Apakah kamu sudah membuat content calendar untuk media sosial? Seberapa penting merencanakan konten untuk sosial media? Mengapa? Content Calendar media sosial akan membantu kamu dalam merencanakan konten berkualitas tinggi beberapa minggu yang akan kamu poskan untuk audiens media sosial.

Menyusun konten yang akan di post akan membantu kamu menghemat waktu dan tidak hanya itu, Kamu tak perlu khawatir lagi tentang apa yang akan kamu posting selanjutnya.

Mau tahu bagaimana caranya membuat konten kalender untuk membangun brand? Atau ingin punya template content calendar sendiri? Nah artikel ini cocok buat kamu

Seberapa Penting Membuat Content Calendar Social Media

Seberapa penting sih membuat content calendar social media? Mungkin sudah sedikit dijelaskan pada bagian intro tadi. Namun masih banyak hal lagi yang bisa kamu dapatkan ketika kamu mulai merencanakan dan menyusun konten yang akan kamu posting pada media sosial kamu.

Apakah kamu percaya bahwa Konsistensi merupakan salah satu kunci sukses dalam Social Media Marketing?

Posting secara teratur di media sosial sangat penting untuk menjaga pengikut kamu tetap terlibat dengan konten dan brand kamu. Itulah yang dapat kamu capai jika kamu mulai merencanakan konten kamu sebelumnya dengan kalender media sosial.

Ketika kamu mulai konsisten memposting konten di sosial media kamu, Maka semakin besar kemungkinan mereka untuk mengingat brand kamu, semakin besar juga kemungkinan mereka melakukan pembelian dari kamu. Saya pikir kita semua bisa sepakat mengenai hal tersebut.

Membuat Template Content Calendar

Untuk mempermudah kamu dalam merencanakan konten untuk sosial media dibutuhkan sebuah platform. Salah Satu platform yang bisa kamu gunakan untuk membuat content calendar adalah Google Sheets.

Google Sheets sangat mudah untuk digunakan, dan gratis. Kamu cukup membutuhkan akun google untuk mengakses alat ini. Dengan waktu kurang dari 10 menit, Kamu sudah dapat membuat kalender konten media sosial yang cukup efektif.

Membuat Content Calendar
Template Content Calendar

Gambar diatas tersebut merupakan template content calendar yang kami gunakan selama ini, Template tersebut sangat cocok untuk menyusun dan merencanakan konten yang dibuat untuk sosial media. Untuk menggunakan dan download template content calendar secara gratis, Kamu bisa klik link tersebut.

Tentu saja, jika Anda memutuskan untuk menggunakan template ini, Kamu dapat menyesuaikannya agar sesuai. Misalnya mengubah social media yang digunakan, waktu posting serta bulan dan tahunnya.

Selain menggunakan Google Sheets, Kamu bisa menggunakan Trello. Trello adalah alat yang mudah digunakan, sangat fleksibel dan gratis. Trello paling cocok untuk kamu yang mencari kalender media sosial yang memiliki tata letak visual yang menyerupai kalender tradisional, daripada spreadsheet seperti Google Sheets.  

Merencanakan Konten yang Akan Diposting

Saat membuat konten, Kita harus membuat konten yang menarik dan membuat audience menyukai postingan di sosial media kamu. Tapi, Bagaimana membuat konten yang menarik audiens?

Jawabannya adalah pada diri kamu selaku pengelola media sosial, Jika kamu mengetahui siapa audiens kamu, Kamu akan lebih mudah dalam merencanakan sebuah konten yang akan di posting nantinya.

Yang perlu kamu tahu adalah konten yang menarik merupakan konten yang beresonansi pada audience Dan konten yang berbeda beresonansi dengan khalayak yang berbeda. 

Maka dari itu, Kamu perlu mencari tahu konten mana yang paling sesuai dengan audiens kamu sebelum kamu mulai mengisi kalender media sosial kamu. Kamu bisa menggunakan bantuan tools untuk mengetahui audiens, apa yang disukai audiens kamu, dan kapan audiens kamu online.

Hal tersebut dapat kamu ketahui dengan memanfaatkan Tools Analytics Instagram, Tools-tools tersebut akan membantu kamu dalam mengetahui jenis audiens kamu dan konten yang paling disukai oleh pengikut kamu.

Dengan hal tersebut itulah kamu bisa mulai menentukan ide tentang jenis konten yang paling cocok untuk audiens dan kapan waktu yang tepat untuk mempostingnya. 

Menghasilkan Konten Berkualitas Tinggi

Membuat Content Calendar
Membuat Content Calendar

Setelah kamu mendapat ide tentang jenis konten yang paling cocok untuk audiens,  Kamu punya pilihan untuk membuat konten sosial media. Kamu perlu membuat konten atau sumber konten untuk saluran media sosial kamu. 

Sekarang, Jika kamu cerdas dalam membuat konten media sosial kamu dapat lebih mudah dalam memperkuat branding. Untuk itu kamu harus menghasilkan konten berkualitas tinggi. Konten berkualitas tinggi berarti konten yang kamu buat disukai oleh target audiens kamu.

Untuk dapat menghasilkan konten berkualitas tinggi, Kamu bisa mencari ide konten dengan berselancar di sosial media, Memonitor sosial media kompetitor dan mencari informasi yang viral. Dengan begitu kamu bisa menghasilkan konten yang berkualitas tinggi untuk audience kamu. 

Menjadwalkan Konten Untuk Sosial Media

Dalam membuat content calendar, Kamu harus menjadwalkan konten yang akan kamu posting nantinya. Cara ini merupakan yang tersulit, Karena kita harus menjadwalkan waktu posting ide konten yang sudah dibuat di content calendar.

Kamu harus pintar dalam menjadwalkan konten yang sudah kamu rencanakan, Jangan sampai konten yang kamu rencanakan out of date atau terlambat mempostingnya. Pastikan pada saat terjadi informasi yang viral dan cocok untuk audience kamu, Segeralah membuat konten dan mempostingnya, Agar kamu mendapatkan hype dari konten kamu.

Setelah kamu sudah menjadwalkan dan membuat kontennya, Kamu bisa memanfaatkan sebuah tools untuk mempostingnya. Kamu bisa memanfaatkan Buffer dan Hootsuite, Baik Buffer maupun Hootsuite adalah alat luar biasa yang memungkinkan kamu untuk menautkan semua akun media sosial kamu dan melakukan pra-jadwalkan posting konten kamu di satu tempat.

Kamu juga akan mendapatkan akses ke wawasan berharga tentang kinerja kampanye media sosial itu, seperti posting kamu yang paling sukses, waktu terbaik melakukan posting atau mengirim konten.

Itulah informasi mengenai cara membuat content calendar social media yang bisa kamu praktikan, Kamu juga bisa menggunakan Template content calendar tersebut mempermudah kamu dalam mengelola, menyusun dan merencanakan konten kamu.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like