Mengenal Project Manager, Tugas dan Tanggung Jawab

project manager adalah
Photo by Sora Shimazaki from Pexels

Project manager adalah pekerjaan dengan tugas penting dalam suatu proyek. Pasalnya, mereka harus memimpin berjalannya proyek dari awal hingga akhir. Serta, mereka pula yang bertanggung jawab pertama kali terhadap proyek tersebut.

Tanpa peran project manager, suatu proyek tidak bisa berjalan lancar. Sama dengan tanpa adanya pemimpin, tentu akan sulit bukan menentukan langkah-langkah yang tepat dalam mengerjakan proyek. Nah, agar lebih memahaminya, yuk simak artikel berikut ini.

Apa itu Project Manager?

Project manager adalah pekerjaan yang memegang peran penting dalam suatu proyek, mulai dari perencanaan, eksekusi, pengendalian hingga di akhir proyek. Sehingga, tugas dan tanggung jawab project manager mulai awal hingga berakhirnya proyek tersebut.

Project manager juga menjadi orang pertama yang akan bertanggung jawab terhadap sukses atau tidaknya suatu proyek. Ia juga harus mampu menemukan solusi terhadap setiap masalah yang mungkin saja dialami oleh timnya.

Namun, meski mengembang tanggung jawab besar, keuntungan yang bisa didapatkan juga cukup besar apabila pekerjaan atau proyek berjalan dengan baik dan dapat dikatakan tercapai sesuai tujuan.

Sebaliknya, jika proyek tersebut gagal, maka project manager adalah pihak pertama yang ahrus menerima segala punishment. Untuk itu, seorang project manager harus mampu mengantisipasi adanya kegagalan tersebut. Cukup menantang bukan?

Baca juga: Project Management vs Project Planning, Apa Saja Ruang Lingkup Pekerjaannya?

tugas project manager
Photo by cottonbro from Pexels

Tugas dan Tanggung Jawab Project Manager

Menjadi seorang project manager tidaklah mudah, namun semua orang bisa menempati posisi itu. Setidaknya, ada beberapa tugas project manager yang harus dan pasti dilakukan dalam setiap proyek. Diantaranya sebagai berikut.

Cek Konten Lainnya:
4 Cara Efektif Bangun Bisnis Ramah Lingkungan untuk Tingkatkan Profit

1. Membuat perencanaan

Tugas pertama project manager adalah perencanaan,  mencakup persiapan SDM serta sarana dan prasarana yang diperlukan untuk pelaksanaan proyek. Perencanaan tersebut membahas hal-hal terkait dengan strategi dan bagaimana seorang project manager dan timnya membuat, menjual, dan mendistribusikan produknya. 

2. Mengumpulkan tim

Project manager tentu tidak bekerja sendiri, melainkan ada tim hebat bersamanya. Setelah membuat perencanaan dan pemilihan SDM, kamu sebagai project manager harus membagi mereka ke dalam tim yang diberi tanggung jawab pada unit-unit tugas dalam sebuah proyek.

3. Mengatur komunikasi

Selanjutnya, kamu harus memastikan komunikasi dalam tim tetap efektif. Komunikasi ini mencakup daftar tugas, jadwal, dan deadline yang harus dipahami dan dikerjakan oleh seluruh tim. Komunikasi efektif sangat penting untuk meningkatkan produktivitas dan semangat kerja tim.

Sob, bayangkan bagaimana jadinya jika seorang project manager memberi instruksi dengan bahasa yang sulit dimengerti, pastinya hal tersebut dapat mengganggu ritme kerja tim, bukan?

4. Menghitung budget

Anggaran adalah aspek terpenting dalam pengerjaan sebuah proyek. Sebelum memulai proyek, pemilik proyek dan project manager tentunya telah mengomunikasikan berapa anggaran yang diperlukan oleh proyek yang sedang dikerjakan.

5. Mitigasi masalah dan risiko

Terjadinya masalah dalam sebuah proyek tentu tidak dapat diprediksi dan bisa terjadi kapan saja. Di sinilah kelihaian seorang manajer proyek dalam menangani masalah diuji. Untuk mengantisipasi hal tersebut, manajer proyek harus membuat perencanaan masalah dan merancang solusi bahkan sejak tahap pra-produksi. 

Baca juga: Ini Alasan Project Manager di Indonesia Gajinya Selangit!

tugas project manager
Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

6. Monitoring berjalannya proyek

Selanjutnya, tugas project manager adalah memonitor perkembangan proyek berdasarkan blueprint. Jika selama pelaksanaan proyek terdapat hal-hal yang berubah atau melenceng, maka project manager bertugas untuk mengkomunikasikannya dengan tim terkait agar pekerjaan kembali on the track.

Cek Konten Lainnya:
5 Bisnis Freelance yang Menjanjikan: Sumber Tambahan Penghasilan Zaman Now

7. Membuat laporan dan dokumentasi

Tanggung jawab terakhir dan tak kalah penting bagi project manager adalah membuat dokumentasi proyek dalam sebuah report untuk para stakeholder.

Pihak stakeholder memerlukan report untuk memeriksa kemajuan proyek. Report tersebut nantinya berisikan informasi rinci soal status kemajuan proyek hingga berapa anggaran yang sudah dikeluarkan.

Skill Project Manager

Dalam mengembang tugas dan tanggung jawab project manager seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tentu diperlukan beberapa skill agar proyek bisa berjalan sebagaimana mestinya. Beberapa skill project manager adalah sebagai berikut.

  1. Komunikasi: Dengan memiliki skill komunikasi yang baik, seorang project manager bisa mengendalikan kerja tim dan menyampaikan informasi secara tepat.
  2. Kepemimpinan: Tugas project manager adalah memimpin tim, untuk itu dibutuhkan skill kepemimpinan yang baik.
  3. Negosiasi: Kemampuan negosiasi bagi seorang project manager digunakan untuk berhubungan dengan klien atau supplier.
  4. Manajemen biaya, waktu dan tim: sebagai seorang pemimpin, project manager harus cerdas dalam membagi waktu dan pekerjaan tim secara efisien. Tak hanya itu, budget merupakan elemen utama yang harus dikelola dengan benar.
  5. Manajemen risiko: Suatu proyek tentu berpotensi mengalami beberapa masalah. Nah, seorang project manager harus bisa mengantisipasi hal tersebut.
  6. Kemampuan riset: Sebelum melakukan perencanaan dan memberikan solusi, ada baiknya project manager melakukan riset dengan tepat.

Baca juga: Ini Dia 5 Skill Utama Project Management Professional!

Itu dia penjelasan mengenai tugas project manager dalam suatu proyek. Mengingat posisi ini cukup berperan penting dan memiliki tanggung jawab besar, maka kamu harus memastikan bahwa semua urusan terkait proyek selesai dengan sempurna, Sob.

Nah, untuk menyelesaikan proyek mulai dari perencanaan hingga selesai, tentunya dibutuhkan dukungan server terbaik, bukan? Seperti layanan Jagoan Hosting yang satu ini, yaitu VPS X.

Cek Konten Lainnya:
Tips dan Cara Menghasilkan Uang di Fiverr

Layanan VPS X dari Jagoan Hosting ini dapat kamu nikmati mulai dari harga Rp 80.000-an saja, Sob! Dibekali dengan SSD yang telah dioptimasi, VPS X mampu meningkatkan performa aplikasi sehingga lancar saat digunakan. Yuk, coba berlangganan di sini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
marketing automation
Read More
Definisi Marketing Automation dalam Bisnis, Manfaat & Contohnya
Marketing atau pemasaran memang memegang peranan yang sangat krusial untuk keberhasilan bisnis. Untuk memudahkan proses pemasaran, ada banyak…
Apa itu Webinar
Read More
Apa itu Webinar? Manfaat dan Cara Menggelarnya
Apa itu webinar? Beberapa dari kalian pasti pernah menjadi salah satu partisipan acara ini, bukan? Ya, webinar adalah…