Pandemic Covid-19 menganjurkan seluruh masyarakat untuk stay di rumah, Hal tersebut membuat beberapa kegiatan harus dilaksanakan secara daring, Salah Satunya yaitu Webinar. Lantas,  Apa itu Webinar?

Artikel ini akan membahas lebih dalam tentang salah satu strategi marketing yang cukup populer saat ini yaitu webinar. Selain itu kamu akan belajar membuat webinar yang menarik untuk strategi marketing kamu.

Apa itu Webinar?

Apa itu Webinar

Webinar adalah pertemuan atau presentasi online yang diadakan melalui Internet secara real-time. Webinar bisa dikatakan sebagai seminar yang bersifat online atau website daring seminar.

Kegiatan ini, bersifat online yang nantinya menghubungkan individu dengan pemirsa di manapun. Nantinya pemateri atau pembicara akan membagikan materi yang dipresentasikan secara online melalui media elektronik maupun internet.

Seiring berjalannya waktu, Webinar menjadi salah satu strategi marketing bagi beberapa perusahaan. Webinar menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk memasarkan produk, Hal tersebut menjadi alasan mengapa webinar menjadi salah satu strategi marketing terbaik.

Bagaimana Webinar Dapat Digunakan?

Banyak yang bisa dilakukan dalam webinar, Webinar dapat digunakan untuk apapun di semua bidang mulai dari pendidikan hingga pelatihan bisnis dan perusahaan. Namun kebanyakan Webinar digunakan untuk :

1. Webinar untuk Edukasi Pendidikan

Sebelumnya sudah disebutkan jika webinar merupakan seminar yang bersifat online, Maka hal tersebut webinar untuk edukasi. Nah webinar jenis ini akan lebih fokus pada penyampaian materi oleh pembicara/pemateri.

Webinar ini memiliki banyak keunggulan, Dengan cara ini kamu dapat menjangkau khalayak yang lebih luas, Selain itu para peserta tidak perlu menghabiskan waktu dan uang untuk perjalanan. Peserta dapat mengikuti dan mendengarkan webinar kamu dari mana saja.

Bukan hanya itu, Mengadakan seminar secara online juga dapat mengurangi pengeluaran untuk penyewaan venue, makanan, dan biaya lainnya.

2. Webinar untuk Marketing

Berbeda dengan webinar edukasi, Webinar ini tidak berfokus pada penyampaian materi. Terkadang berfokus pada penyampaian dan penjelasan produk, Namun tidak sedikit yang menggabungkan antara webinar edukasi dan marketing.

Alih-alih membuat Webinar untuk Edukasi, Namun di dalamnya terdapat sesi promosi. Kebanyakan orang akan menggunakan strategi ini. Jika hanya fokus untuk marketing, Maka tingkat keikutsertaan lebih kecil dibanding menggunakan webinar untuk marketing dengan memfokuskan pada edukasi.

Manfaat Menjadikan Webinar Sebagai Strategi Marketing

Setelah mengenal apa itu webinar, Kamu bisa mengetahui tentang apa saja manfaat yang bisa didapatkan ketika menjadikan Webinar sebagai strategi marketing. Apa saja Manfaat Webinar Sebagai Strategi Marketing :

1. Meningkatkan Brand Awareness

Dengan membuat webinar, Kamu bisa meningkatkan brand awareness bisnis/perusahaan kamu. Webinar dapat dijadikan sebagai media untuk menceritakan keunggulan bisnis kamu. Ketika peserta mengenal semakin jauh produk kamu, Maka mereka semakin  engage dan merasa butuh produk kamu.

Selain itu webinar juga akan menunjukkan seberapa pengetahuan dan kapabilitas bisnis kamu. Hal tersebut menjadi sebuah strategi meningkatkan awareness kamu kepada audience atau peserta Webinar.

2. Mengumpulkan Leads

Webinar bisa dijadikan media untuk mengumpulkan leads, Banyak orang memanfaatkan webinar untuk mengumpulkan nama dan alamat email (calon) pelanggan potensial. Nah nantinya data tersebut digunakan sebagai alat untuk promosi ke mereka.

Hal tersebut sama halnya email marketing, Dimana kamu membuat campaign untuk mendapatkan email list calon pelanggan kamu.

3. Lebih Hemat Waktu dan Biaya

Webinar memungkinkan diadakannya konferensi dan rapat kapan saja dan di mana saja. Siapa pun dapat berpartisipasi dalam webinar tanpa meninggalkan pekerjaan atau hanya tinggal di rumah, dalam perjalanan bisnis atau liburan.

Hal tersebut berarti kamu tidak perlu lagi memikirkan untuk menyewa tempat, menyiapkan makanan, menentukan biaya perjalanan. Dengan webinar kamu bisa lebih hemat waktu dan biaya, Kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang, Cukup dengan beberapa klik maka kamu dapat membuat webinar.

Cara Membuat Webinar yang Maksimal dan Menarik

Apa itu Webinar
Membuat Webinar yang efektif, maksimal, dan menarik

Bagaimana membuat Webinar yang Maksimal dan Menarik? Banyak hal yang harus lakukan agar webinar yang kamu buat bisa menjaring banyak pelanggan potensial. Lantas apa saja yang dibutuhkan untuk membuat webinar yang menarik.

1. Tentukan Topik dan Tujuan Webinar

Pertama, yang harus kamu lakukan adalah menentukan tema atau materi yang akan disampaikan pada peserta yang mengikuti webinar. Hal ini sangat penting, Jangan sampai kamu membuat webinar yang asal-asalan bahkan tidak sesuai dengan produk kamu.

Kamu harus menentukan materi webinar yang sesuai dengan produk kamu dan pastikan jika materi yang kamu sampaikan merupakan solusi dari masalah para peserta webinar. Hal tersebut akan meningkatkan konversi penjualan kamu.

Contohnya, Perusahaan X ingin mengenalkan produk kecantikan melalui webinar, Maka perusahaan tersebut harus mencari materi tentang kecantikan.

Nah, Disini kamu harus bisa mencari materi bagaimana produk kecantikan merupakan solusi dari masalah peserta webinar, Misalnya untuk produk kecantikan kamu bisa membuat webinar mengenai perawatan kulit.

2. Pastikan Fasilitas dan Kebutuhan untuk Webinar Terpenuhi

Fasilitas disini dapat berupa internet, device yang digunakan untuk webinar, dll. Beberapa hal tersebut sangat krusial, Dimana kebutuhan tersebut merupakan hal yang sangat penting. Pasti kamu gak mau ditengah menjelaskan materi, Webinar terhenti karena masalah internet yang kurang mumpuni.

Kamu harus memastikan jika device yang kamu gunakan untuk melaksankan webinar tersebut mempuni dan tidak sering mengalami frame/lag yang menyebabkan sesi webinar terganggu. Masih banyak hal lain yang harus kamu persiapkan untuk membuat webinar yang maksimal dan menarik.

3.Tentukan Media untuk Webinar

Diatas tadi sudah dijelaskan jika webinar adalah web seminar yang diadakan melalui sambungan internet. Saat ini banyak sekali media yang bisa kamu gunakan untuk melaksanakan webinar. Apa saja platform yang bisa kamu gunakan untuk membuat webinar? Yuk ketahui

  • Youtube Live
  • Instagram dan Facebook Live
  • Zoom
  • Google Hangout
  • GoToWebinar
  • Dll

Itulah beberapa yang sudah disebutkan yang bisa kamu gunakan untuk membuat webinar, Kamu bisa memilih sebebas mungkin sesuai yang kamu inginkan.

4. Siapkan Strategi Marketing pada Webinar

Yang tak kalah penting yaitu kamu harus menyiapkan strategi yang maksimal untuk dapat menyaring pelanggan potensial untuk membeli produk kamu nantinya. Kamu harus menetapkan sebuah cara agar orang dapat tertarik pada produk kamu.

Ingat apa tujuan kamu mengadakan webinar, Meningkatkan awareness, penjualan atau hanya mengumpulkan leads saja? Di sinilah kamu harus pintar dalam menentukan strateginya.

5. Pastikan Webinar diadakan Tepat Waktu

Saat berencana melaksanakan webinar kamu pasti akan mulai menyebarkan informasi tentang webinar yang akan kamu buat. Disitu pasti kamu akan mencantumkan tentang waktu pelaksanaan webinar.

Jika kamu terlambat, maka bisa saja awareness para peserta atau calon pelanggan akan hilang, Hal tersebut dapat berdampak buruk. Jika terdapat teknikal issue yang menyebabkan tertundanya webinar maka kamu harus minta maaf dan menjelaskan apa yang terjadi yang mengakibatkan tertundanya webinar.

6. Pastikan Terdapat Sesi Tanya Jawab

Hal ini cukup penting, Dengan adanya sesi ini antara pemateri dan peserta webinar dapat saling bertanya dan berbagi informasi. Hal ini menjadi sangat baik ketika peserta mulai tertarik untuk membeli produk kamu.

Jangan lupa untuk menyiapkan pertanyaan untuk sesi tanya jawab, Terkadang para peserta webinar tidak terlalu aktif bertanya. Dengan membuat pertanyaan sendiri, kamu bisa berbagi informasi dan promosi tentang produk kamu.

Jagoan Hosting juga mempunyai webinar tersendiri dengan nama Wejangan atau Webinar Jagoan Hosting. Saat ini Wejangan sudah memasukan episode 5, Kamu bisa mengikuti webinar Jagoan Hosting untuk mendapatkan ilmu dan informasi baru, Cek di Youtube Jagoan Hosting.

Itulah beberapa informasi mengenai apa itu webinar, dan bagaimana cara membuat webinar yang efektif dan maksimal. Yuk mulai membuat webinar!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like