Mulai lah gunakan big data untuk kemajuan bisnismu

hosting indonesia

Apakah kamu sudah tau apa itu big data?

Menurut wikipedia, big data adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada studi dan kumpulan data yang dikumpulkan dan di proses hingga menjadi rekomendasi untuk strategi perusahaan demi perkembangan bisnis.

Era digital ini data yang kita hasilkan sudah sangat banyak sekali. Salah satu data yaitu yang berasal habit kita dalam penggunaan internet. Hal apa saja yang kita telusuri, yang sedang kita lihat, atau yang sedang kita baca di internet. Semua terekam dan menjadi data.

Sebagai pebisnis, baik kecil, menegah maupun besar, setiap yang kita lakukan terhadap bisnis kita juga menghasilkan data. Untuk perusahaan besar mungkin big data sudah manjadi hal lumrah. Bahkan ada divisininya sendiri. Berdasarkan laporan forbes juga, 53% telah mengadopsi big data dalam bisnisnya di tahun 2017.

Beda halnya dengan usaha kecil dan menengah, UMKM, sebagian besar belum sadar akan pentingnya data. Jarang ada divisi khusus yang mengurusi data di UMKM. Padahal data begitu pentingnya dan memiliki dampak besar dalam perkembangan.

Berikut ada lima alasan utama UMKM untuk segera sadar data secepat mungkin.

1. Memaksimalkan Profit Bisnis.

profit berkembang

Sebagian UMKM sudah mencapai profit maksimalnya. Sebagian lagi sedang berperoses mencapainya. Menurut salah satu professor dari Wharton University, Amerika, salah satu cara memaksimalkan profit adalah dengan mengumpulkan data.

Salah satunya UMKM dapat memanfatkan data penjualan untuk memaksimalkan profit. UMKM bisa melihat data, daftar produk atau jasa yang nilai penjualannya tinggi dan rendah. Dari big data UMKM dapat menjadikan produknya yang laris sebagai produk unggulan untuk meningkatkan profit

Cek Konten Lainnya:
130+ Nama Bisnis yang Bagus, Unik & Keren

Sedangkan untuk produk yang kurang populer, UMKM bisa memaksimalkan penjualannya, dengan cara memberinya diskon. Menjadikannya paket penjualan dengan produk yang laris.

 

2. Biaya semakin efisien

harga murah

 

UMKM terkadang tidak sadar bahwa dalam proses bisnisnya ada kegiatan yang tidak penting dan menghabiskan dana. Melalui data operasinal dalam bisnisnya. UMKM dapat meminimalisirnya untuk mencegah kebocoran dana operasional.

 

Semua aktivitas bisnis yang tidak memberikan dampak terhadap bisnis, UMKM dapat menghilangkan atau  menggantinya dengan yang lebih cocok. Berlaku untuk semua bagian dalam bisnis, mulai dari produksi sampai penjualan.

3. Kinerja menjadi lebih cepat.

website testing

Kinerja tim bisnis bisa semakin cepat dan tepat. Dengan big data yang dikumpulkan, UMKM bisa mengerti hal apa saja yang menjadi prioritas yang harus di lakukan oleh tim. Mengeleminasi hal apa saja yang membuat perusahaan berjalan lambat.

Tim menjadi lebih ramping. Sumber daya benar benar dapat termanfaatkan dengan baik. Team pun bisa merasa happy karna dapat melakukan pekerjaan dengan kemampuan terbaiknya. Waktu pun bisa dihemat, bisnis proses menjadi cepat.

 

4. Meningkatkan Loyalitas dengan data

Sukses Migrasi Hosting

Hanya dalam waktu singkat, dengan big data, umkm dapat memperoleh feedback mengenai produk atau jasanya. Kumpulan feedback dari konsumennya bisa dijadikan data bagi UMKM. Bisa digunakan untuk meningkatkan user experience.

UMKM akan dapat dengan mudah perilaku dari konsumennya. UMKM dapat menawarkan produk atau jasa yang lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen. Memberikan hadiah atau kupon kusus yang sesuai.

Data juga membantu UMKM menghilangkan hambatan-hambatan dari konsumen untuk menikamati atau memperoleh produk atau jasanya. Dapat sesegera mungkin menangai setiap kali ada konsumen yang komplain atau memberi penilaian buruk terhadap produk atau jasanya.

Cek Konten Lainnya:
4 Cara Promosi Jualan Online Untuk Pemula

 

5. Pertumbuhan 10X

kenaikan traffic setelah pindah hosting

Ada formula khusus untuk UMKM bisa mencapai pertumbuhan sepuluh kali lipat. Semua tipe bisnis memiliki formula yang berbeda untuk tumbuh 10x lipat. Namun banyak pelaku bisnis, berdasarkan pengalamannya, sepakat bahwa awal mula pertumbuhan 10x lipat berawal dari big data.

Melalui data penjualan, operasional, produksi, layanan, dan data apapun yang ada di bisnisnya. UMKM dapat mempelajarinya, menemukan pola terbak bisnisnya. Dimana pola tersebut mengahasilkan kinerja perusahaan terbaik dengan profit yang tinggi.  Pola ini juga berdampak pada business continuity para pelaku UMKM.

diskon migrasi hosting

Alasan utama diatas bisa menjadikan para pelaku bisnis UMKM untuk sadara sejak awal tentang pentingnya. Bagaimana data dapat memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap berkembangan bisnis.

Dengan data, UMKM akan melaju sangat cepat dengan tim yang ramping. Profit menjadi maksimal. Pemborosan akan hilang. Kinerja semakin efektif dan efisien. Perusahaan telah siap untuk bertumbuh 10x lipat.

Lalu masihkah anda menganggap mengumpulkan data itu sia-sia ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
tools digital marketing
Read More
11+ Tools Digital Marketing untuk Tingkatkan Bisnis Online
Saat dunia global memasuki masa digital, maka gaya hidup di semua lini pun ikut berubah, termasuk di dunia…
cara membuat website perusahaan
Read More
Cara Membuat Website Perusahaan untuk Company Profile
Bukan rahasia lagi kalau salah satu upaya meningkatkan brand bisnis adalah dengan cara membuat website perusahaan. Apalagi dengan…