Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia
cloud hosting singapura

Cloud Hosting Singapura, Jadi Primadona Bagi Banyak Negara

Sebagian dari sobat Jagoan yang menggunakan jasa hosting apakah itu dalam negeri maupun luar negeri pasti akan mendapatkan sejumlah perbedaan bagaimana performa dari server masing-masing server yang menyediakan jasa hosting dan penjualan domain. Termasuk dalam hal ini, cloud hosting Singapura yang naik pesat dalam 1 dekade terakhir.

Harus diakui bahwa memang Indonesia masih berada di urutan yang kurang memuaskan untuk urusan pelayanan hosting awan, alias cloudhosting. Setidaknya sejumlah riset menyatakan bahwa Indonesia malah masih berada di beberapa tingkat saja di atas negara dengan layanan cloud hosting dunia.

Ironinya adalah bahwa tiga negara dari 5 negara terburuk layanan cloud hostingnya adalah negara Asia Tenggara yakni Vietnam, Thailand, dan Indonesia. Bersanding bersama Brazil dan Republik Afrika Selatan saat dikutip dari Vault Networks.

cloud hosting singapura
Koneksi internet

Hal ini sangat ironis mengingat di sisi lain Singapura adalah salah satu penyedia layanan internet dan cloud hosting terbaik di dunia.Sehingga tak heran, tidak cuma negara Asia saja yang menggunakan cloud hosting Singapura tapi sejumlah negara dari benua lainnya termasuk Australia juga menggunakan cloud hosting Singapura karena beberapa faktor yang nampaknya juga sangat jelas.

Bukan lagi medioker tapi sudah jadi papan bawah, itulah yang terjadi di Indonesia saat jasa cloud hosting di Indonesia diperbandingkan dengan sejumlah negara lain termasuk cloud hosting Singapura.

Sekarang Sobat coba lihat deh, kalau misalkan kamu coba search di mesin pencarian google dan kemudian ketik ‘cloud hosting Singapura’ maka setidaknya hingga halaman ke-5 dari google kamu akan menemui kenyataan yang mengagetkan, bagaimana banyaknya perusahaan yang menggunakan cloud hosting Singapura sebagai produk utama mereka.

Dengan banyaknya kemunculan penyedia jasa cloud hosting yang berbasis di Singapura, menunjukkan indikasi kuat bahwa jumlah konsumen memang sangat tergantung dengan hal tersebut. Tak hanya itu, cukup banyak perusahaan di Indonesia yang juga ikut menggunakan cloud hosting berbasis di Singapura.

Become the ‘Bridge of The World’

Singapura sejatinya tidaklah ideal secara geografis sebagai negara. Terhimpit dan berada di ketiak negara terbesar di Asia Tenggara, yakni Indonesia dan masih harus menempuh ribuan kilometer sebelum keluar dari Asia Tenggara, Singapura malah menjelma jadi raksasa cloud hosting.

Negara yang ukurannya amat kecil ini tercatat memiliki koneksi internet tercepat di dunia nomor 7. Tentu saja sangat memanjakan para warganya yang secara populasi jauh sekali di bawah Indonesia yang internet saja baru digencarkan penggunaannya kurang dari 2 dekade terakhir.

Dikutip dari ChannelNewsAsia disebutkan bahwa koneksi internet di Singapura tercatat mencapai angka 180.61 Mbps untuk angka rataannya. Dimana di sisi lain Singapura memiliki kecepatan rataan hingga 44 Mbps untuk mobile. Hanya ada 6 negara saja yang bisa mengalahkan kecepatan koneksi ini.

Bahkan secara khusus, Channel News Asia menggambarkan koneksi internet di Singapura bisa dibilang sudah cukup sempurna buat para konsumennya baik untuk broadband maupun internet mobile. Secara gamblang harian tersebut mengutarakan bahwa koneksi internet di Singapura sama sekali tidak meninggalkan opsi buruk buat para konsumennya.

Setali tiga uang, tak hanya koneksi internet saja yang kencang tapi layanan cloud hosting Singapura juga sukses mempesona banyak negara untuk kemudian menggunakan server di negara ini untuk mengembangkan usaha mereka.

Dari Singapura-lah ternyata banyak negara yang lantas tertarik untuk menggunakan jasa server di negara ini. Setidaknya sudah ada 3 alasan utama mengapa cloud hosting Singapura dijadikan alasan mengapa banyak perusahaan dari sejumlah negara memilihnya. Yakni reliabilitas, keamanan dan stabilitas.

cloud hosting singapura
Koneksi Internet Singapura

Tak Seratus Persen Indah?

Kemarin kami sempat mencoba untuk membandingkan Sob, website yang menggunakan server Singapura dan server Indonesia dimana kami mendapatkan satu kesimpulan yang mungkin agak di luar ekspektasi dari sobat semua.

Ternyata kecepatan akses website yang ada di Singapura hanya lebih baik dengan selisih detik pada angka desimal saja. Padahal kami berharap saat pengujian tersebut, ada selisih besar dari cloud hosting Singapura dan yang masih lokalan.

Hal tersebut membuktikan bahwa ternyata sekalipun sudah menggunakan cloud hosting Singapura, tapi kecepatan aksesnya tidaklah memiliki disparitas yang sangat tinggi. Hal ini langsung menepis keraguan bahwa server Indonesia tidaklah bagus.

Hanya saja di tempat lain, kami menemukan fakta tak terbantahkan bagaimana cloud hosting Singapura benar-benar lebih bisa diandalkan. Bagaimana akses email yang dikirimkan menuju email berserver US seperti Gmail, Yahoo, dan sebagainya milik Singapura terbukti punya kecepatan lebih tinggi.

Secara teknis, keberadaan server yang ada di Singapura setidaknya hingga saat ini juga dihiasi dengan atribut anti DDOS. Apa itu DDOS? Secara singkatan DDOS berarti Distributed Denial of Service Attack.

DDOS secara singkat merupakan satu bentuk usaha supaya membuat sistem dan sumber daya komputer (atau dalam beberapa kasus, juga website) jadi immobile dan tak bisa dikendalikan lagi. Di tempat lain, bahkan DDOS juga bisa membuat komputer jadi rusak dan punya efek yang relatif saa dengan virus dan malware.

Dan di tahun ini, sudah semakin banyak jasa penyedia cloud hosting yang memberikan jasa berupa anti DDOS supaya koneksi, website dan komputer juga tetap aman dan stabil.

Opsi Cloud Hosting di Indonesia

cloud hosting singapura
Jagoanhosting

Dengan partitur koneksi yang relatif stabil dimiliki oleh banyak server yang ada di Singapura, maka bisa jadi hal tersebut merupakan alasan utama mengapa web developer di Indonesia akan lebih memilih jasa cloud hosting Singapura.

Tak hanya itu, Indonesia sendiri juga tidak mengalami latensi yang parah karena adanya direct peering menuju Singapura. Sehingga secara record, tak ada packet loss yang parah terjadi jika menggunakan cloud hosting Singapura.

Secara teknis, keberadaan sekuritas dari cloud hosting Negeri Singa juga terbukti handal untuk dipergunakan oleh para developer website. Tak hanya dari Indonesia, tapi juga dari seluruh dunia tergantung dengan pemakaian dan domisilinya.

Nah, Sobat Jagoan juga bisa nih menggunakan dan merasakan bagaimana handalnya cloud hosting Singapura lewat cloud hosting yang disediakan oleh Jagoan Hosting. Ataupun jika Sobat ingin menggunakan hosting yang lebih premium, bisa menggunakan opsi BEON.CO.ID sebagai penyedia layanan hosting website Kamu, Sob!

 

TERMURAH! Mulai 175 Ribuan saja! Dapet Hosting 1GB domain .COM 1 Tahun!!

Ambil Sekarang!

+ +