banyak sekali teknik yang digunakan para hacker untuk membuat data center mengalami masalah sehingga tidak berfungsi dengan semestinya.

Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan Cloudflare untuk menangkal serangan DDOS para hacker dan menggunakan web hosting yang memiliki keamanan tingggi.

Corporate hosting sendiri memiliki keamanan yang tinggi, Dengan menggunakan multiple security dan server dikelola oleh expert yang bersertifikat. Sehingga ketika ada issue akan segera dipecahkan masalahnya.

Downnya Data Center

Data Center Server Down
Data Center

Data center akan terus bekerja dan berjalan, Di dalam data center juga ada berbagai proses seperti backup data, sinkronisasi, hingga proses olah data yang lain. Terkadang hal tersebut menyebabkan data center mengalami sedikit masalah yang mengakibatkan server down.

Kebanyakan penyedia layanan hosting akan segera menanggulangi masalah tersebut dengan cepat, Mereka akan menyiapkan pencegahan jika hal tersebut terjadi. Jagoan Hosting akan menjaga uptime data center sebaik mungkin dan mempersiapkan banyak langkah pencegahan kalau-kalau data center tiba-tiba down.

Maka dari itu gunakan provider hosting terpercaya, Agar ketika ada masalah serupa bisa teratasi dengan baik tanpa harus menunggu waktu yang lama.

Masalah pada DNS

Jika website kamu tidak bisa diakses sedangkan web server dalam keadan normal, Bisa saja terdapat masalah pada DNS. Jika kamu tahu DNS yang bermasalah akan menyebabkan antara server dan website tidak dapat terintegrasi sehingga tidak bisa diakses.

Maka dari itu cek terlebih dahulu DNS website apakah sudah benar dan sesuai, Jika terdapat masalah segera perbaiki. Kamu bisa menghubungi custome service untuk menanyakan dan meminta bantuan mengatasi masalah agar website tidak mengalami server down.

Jika kamu menggunakan hosting dari jagoan hosting customer service akan siap membantu kamu mengatasi masalah pada DNS agar antara sistem dan website dapat terintegrasi dengan baik, dan website tidak mengalami down.

Single Point of Failure

Single point of failure atau SPOF adalah sebuah itik kelemahan yang ada di sebuah sistem yang digunakan.  Jika terdapat titik kelemahan ini, maka akan mengalami failed, gagal, atau error dan akan menyebabkan seluruh sistem yang berada di websitemu berhenti berfungsi.

Untuk mengatasi masalah server down karena SPOF bisa dengan merancang desain perencanaan yang baik, Baik dari segi pemilihan hardware, software, dll. 

Pemadaman listrik mendadak

Pemadaman listrik merupakan hal yang tak terkontrol, Jika pemadaman listrik pastinya server tidak hidup. Walaupun kebanyakan data center selalu memiliki cadangan energi untuk data center, jika terdapat pemadaman listrik mendadak maka tidak bisa mempersiapkan energi cadangan tersebut.

Sama sepeti kasus yang membuat situs ecommerce besar seperti tokopedia, bukalapak, dll mengalami down. Situs sebesar tokopedia tidak bisa diakses karena website server down karena pemadaman listrik.

Add comment

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!

+ +