Bagaimana cara optimasi dan mengetahui performa sebuah website? Solusi permasalahan tersebut adalah Google Search Console. Artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai apa itu google search console, fungsi dan panduan lengkap cara menggunakannya. Yuk simak informasi mengenai GSC,

Apa itu Google Search Console

Google Search Console adalah tool webmaster yang disediakan Google secara gratis untuk membantu para pemilik website untuk mengidentifikasi performa dan melakukan optimasi website mereka di ranah organik.

GSC bisa dikatakan sebagai alat monitor website yang berfungsi untuk mengetahui performa sebuah website. Dengan GSC memungkinkan kamu untuk mengetahui performa website, mengetahui keyword terpopuler, trafik website, referring domain, kinerja website di perangkat mobile, eksternal dan internal link dan masih banyak lainnya.

Fungsi Google Search Console

Google search console memiliki banyak fungsi, Sesuai dengan yang disebutkan beberapa diatas, GSC memiliki beberapa manfaat untuk membantu para webmaster meningkatkan performa website. Nah berikut ini manfaat menggunakan GSC :

1. Identifikasi Performa Website

Search Console adalah tools khusus para webmaster untuk mengetahui performa dari website yang dikelola. GSC memiliki sebuah menu yang sangat berguna untuk mengidentifikasi performa dari website.

Dengan GSC pemilik website bisa mengetahui jumlah trafik, keyword terpopuler, broken link dan berbagai matriks seperti page rank, impression, CTR, dll.  

2. Inspeksi URL

Jika kamu memiliki sebuah postingan baru di website namun lama di index search engine, Maka kamu bisa menggunakan Search Console. Dengan Google search console kamu bisa menginspeksi url baru agar cepat terindex.

Walaupun sudah terdapat sitemap yang berguna untuk inspeksi url secara otomatis, Namun terkadang sitemap mengalami error sehingga tidak dapat melakukan inspeksi url. Maka dari itu kamu bisa melakukan inspeksi url baru dengan search console agar postingan kamu bisa terindex dengan cepat. 

Dengan Search console kamu bisa mengetahui eksternal dan internal link, Kamu juga bisa mengetahui backlink dari website kamu. Hal ini sangat membantu kamu dalam mengelola dan memonitor link pada website kamu.

Fitur ini juga dapat membuat kamu dalam disavow backlink spam yang masuk pada website kamu. Backlink spam dapat berdampak buruk pada website, Dengan GSC kamu bisa memantau backlink yang mengarah pada website kamu. 

5. Submit Sitemap Website

Sitemap berfungsi untuk mengetahui url yang terdaftar dalam sebuah website, Sitemap dapat berfungsi untuk google mengetahui url terbaru pada sebuah website. Namun untuk mengetahui url terbaru kamu harus submit sitemap terlebih dahulu pada Google Search Console.

Setelah submit Sitemap website kamu maka otomatis url terbaru akan terinspeksi dan terindeks dengan sendirinya.

7. Menghapus Index Google

Kamu baru saja menghapus salah satu postingan kamu? Namun di hasil pencarian masih muncul sehingga menyebabkan laman not found. Kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan menghapus index google dengan Search Console. 

Panduan Lengkap Menggunakan Google Search Console

1. Buka Laman Google Search Console

Apa itu Google Search Console
Laman Search Console

Buka halaman Google Search console terlebih dahulu, Halaman tersebut memberikan informasi mengenai apa itu google search console. Kamu bisa membaca untuk mengetahui lebih jauh mengenai GSC.

Jika kamu sudah mengetahui tentang GSC, Kamu bisa langsung mulai mendaftarkan website kamu dengan klik button “Mulai Sekarang”

2. Mendaftarkan Website pada Google Search Console

Bila kamu sudah menemukan halaman admin seperti pada gambar diatas, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memasukkan nama domain kamu ke dalam kolom agar kamu dapat menganalisa website & menuju proses selanjutnya.

Terdapat dua pilihan untuk mendaftarkan website di google search console, pilihan tersebut yaitu Domain  dan URL Prefix. Kamu bisa memilih Domain jika kamu memiliki beberapa subdomain. Namun jika hanya 1 website dalam 1 domain maka sebaiknya pilih yang URL prefix. 

Untuk permulaan, kamu bisa menginputkan domain kamu di Menu URL Prefix.

Menambahkan Domain Google Search Console
Menambahkan Domain Google Search Console

Kemudian pilih continue, Di langkah selanjutnya kita disuruh melakukan verifikasi domain kita. 

3. Verifikasi Domain

Untuk melakukan verifikasi domain terdapat beberapa pilihan verifikasi, Untuk saat ini kita akan menggunakan metode verifikasi melalui HTML file dan HTML Tag, Karena kedua pilihan tersebut paling mudah untuk dilakukan.

Metode Verifikasi Google Search Console
Metode Verifikasi Google Search Console

Note : Untuk verifikasi dengan pilihan “Domain” caranya berbeda, Kamu harus memverifikasikan DNS terlebih dahulu. 

1. Verifikasi domain Melalui HTML File

Verifikasi Domain Search Console
Download HTML file

Untuk verifikasi domain melalui html caranya sangat mudah, Cukup upload file html yang sudah kamu download di server hosting kamu.

Google Search COnsole
Upload HTML file Verifikasi

Setelah berhasil terupload, Kamu tinggal balik lagi menuju ke halaman google search console. Kemudian klik button verify untuk melakukan verifikasi domain.

2. Verifikasi Domain Melalui Tag HTML

Verifikasi Domain Google Search Console
Verifikasi Domain Google Search Console

Sama halnya dengan verifikasi melalui HTML file, Verifikasi melalui HTML tag sangat mudah. Cukup meletakkan kode tag html yang sudah disediakan oleh search console diantara kode <head> dan </head>

Verifikasi Domain Google Search Console
Menambahkan HTML tag di Website

Jika kamu menggunakan WordPress, Caranya cuku ke Menu WordPress -> Tampilan -> Theme Editor -> Kemudian cari file header.php dan copy-paste tag html tadi lalu save.

Setelah tersimpan kamu bisa kembali ke halaman search console dan klik button verify. Jika sukses akan muncul popup yang menandakan domain tersebut telah terverifikasi.

Verifikasi Search Console
Verifikasi Search Console Sukses

Gambar diatas menunjukkan jika verifikasi domain telah sukses dan selesai. Kamu bisa menuju go to property untuk melihat hasil dashboard search console kamu. Dashboard tersebut berfungsi untuk melihat dan menganalisa performa website kamu. Sehingga kamu bisa tahu mana yang harus dioptimasi di website kamu.

Verifikasi Search Console

Karena barus terverifikasi, Hasil report dari performa website masih belum bisa ditampilkan. Tunggu hingga beberapa saat untuk melihat laporan performa website kamu

4. Menambahkan XML Sitemap

Menambahkan Sitemap Search Console
Menambahkan Sitemap Search Console

Pilih menu Sitemap pada Google Search Console, Setelah itu tinggal memasukkan sitemap pada form didalamnya. Untuk mendapatkan sitemap kamu bisa menggunakan Plugin SEO untuk membuat sitemap secara otomatis.

Menambahkan Sitemap Search Console
Sitemap Google Search Console

Pastikan sitemap yang kamu submit bertuliskan sukses, Jika error kamu harus mengetahui apa yang menyebabkan error pada sitemap kamu.

5. Menganalisa Performa Website

Perfoma Google Search Console
Perfoma Google Search Console

Untuk menganalisa performa website kamu bisa menuju menu performance, Kamu bisa melihat berbagai matriks. Dengan klik pada tab performance kamu bisa mengetahui jumlah klik dan impresi, page rank, CTR, negara, keyword, laman terpopuler, device yang digunakan dan masih banyak lagi metrik yang bisa kamu lihat.

Dengan inilah kamu bisa menganalisa performa website, Kamu juga bisa mengoptimasi website dengan melihat beberapa metrik, error pada website seperti broken link dan sejenisnya. GSC juga akan memberitahu ketika website mengalami error sehingga kamu dapat segara mengatasi error tersebut.

Itulah informasi mengenai google search console, Kamu bisa memanfaatkan GSC untuk melihat performa dan membantu kamu dalam melakukan optimasi website. 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like