Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

10 Tips Menulis SEO untuk Website Bisnis

Mengoptimasi website dengan SEO memang menjadi sebuah keharusan untuk pemilik bisnis online. SEO merupakan bentuk penulisan konten yang bisa sangat efektif dalam meningkatkan lalu lintas pengunjung di website.

Bukan hanya tulisan yang menarik bagi pengunjung untuk akhirnya membeli produk di website, tapi tulisan yang mudah ditemukan oleh pengguna mesin pencari. Website yang memiliki konten yang sesuai dengan keyword atau kata kunci yang digunakan akan berdampak pada kunjungan yang terus meningkat.

Salah satu yang perlu juga diperhatikan adalah algoritma mesin pencari yang banyak mengalami pengembangan. Sehingga ini akan berpengaruh pada penulisan SEO di dalam website. Untuk memahami bagaimana menulis SEO yang baik untuk website kita, berikut ini 10 tips yang bisa diterapkan.

1. Memahami tata bahasa, struktur dan ejaan

Meski hanya berupa artikel, namun menggunakan tata bahasa, struktur dan ejaan bahasa juga diperlukan. Membuat tulisan kita mudah untuk dibaca dan dipahami apa maksudnya akan memudahkan pembaca terkonversi menjadi pembeli. Bukankah itu yang kita inginkan? Ya, cobalah tata kembali bahasa untuk artikel SEO di website.

2. Tahu bagaimana cara menulis SEO

Semua orang bisa menulis, tapi tidak semua orang memahami cara menulis SEO untuk meningkatkan konversi ke sebuah pembelian di website. Menulis SEO memang gampang-gampang susah. Kita harus menggunakan tata bahasa yang sesuai dan menggabungkan keyword yang sudah kita miliki.

3. Menulislah untuk manusia, baru kemudian search engine

Ketahuilah kita menulis untuk pembaca, dimana mereka semua adalah manusia. Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh mereka. Setelah membuat artikel yang mudah dibaca, kembangkan sedikit dan sesuaikan dengan karakter search engine. Agar SEO yang ada di dalam artikelnya bisa sesuai kebutuhan.

4. Memahami siapa audiens kita

Yang satu ini tidak boleh dilupakan. Mengetahui siapa audiens kita sebelum membuat artikel SEO sangatlah penting. Apakah mereka mahasiswa, ibu rumah tangga, pegawai kantoran atau mereka adalah pebisnis online juga sama seperti kita. Mengetahui siapa mereka akan memudahkan kita membuat artikel SEO yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

5. Tahu apa yang perlu dilakukan dan tidak boleh dilakukan

Jika kita berkata bahwa SEO adalah sebuah strategi marketing online yang sulit dilakukan tapi jangan menyerah dulu. Meski ada beberapa yang harus dilakukan seperti mengoptimasi SEO dari offpage ataupun onpage, ada juga yang harus dihindari supaya search engine tidak mendeteksi artikel kita sebagai SPAM. Misalnya menuliskan sangat banyak keyword di dalam artikel kita.

6. Pertimbangan menyewa jasa

Jika ingin lebih efektif dan efisien, menyewa jasa SEO bisa dilakukan. Selain meringankan beban kerja kita. Jasa SEO juga memudahkan optimasi SEO website kita. Mereka jauh lebih memahami tentang bagaimana SEO mengubah kunjungan menjadi pelanggan dan bagaimana mempertahankan peringkat di halaman teratas Google.

7. Menulislah dengan ringkas dan jelas

Tentang artikel SEO jangan menulisnya seperti artikel kita lainnya. Buatlah artikel SEO yang ringkas dan jelas. Sesuaikan dengan keyword atau tema yang sudah ditentukan. Jangan menulis berlebihan, dan pastinya kalimat menjual yang terselip tidak hard selling tapi lebih ke soft selling.

8. Tulislah konten yang ingin dibaca yang dibagikan pembaca

Menulis untuk manusia bukan hanya agar mereka mau membaca, tapi juga mau membagikan. Tulis artike yang bermanfaat bukan dari segi kita saja tapi dari segi pembaca. Biarkan mereka membagikan artikel kita dengan mudah, seperti meletakkan button sosial media di website atau merekomendasikan mereka untuk membagikan artikelnya.

9. Menceritakan sebuah cerita

Ya, karena artikel bukan hanya tempat kita berjualan. Ada kalanya artikelmu harus lebih bervariasi. Mulai dari memberikan tips, informasi atau update seputar dunia bisnismu. Misalnya tips tentang dunia fashion, atau perkembangan dunia teknologi untuk bisnis yang bergerak di dunia teknologi. Ini akan membuat pengunjung dan pembaca menjadi ketagihan karena mendapatkan value atau nilai lebih dari website kita.

10. Tahu cara menulis headline yang menarik dan relevan

Menulis headline bukan hanya sekedar menarik tapi juga relevan dengan isi. Ada banyak artikel yang menarik hanya dibagian judulnya saja. Tapi mereka melupakan apakah judul itu relevan atau tidak dengan isi yang mereka tulis. Atau justru kita hanya menuliskan informasi produk tanpa memberikan value lain untuk artikel SEO tersebut.

Nah, begitu pentingnya SEO untuk sebuah website bisnis online. Tapi yang tidak kalah penting lagi, pembaca sangat mendambakan website yang cepat saat diakses dan aman dalam melakukan transaksi. Website toko online yang cepat saat diakses akan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengunjung dalam melakukan aktivitas di dalam website tersebut. Dan website yang aman akan membantu meningkatkan transaksi dan kepercayaan pelanggan, karena kita bisa menyimpan dengan baik semua data yang berhubungan dengan pelanggan.

Hosting menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari website toko online. Memilih provider website toko online yang juga memiliki Hosting Terbaik Indonesia yang aman dan cepat tentu akan menjadi sebuah tantangan. Tapi lebih dari itu, bagi pebisnis yang ingin sukses menjalankan di dunia online tidak akan merasa rugi dengan investasi ini.

Jadi, tunggu apalagi? 🙂

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!

+ +