10 DNS Tercepat yang Aman & Stabil Anti Lemot

DNS tercepat

Ingin tahu cara mencari DNS tercepat? Tak usah bingung, Jagoan Hosting punya daftar rekomendasinya.

Meskipun umumnya Internet Service Provider (ISP) yang kamu gunakan sudah mengelola DNS-nya sendiri, namun kamu tetap bisa menggantinya, lho.

Pasalnya, aktivitas DNS ini dapat mempengaruhi kecepatan akses internet.

Sehingga, dibutuhkan layanan DNS terbaik untuk memperlancar performa browsing.

Jadi, apa saja layanan DNS tercepat nan terbaik tersebut? Berikut rekomendasinya.

Apa itu DNS?

dns tercepat

Sebelum membahas topik utama, mari kita mengulas balik secara singkat mengenai DNS dan DNS server. Jadi, apa itu DNS dan DNS server?

DNS adalah singkatan dari Domain Name System yang tugas utamanya mengubah Uniform Resource Locator (URL) website menjadi Internet Protocol Address (IP Address)

Jika tidak ada DNS, maka kamu harus mengetikkan IP Address secara lengkap ketika ingin membuka atau mengunjungi sebuah website.

Singkatnya, DNS adalah sistem yang mampu meringkas pekerjaanmu. Sedangkan DNS server adalah server yang menjalankan sistem DNS. 

Fungsi DNS dan Kelebihannya

Setelah mengetahui pengertian DNS, pada artikel ini juga akan di bahas lebih lanjut mengenai fungsi DNS dan kelebihannya.

Berikut adalah fungsi DNS: 

  1. Meminta informasi IP Address website berdasarkan nama domain. 
  2. Meminta informasi URL sebuah website berdasarkan IP Address yang sudah dimasukkan.
  3. Mengirimkan email dengan cara mencari server yang tepat.

Selain mengetahui fungsi DNS, selanjutnya adalah kita perlu mengenal kelebihan serta alasan kenapa harus menggunakan DNS. 

  1. DNS memudahkan kita untuk berinternet. Alasannya, tanpa adanya DNS kita perlu mengingat deretan angka IP Address, tentunya hal ini akan lebih menyulitkan kita jika ingin mengakses internet maupun website. Sehingga, kini hadir DNS yang berhasil mengubah itu semua dengan menjadi penghubung komunikasi antara pengguna internet dengan komputer. 
  2. Lebih konsisten dalam aksesnya. Kamu tetap bisa menggunakan nama DNS yang sama meskipun ada perubahan pada IP address. Sehingga, akses pengunjung ke salah satu website tetap dapat dilakukan walaupun pemilik website mengganti IP address-nya.
  3. Mudah untuk di konfigurasikan. Jika nanti terjadi kendala pada IP address, kamu cukup mengkonfigurasikannya dengan mencocokkan DNS dan IP Address.
  4. Keamanan terjamin. Risiko kebocoran atau peretasan data tentunya selalu ada di setiap aktivitas yang dilakukan secara online, tak terkecuali pengiriman data. Namun, tenang saja, karena DNS dapat mencegah hal ini terjadi.
Cek Konten Lainnya:
5 Gamers Cewes Sukses Yang Buat Kamu Jatuh Hati

Baca juga: 8 Aplikasi Browser Terbaik dan Tercepat 2022, Wajib Coba!

Rekomendasi DNS Tercepat dan Terbaik

Nah, untuk memperoleh fungsi dan beberapa kelebihan DNS tadi, pastinya kamu juga harus menggunakan macam-macam DNS tercepat nan terbaik seperti pilihan dari Jagoan Hosting di bawah ini. 

Cloud VPS

1. Cloudflare

cloudflare

DNS tercepat pertama versi Jagoan Hosting adalah Cloudflare. Alamat server primer DNS Cloudflare adalah 1.1.1.1 dan server sekundernya adalah 1.0.0.1.

Sampai sekarang, Cloudflare masih menduduki peringkat pertama sebagai server DNS tercepat di dunia dengan waktu respons hanya 13 millisecond. 

Selain menjadi DNS tercepat, Cloudflare juga sangat mengedepankan keamanan dan privasi penggunanya.

Cloudflare bahkan menjamin bahwa data pengguna tidak di simpan maupun di pelajari, apalagi di perjualbelikan kepada pengiklan.

Saat menggunakan Cloudflare data hanya tercatat selama 24 jam, dan setelah itu data akan hilang dan tidak tersimpan. 

Tenang saja, klaim ini cukup meyakinkan kok! Cloudflare meminta pihak KPMG (jaringan jasa profesional multinasional) untuk melakukan audit servisnya setiap tahun.

Laporan audit tersebut pun di informasikan secara publik, yang mana membuktikan bahwa Cloudflare menghargai keamanan data dan privasi penggunanya.

2. DNSimple

dnsimple

Salah satu DNS tercepat dan terbaik lainnya adalah DNSimple yang di kelola oleh Aetrion LLC dengan primary DNS 8.8.8.8 dan secondary DNS 8.8.4.4.

DNS server ini di anggap tercepat karena memiliki waktu respon hanya 18.71 millisecond. Selain cepat,

DNSimple juga menawarkan berbagai macam layanan di antaranya, hosting DNS, registrasi domain, dan sertifikat SSL.

Pada bulan September tahun 2010 lalu, DNSimple melakukan registrasi domain pertama, ALIAS, yang menyediakan CNAME, seperti DNS untuk apex domain.

Berikutnya pada tahun 2012, DNSimple mengambil kendali RoboDomain, Inc. yang merupakan manajemen domain dan juga memiliki software bernama WHOIS. 

3. NS1

NS1

Pengertian NS1 adalah DNS server yang terbentuk di tahun 2013 oleh Kris Beevers, Jonathan Sullivan, dan Alex Vayl.

NS1 ini memiliki kecepatan respons 25.05 millisecond. Produk-produk yang di tawarkan oleh NS1 adalah Managed DNS, Dedicated DNS, Private DNS, Pulsa-RUM Steering dan juga Managed DNS for China

Cek Konten Lainnya:
Apa Itu Bug? Penyebab, Jenis & Cara Mengatasinya

4. AnycastDNS

Anycast adalah salah satu DNS tercepat namun memiliki struktur yang kompleks, di mana beberapa servernya mempunyai alamat IP yang sama.

Rupanya, hal tersebut dikarenakan alasan tertentu, yakni jika terjadi kegagalan dalam DNS, maka permintaan masih bisa dilakukan ke server lainnya.

Anycast memiliki waktu respon yang juga tidak kalah cepat yaitu, 17.11 millisecond. Server ini pun telah tersebar di 27 lokasi di seluruh dunia dengan berbagai jenis ISP. 

Baca juga: Cek Cara Mempercepat Koneksi WiFi di Laptop dan HP, Anti Lemot!

5. Amazon Route 53

DNS tercepat berikutnya adalah Amazon Route 53 (kecepatan waktu respons 31.3 millisecond) yang di rilis pada tahun 2010.

Kata Route 53 sendiri merupakan referensi untuk UDP atau TCP port 53.

Route 53 ini pun telah terdistribusi ke seluruh penjuru dunia, sehingga sangat mudah diakses oleh siapa dan di mana saja. 

Tidak sampai di situ, Route 53 juga mendukung end-to-end bagi resolusi DNS di atas IPv6.

Terakhir, Route 53 memiliki akses programatik ke sebuah layanan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan modifikasi DNS via telepon web. 

6. OpenDNS

Layanan OpenDNS memiliki alamat server 208.67.222.222 dan 208.67.220.220 untuk server sekundernya.

OpenDNS adalah salah satu DNS tercepat yang didirikan pada tahun 2005 oleh Cisco.

Selain menjadi DNS tercepat, DNS ini juga menawarkan beberapa layanan gratis maupun berbayar. 

Untuk layanan gratis, kamu bisa menikmati fasilitas seperti memblokir web phising, meningkatkan kecepatan web, melakukan filter pemblokiran akses web berdasarkan kontennya, dan juga email support. 

Sedangkan untuk layanan premium atau berbayar, kamu diharuskan membayar biaya berlangganan sebesar $20 per tahunnya dengan fasilitas mencakup lockdown pada sistem dan membatasi akses hanya pada website tertentu. 

7. Neustar

Neustar adalah salah satu DNS server yang memberikan layanan managed DNS tercepat dan juga eksternal untuk mengatur traffic internet serta melindungi cloud-based DDoS dari berbagai ancaman. 

Selain itu, DNS server ini juga merupakan tools pengelola performa website.

Di mana Neustar bertindak sebagai registry gateway untuk domain Cina (.cn) dan Taiwan (.tw) bagi seluruh dunia. 

Cek Konten Lainnya:
Forum Jagoan Hosting : Tanya apapun Tentang Masalah Teknis

Neustar juga menyediakan layanan registrasi back-end untuk .tel dan .travel dan juga memberikan layanan registrasi lengkap untuk Top Level Domain (TLD).

Fasilitas-fasilitas yang di tawarkan tersebut juga di lengkapi dengan waktu respon Neustar yang cukup cepat yaitu, 28.87 millisecond. 

8. G-Core

Google Public DNS atau G-Core adalah layanan yang diberikan oleh Google untuk semua pengguna internet di seluruh dunia. G-Core diluncurkan pertama kali pada bulan Desember 2009. 

Waktu respond G-Core tergolong lebih cepat jika di bandingkan dengan Neustar yaitu, 21 millisecond.

Lalu, pada tahun 2018, G-Core berhasil menjadi layanan DNS public terbesar karena bisa mengelola triliunan query setiap harinya. 

9. ClouDNS

CloudDNS menawarkan DNS tercepat dan terbaik dalam dua pilihan, yaitu versi berbayar dan versi gratis.

Untuk fasilitas berbayar atau paket premium di hargai sebesar $2.95 hingga $9.95 per bulan khusus paket Geo DNS.

CloudDNS berkolaborasi dengan Global Anycast DNS dan memiliki waktu respons 46.19 millisecond.

10. Microsoft Azure 

Menjadi salah satu DNS tercepat dan terbaik, Azure memiliki layanan cloud komputer yang di buat oleh Microsoft untuk memindahkan, membangun, mengecek dan mengatur aplikasi-aplikasi dan layanan melalui pusat data yang di kelola oleh Microsoft.

Waktu respon DNS berikut mencapai 35.94 millisecond.

DNS Terbaik untuk Games

Dari macam-macam DNS tercepat di atas, salah satunya merupakan DNS terbaik untuk game.

Jagoan Hosting merekomendasikan kamu, para gamers, untuk menggunakan DNS Cloudflare agar aktivitas bermain onlinemu menjadi lebih lancar. 

DNS tersebut cocok sekali di gunakan ketika bermain game online karena servernya yang stabil berkat fitur pelengkap berupa DNSofferHTTPS dan juga DNSoverTLS.

Hasilnya, kamu akan merasakan beberapa keunggulan seperti kecepatan tinggi, jaminan keamanan data, dan internet tanpa filter. 

Menggunakan layanan DNS tercepat dan terbaik adalah salah satu cara untuk menjadikan internet-mu lebih lancar tanpa loading.

Siapa yang tak mau jika aktivitas browsingnya bisa secepat kilat?

Oleh karenanya, ganti DNS server kamu sekarang juga menggunakan rekomendasi-rekomendasi di atas, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
faq (Frequently Asked Questions)
Read More
Mengenal Apa Itu FAQ, Tujuan, serta Cara Membuatnya
Dalam suatu website, FAQ adalah hal yang perlu disediakan untuk memudahkan pengunjung mendapatkan informasi secara mudah. Penempatannya pada…
cache adalah
Read More
Apa itu Cache? Cara Kerja, Fungsi & Jenis-Jenisnya
Cache adalah istilah yang cukup sering ditemui khususnya ketika kita hendak menghapus history browser atau pun membersihkan penyimpanan…