Kamu pernah membaca contoh creative writing? Salah satu tulisan yang pasti sangat menghibur untuk dibaca. Jenis tulisan yang bebas dari kekakuan karena panduan-panduan tertentu. Creative writing adalah teknik menulis kekinian yang lagi rame banget, Sob! Salah satu karya creative writing yang lagi menjamur adalah blog. Yup, tulisan-tulisan di blog atau artikel-artikel populer yang mungkin sudah cukup sering kamu temui. Salah satunya adalah artikel yang sedang kamu baca ini.

Apa itu menulis kreatif?

Contoh creative writing
gambar dari unsplash

Creative writing atau yang kerap diterjemahkan menjadi menulis kreatif adalah teknik menulis bebas yang dilakukan tanpa ada panduan tertentu. Tulisan ini berbeda dengan jenis-jenis tulisan lain yang biasanya dibuat untuk keperluan formal dan punya panduan serta ketentuan tertentu.

Creative writing merupakan teknik yang dilakukan secara bebas. Semua karyanya didasarkan pada imajinasi penulis. Nggak ada ketentuan apakah karya tersebut salah atau benar. Nggak ada ketentuan panjang atau isi dari tulisannya.

Jenis tulisan kreatif

Ada banyak banget contoh creative writing. Kamu pasti pernah membaca salah satunya. Mungkin kamu juga pernah membuat salah satu karya menulis kreatif. Nggak percaya? Coba deh kamu ingat-ingat, pas zaman SD sampai SMA pernah mengerjakan tugas cerpen atau puisi, nggak?

Puisi dan cerpen yang pernah kamu buat saat sekolah dulu adalah salah satu contoh creative writing. Selain puisi dan cerpen, contoh karya tulisan kreatif adalah novel, naskah film, naskah komik, opini, berita, bahkan artikel populer yang banyak kamu baca di blog-blog pribadi para blogger.

Ciri khas tulisan kreatif

Ciri khas dari jenis tulisan ini adalah keluwesan dalam tulisannya. Nggak ada panduan atau ketentuan tertentu. Penulis bebas mengembangkan tulisan lewat imajinasinya. Boleh berupa tulisan panjang atau pendek. Bisa pula berupa tulisan fiksi maupun non-fiksi. Semua tulisan yang dibuat secara bebas dan bukan untuk keperluan ilmiah disebut sebagai tulisan kreatif.

Creative writer

Nama keren orang di balik karya tulisan kreatif adalah creative writer. Semua orang bisa menyebut dirinya sebagai creative writer, tapi harus ada karyanya ya, Sob! Hehe…

Siapakah mereka

Para blogger yang mengisi blog-nya dengan tulisan-tulisan juga disebut sebagai creative writer. Mimin yang nulis artikel ini juga bisa disebut sebagai creative writer. Intinya, semua orang yang membuat karya tulisan kreatif disebut sebagai creative writer.

Kamu juga bisa menyebut dirimu sendiri sebagai seorang creative writer kalau kamu memiliki karya tulisan berjenis tulisan kreatif. Contohnya nih mungkin ada Sobat Jagoan Hosting yang kerap membuat tulisan seputar topik-topik interesting seperti game dan anime. Mimin kadang nemuin beberapa Sobat Jagoan Hosting yang menggunakan jasa layanan website dari Jagoan Hosting untuk digunakan sebagai blog ulasan anime. Keren-keren, lho!

Sobat Jagoan Hosting yang suka membuat ulasan seputar teknologi juga bisa disebut sebagai creative writer. Jadi, sebenarnya cakupan profesi ini sangat luas. Nggak ada batasan tertentu yang membuat seseorang nggak boleh disebut sebagai penulis tulisan kreatif.

Skill yang dibutuhkan dalam creative writing

Cuma ada satu skill yang wajib dimiliki. Kira-kira apa, ya?

Skill yang wajib dimiliki seorang creative writer adalah imajinasi! Yup, imajinasi adalah hal yang paling penting. Mereka hanya bisa menciptakan tulisan kreatif jika memiliki imajinasi yang bagus. Mereka harus mengembangkan topik-topik tertentu menjadi tulisan yang lebih luas.

Eits, nggak cuma itu, Sob! Ada satu lagi nih yang penting. Hal penting berikutnya adalah website yang mendukung! Kalau kamu benar-benar mau menggeluti dunia tulisan kreatif, kamu memerlukan website yang nggak cuma menarik tapi juga responsif. Kamu nggak perlu bingung, kamu bisa tanya-tanya dulu atau langsung liat pilihan paketnya di sini. Kapan lagi bisa bikin website bareng penyedia layanan Hosting Terbaik Indonesia.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like