Apa itu Password Manager? Ini 5 Rekomendasi Terbaik 2022

Password Manager Terbaik
Password Manager TerbaikWoman’s hand holds a password on paper, that covers the password with finger.

Sebagian dari kamu pasti sering lupa pasword, sehingga tak jarang harus melakukan reset berulang kali. Sementara, jika membuat password yang mudah justru rawan terkena hack. Solusi terbaik dari permasalahan ini yaitu menggunakan password manager. Apa itu? Jadi, password manager adalah software untuk menyimpan semua password kamu Sob.

Biasanya,  agar tidak mudah lupa password, seseorang membuat kata sandi yang sama di setiap akun. Padahal itu cukup beresiko lho Sob! Jika kamu dalam situasi tersebut, maka kamu memerlukan software ini. Nah, jika kamu masih bingung mengenai apa itu password manager dan bagaimana cara kerjanya, yuk simak artikel berikut ini sampai tuntas!

Apa itu Password Manager?

Password Manager adalah sebuah perangkat lunak fungsinya untuk menyimpan setiap kata sandi akun secara online. Baik itu password dari sosial media, akun email hingga semua password aplikasi yang kamu gunakan.

Nantinya semua kata sandi aplikasi kamu akan dienkripsi dan disimpan dalam “brankas” yang dilindungi oleh “kata sandi utama.” Ini berarti aplikasi password manager memungkinkan kamu untuk membuat kata sandi berbeda pada setiap akun dengan kuat dan aman. 

Kamu juga tidak harus mengingat banyak password karena semua password akan disimpan pada brankas. Dengan software ini, kamu hanya perlu mengingat satu kata sandi utama yang digunakan untuk membuka atau login pada aplikasi password manager.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Setelah memahami pengertiannya, kini kamu pasti agak bingung tentang bagaimana cara kerja software yang satu ini sehingga bisa menyimpan semua password kamu menjadi satu dalam brankas. Jadi, bagaimana cara kerjanya?

Melalui software ini kamu tidak harus memasukkan user dan password secara manual. Melainkan kamu hanya perlu menggunakannya untuk login pada akun secara otomatis. Sebagian besar password manager online merupakan ekstensi browser. 

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Learning Management System (LMS)? Fungsi & Contoh

Aplikasi pengaman ini memiliki dua pekerjaan utama. Pertama, yaitu menyimpan kata sandi. Kedua, berfungsi untuk mengisi secara otomatis ketika login akun dan membentuk detail pada situs dan aplikasi yang kamu gunakan.

Aplikasi password manager terbaik memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa fungsi dari software penyimpan kata sandi ini.

  • Secara otomatis membuat kata sandi yang kuat dan aman untuk akun kamu agar tidak rawan diretas.
  • Mensinkronisasi password yang unik dan kuat di semua perangkat.
  • Menyimpan dan mengenkripsi data pribadi dan detail pembayaran online kamu.
  • Mengisi secara otomatis info masuk dan formulir di aplikasi di perangkat seluler kamu.
  • Mengubah otomatis password yang lemah menjadi kata sandi kuat untuk layanan tertentu.
  • Mengaktifkan autentikasi dua faktor melalui aplikasi mereka sendiri, aplikasi seperti Google Authenticator, pesan SMS, dll.
  • Mengatur otentikasi menggunakan sidik jari atau wajah kamu di perangkat yang kompatibel.

Baca juga: 4 Cara Menghapus Akun Instagram secara Permanen & Lupa Password

Apakah Password Manager Aman untuk Menyimpan Password Akun?

Apakah menggunakan software ini terjamin aman untuk menyimpan password? Aplikasi ini berfungsi untuk membuat dan mengelola password akun online kamu jauh lebih mudah, Selain itu, kemungkinan menjadi korban peretasan atau serangan cyber sangatlah kecil.

Perlu kamu ketahui jugai, Software ini memperhatikan keamanan dengan sangat serius. Itu sebabnya banyak yang menyarankan kamu mengaktifkan autentikasi dua faktor dan mengenkripsi semuanya.

Memang terdapat risiko menyimpan semua kata sandi kamu dalam satu software. Namun, Kamu tidak perlu terlalu khawatir dan memikirkan keamanan siber seperti ini. Karena penyedianya akan berusaha semaksimal mungkin untuk membuat password manager yang aman.

Jadi, apakah software ini aman untuk digunakan? Jawabannya adalah iya. Sesuai penjelasan diatas bahwa perusahaan password manager terbaik tidak menyimpan kata sandi utama untuk membuka kunci enkripsi. Sehingga terjadi peretasan server, Maka data yang tercuri tidak bisa digunakan sepenuhnya, Karena datanya akan terenkripsi. 

Cloud VPS
Cek Konten Lainnya:
10 DNS Tercepat yang Aman & Stabil Anti Lemot

Rekomendasi 5 Password Manager terbaik

Setelah mengetahui pengertian, cara kerja hingga manfaat dari aplikasi ini, apakah kamu sudah tertarik menggunakannya? Jika iya, maka kamu bisa mempertimbangkan rekomendasi best password manager di bawah ini.

1. Lastpass

Lastpass adalah salah satu free password manager terbaik yang bisa kamu gunakan. Tools ini memungkinkan kamu untuk menyimpan kata sandi tanpa batas dan menggunakan layanan di semua perangkat.

LastPass akan membantu kamu dalam membuat kata sandi utama yang sangat aman dan mengimpor semua kata sandi dan detail formulir yang disimpan. Tools ini menyimpan data secara terenkripsi di server cloud.

Lastpass merupakan tools gratis, namun kamu dapat meningkatkannya ke paket premium. LastPass premium memiliki harga sebesar $3 per bulan dan ditagih setiap tahun. Paket premium lastpass berguna untuk membuka kunci fitur tambahan.

2. Dashlane

Dashlane termasuk dalam best password manager yang bisa kamu gunakan. Dashlane merupakan tools intuitif, sederhana, dan menawarkan banyak fitur canggih. Tidak seperti beberapa software sejenis lainnya, Dashlane memungkinkan kamu untuk membagikan kata sandi terenkripsi dengan kontak darurat kamu untuk berjaga-jaga.

Selain itu, Dashlane menyediakan opsi untuk menyimpan kata sandi kamu secara lokal di dalam brankas yang terenkripsi.

Paket gratis Dashlane memungkinkan kamu untuk menggunakan layanan ini di satu perangkat dan menyimpan hingga 50 kata sandi. Untuk versi premiumnya seharga $ 3,33 per bulan dan ditagih setiap tahun.

Dengan versi premium kamu dapat menyimpan kata sandi tanpa batas dan menyinkronkannya di semua perangkat yang kamu gunakan. Terdapat juga fitur-fitur canggih seperti pemantauan web dan VPN.

Baca juga: 3 Cara Mengganti Password Wifi Mudah di Laptop dan HP Terbaru

3. 1Password

1Password juga salah satu best password manager yang bisa kamu gunakan, Sama Halnya dengan Lastpass dan dashlane, 1Password berfungsi Menyimpan banyak informasi login dengan satu password utama, menyimpan informasi penting lain, dan membantu kamu dalam mengisi otomatis password saat login, dan lain-lain.

Cek Konten Lainnya:
10 Cara Trending di YouTube, Yuk Coba Tips Ampuhnya!

Pihak 1Password sangat percaya pada sistem keamanan miliknya, Bahkan mereka menawarkan hadiah uang $ 100.000 bagi siapa saja yang dapat meretas salah satu akunnya. Sayangnya, 1Password tidak gratis, namun kamu bisa mencoba versi trial secara gratis selama 30 hari. Harga yang ditawarkan 1password yaitu: 

  • Paket Pribadi $ 2,99 per bulan.
  • Paket Keluarga adalah $ 4,99 per bulan.
  • Tim dan Bisnis mulai dari $ 3,99 per bulan. 

4. Enpass

Enpass adalah salah satu free password manager yang menawarkan layanan gratis dan premium. Versi gratis memungkinkan untuk menyimpan password sampai 20 penyimpanan data.

Selain itu versi gratis Enpass memungkinkan kamu untuk melakukan sinkronisasi antar perangkat. Software ini hampir menyerupai 1Password, Dimana tools ini menawarkan banyak kategori spesifik. 

5. Keeper

Keeper menawarkan berbagai fitur seperti fitur opsi impor kata sandi, otentikasi dua faktor, pengisian formulir otomatis, berbagi secara aman, dan kata sandi aplikasi seluler.

Software ini memiliki banyak paket berbeda tergantung pada kebutuhan kamu, meliputi pribadi, mahasiswa, keluarga, bisnis, dan perusahaan. Hal tersebut menjadikan Keeper merupakan salah satu pengelola kata sandi terbaik yang tersedia dalam hal skalabilitas.

Paket personal gratis memungkinkan kamu untuk menggunakan, menyimpan kata sandi, perangkat, dan sinkronisasi yang tidak terbatas. Paket keluarga mulai dari $ 5 per bulan, dan paket bisnis mulai dari $ 2,50 per bulan.

Itulah informasi mengenai apa itu password manager, Kamu bisa mulai menggunakan software ini untuk mengamankan akun password kamu. Gunakan salah satu rekomendasi password manager gratis terbaik diatas untuk menyimpan password kamu dengan aman ya Sob!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
digitalisasi kampus
Read More
Kenali 7 Manfaat Digitalisasi Kampus untuk Pendidikan
Sebelum pandemi, beberapa kampus sudah menerapkan sistem digitalisasi untuk mempermudah keberlangsungan belajar mengajar mahasiswa dan dosen. Setelah pandemi,…
gateway adalah
Read More
Pengertian Gateway, Fungsi, dan Cara Kerjanya pada Jaringan
Jika tertarik terjun ke industri teknologi, kamu tentunya perlu memahami berbagai jenis jaringan komputer, salah satunya yaitu gateway.…