Tugas Project Manager – Agar tujuan proyek suatu usaha dapat tercapai secara efisien dan efektif dibutuhkan manajemen proyek yang baik. Kehadiran seorang manajer proyek atau project manager pada suatu proyek adalah suatu hal yang tidak bisa diabaikan begitu saja Sob, karena tanpa adanya project manager pekerjaan akan sulit berjalan sesuai dengan harapan. 

Lalu apa sebenarnya apa sih kewajiban project manager? Mengapa perannya penting dalam keberhasilan suatu proyek?

Nah, project manager secara umum adalah orang yang ditunjuk untuk menggerakkan proses manajemen yang mengarah pada strategi pengelolaan dimana bertujuan untuk mencapai keberhasilan suatu proyek.

Proyek yang dimaksud disini adalah istilah untuk mendefinisikan suatu usaha atau kegiatan dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Proyek tersebut biasanya akan menghasilkan layanan atau produk yang spesifik. Berikut tugas seorang project manager!

1. Membuat perencanaan adalah tugas project manager yang pertama

Tugas yang pertama adalah perencanaan, yang mencakup persiapan SDM serta sarana dan prasarana yang diperlukan untuk pelaksanaan proyek. Perencanaan tersebut membahas hal-hal terkait dengan strategi dan bagaimana seorang project manager dan timnya membuat, menjual, dan mendistribusikan produknya. 

2. Mengumpulkan tim

tugas project manager
Photo by cottonbro from Pexels

Project manager tentu tidak bekerja sendiri, melainkan ada tim hebat bersamanya. Setelah membuat perencanaan dan pemilihan SDM, kamu sebagai project manager harus membagi mereka ke dalam tim yang diberi tanggung jawab pada unit-unit tugas yang ada dalam sebuah proyek.

3. Mengatur komunikasi juga jadi tugas project manager

Selanjutnya, kamu harus memastikan komunikasi dalam tim agar tetap efektif. Komunikasi ini mencakup daftar tugas, jadwal, dan deadline yang harus dipahami dan dikerjakan oleh seluruh tim.

Komunikasi yang efektif sangat penting untuk meningkatkan produktivitas dan semangat kerja tim.

Sob, bayangkan bagaimana jadinya jika seorang project manager memberi instruksi dengan bahasa yang sulit dimengerti, pastinya hal tersebut dapat mengganggu ritme kerja tim, bukan?

4. Menghitung budget

Anggaran adalah aspek terpenting dalam pengerjaan sebuah proyek.

Sebelum memulai proyek, pemilik proyek dan project manager tentunya telah mengomunikasikan berapa anggaran yang diperlukan oleh proyek yang sedang dikerjakan.

5. Mitigasi masalah dan risiko

Terjadinya masalah dalam sebuah proyek tentu tidak dapat diprediksi dan bisa terjadi kapan saja. Di sinilah kelihaian seorang manajer proyek dalam menangani masalah diuji.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, manajer proyek harus membuat perencanaan masalah dan merancang solusi bahkan sejak tahap pra-produksi. 

6. Monitoring proses adalah tugas project manager sehari-hari

Tugas project manager selanjutnya adalah memonitor perkembangan proyek berdasarkan blueprint.

Jika selama pelaksanaan proyek terdapat hal-hal yang berubah atau melenceng, maka project manager bertugas untuk mengkomunikasikannya dengan tim terkait agar pekerjaan kembali on the track.

7. Membuat laporan dan dokumentasi

tugas project manager
Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Yang terakhir dan tak kalah penting adalah membuat dokumentasi proyek dalam sebuah report untuk para stakeholder.

Pihak stakeholder memerlukan report untuk memeriksa kemajuan proyek. Report tersebut nantinya berisikan informasi rinci soal status kemajuan proyek hingga berapa anggaran yang sudah dikeluarkan.

Untuk menyelesaikan proyek mulai dari perencanaan hingga selesai, tentunya dibutuhkan dukungan server terbaik, bukan? Seperti layanan Jagoan Hosting yang satu ini, yaitu VPS X.

Layanan VPS X dari Jagoan Hosting ini dapat kamu nikmati mulai dari harga Rp 80.000-an saja, Sob! Dibekali dengan SSD yang telah dioptimasi, VPS X mampu meningkatkan performa aplikasi sehingga lancar saat digunakan. Yuk, coba berlangganan di sini!

Kesimpulannya, menjadi seorang project manager bukanlah tugas yang main-main. Dibutuhkan komitmen, keseriusan, loyalitas, dan tanggung jawab yang tinggi selama berjalannya proyek. 

Untuk Anda yang sedang ditunjuk atau berkeinginan menjadi seorang project manager, semoga informasi seputar tugas project manager diatas dapat berguna, ya!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like