Belajar di Rumah – Pandemi belum juga usai, namun kita masih harus menjalani berbagai kegiatan di rumah saja. Apakah kamu sudah merasa jenuh dan kangen banget sama sekolah, Sob? Memang perlu diakui, kalau kegiatan belajar di kelas dan di rumah itu rasanya beda banget. 

Rasanya, sekarang semua berbasis digital. Orang tua perlu mengetahui dan mengawasi teknologi pembelajaran yang digunakan anak-anaknya agar proses pembelajaran optimal. Salah satu teknologi yang saat ini sedang diterapkan adalah Learning Management System (LMS).

Apa benar LMS bisa mengoptimalkan kegiatan belajar di rumah?

LMS (Learning Management System) merupakan layanan yang dirancang agar bisa mendistribusikan dan mengatur penyampaian materi pembelajaran. Sistem ini bisa bantu para guru untuk memonitor murid-muridnya. Karena sifatnya yang sudah full online, proses pendaftaran, distribusi materi pembelajaran, pembayaran, hingga kolaborasi lainnya sepenuhnya bisa dilakukan secara online.

Sob, lewat LMS kamu bisa mudah buat konten pembelajaran, dokumentasi, bahkan ke pelaporannya juga. Kebayang nggak sih, bakal semudah apa pembelajarannya lewat LMS ini? Selain itu, konten-konten yang dimanfaatkan juga berbentuk digital kayak artikel, suara, animasi, video, dan e-book. Ada juga alat-alat interaktif yang tersedia kayak virtual live sessions, forum diskusi, dan kursus online.

Fitur-Fitur LMS yang membantumu belajar di rumah

Untuk fitur LMS yang berlisensi, biasanya kamu bisa dapat fitur-fitur unggulannya Sob. Tapi, secara umum ada beberapa fitur yang ditawarkan si LMS ini untuk memudahkan kegiatan belajar di rumah. Berikut adalah beberapa fiturnya, Sob.

1. User interface mudah digunakan

LMS yang berkualitas pastinya akan menyajikan tampilan yang menarik, mudah dipahami, dan mudah diakses sama penggunanya. Pengguna LMS nggak akan kebingungan deh saat menggunakannya. 

2. Pendaftaran online

Kayaknya kalau yang satu ini fitur yang wajib dimiliki sama sebuah LMS. Soalnya fitur ini bisa memudahkan para siswa agar bisa daftar secara online dan bisa mendapat silabus yang sudah disiapkan sama para guru.

3. Ruang diskusi untuk mendukung proses belajar di rumah

belajar di rumah
Photo by olia danilevich from Pexels

Fitur yang satu ini penting banget buat dukung perkembangan belajar para siswa, Sob. Melalui fitur ini, para guru dan siswa bisa melakukan diskusi dan tanya jawab soal materi yang sedang dipelajari. Lewat fitur ini, komunikasi antara guru dan murid bisa terbantu. Guru jadi bisa mengukur sejauh mana pemahaman siswa mereka soal materi yang mereka berikan.

4. Kuis dan ujian online

Rata-rata sih untuk LMS pasti menyediakan fitur yang satu ini. Adanya kuis dan ujian online ini bisa membantu para guru untuk mengevaluasi belajar para siswanya. Fitur ini juga dukung kebutuhan Bapak dan Ibu guru untuk buat soal-soal ke muridnya.

5. Buat laporan

Tentunya dengan kehadiran teknologi, kita mengharapkan pekerjaan kita jadi ringan kan, Sob. Nah, sama juga fitur pelaporan yang biasanya tersedia untuk pengguna LMS. Fitur ini bisa memudahkan para guru untuk lacak perkembangan para siswanya. Fitur ini juga berguna buat cek absensi siswa, monitoring pekerjaan mereka, sama melakukan rekapan jawaban dari kuis atau ujian yang dilakukan. Pokoknya, nggak perlu repot lagi deh input manual.

Itu tadi Sob, penjelasan tentang Learning Management System. Menarik banget kan fitur-fitur yang ditawarkan si LMS ini? Manfaatnya kerasa banget, belajar di rumah jadi nggak ada hambatan lagi. Tunggu apa lagi, yuk penuhi kebutuhanmu dengan Instant Schools Apps milik Jagoan Hosting sekarang juga!

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like