Optimalkan Bisnis dengan Facebook Shop, Ketahui dulu Fiturnya

facebook shop
Photo by Luca Sammarco from Pexels

Facebook Shop – Selama pandemi, salah satu teknologi yang ngetren adalah belanja online. Anda pasti tidak akan asing dengan e-commerce seperti, Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan sebagainya. Namun, pernah Anda menemukan social media yang juga memiliki fitur belanja (shopping)? Jawabannya adalah Facebook. 

Pada tahun 2020, Facebook meluncurkan fitur shopping atau disebut dengan Facebook Shop.

Menurut CEO Facebook, Mark Zuckerberg, perluasan e-commerce akan menjadi penting untuk membangun kembali perekonomian di saat pandemi COVID-19 masih berlanjut. Hal ini juga bertujuan untuk membantu pemilik bisnis kecil (UMKM) lebih mudah untuk menjual barang atau jasa melalui Facebook Shop yang bisa diakses melalui Facebook maupun Instagram sehingga memudahkan juga bagi calon pembeli untuk membeli barang yang disukai. 

Buat Anda pemilik UMKM juga bisa mengoptimalkan bisnis Anda dengan menggunakan fitur yang satu ini, selain mengoptimalkan e-commerce yang sudah ada. Sebelum itu, ada baiknya Anda memahami fitur apa saja yang ada di Facebook Shop sebelum menggunakannya.

Di bawah ini, Jagoan Hosting sudah merangkum satu persatu, simak ulasannya!

1. Facebook Shop tampil seperti e-commerce dengan detail lengkap

facebook shop
Photo by Kaboompics .com from Pexels

Kini Facebook tidak hanya digunakan sebagai sosial media yang memudahkan kita untuk bertukar pesan namun, juga bisa digunakan sebagai tempat untuk memperjualbelikan barang dan jasa.

Dengan fitur ini juga Anda bisa melengkapi detail produk yg Anda jual secara lengkap mulai dari foto, harga, dan juga deskripsi. Bahkan calon pelanggan Anda bisa menggunakan fitur ini untuk melakukan tawar menawar. Fitur ini yang tidak dimiliki oleh beberapa e-commerce lainnya. 

Cek Konten Lainnya:
5+ Cara Memulai Bisnis Undangan Digital dengan Website

2. Fitur katalog yang dapat tampil secara live

Tidak ada yang namanya kewalahan untuk mengupload katalog di Facebook Shops. Karena proses upload semudah upload album foto pada akun Facebook pribadi Anda.

Selain itu, setelah proses upload semua produk dan kategori akan muncul secara live. Anda juga bisa mengupdate jumlah stok produk di akun Facebook Shop. 

3. Seluruh fitur Facebook Shop tidak dipungut biaya

Anda bisa menggunakan seluruh fitur pada Facebook Shop secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun!

Tidak seperti fitur pada aplikasi tertentu yang menyarankan Anda menjadi pelanggan premium untuk membuka fitur-fitur atau layanan tertentu. Tentunya hal ini akan semakin memudahkan Anda untuk memakai Facebook Shop sebagai platform jual beli barang Anda. 

4. Bersifat mobile friendly

Sebagian besar pengguna internet biasanya diakses pada mobile atau handphone, maka dari itu Facebook Shop dirancang sebagai mobile friendly.

Jadi, tidak perlu khawatir jika calon pelanggan Anda tidak dapat membuka Toko Anda melalui komputer karena fiturnya sudah mendukung diakses dengan mobile. Pelanggan Anda akan dijamin bisa bertransaksi dengan aman dan nyaman. 

5. Dilengkapi dengan fitur messenger

facebook shop
Photo by cottonbro from Pexels

Semakin lengkap dengan fitur messenger yang bisa memudahkan Anda untuk mempererat hubungan Anda dengan calon pelanggan.

Cloud VPS

Kolom chat Messenger akan tampil di halaman utama website dan di halaman Facebook Shops sehingga pelanggan bisa mudah menjangkau Anda.

6. Menganalisa data dengan mudah 

Facebook juga sudah merancang fitur insight yang bisa digunakan Anda sebagai pemilik bisnis untuk melakukan analisis terkait dengan produk, maupun halaman Toko Anda. Anda juga bisa melacak aktivitas pelanggan Anda dengan jumlah engagement, like, share, klik, dan lain-lain sehingga Anda bisa menganalisa mana produk yang paling disukai oleh pelanggan Anda. 

Cek Konten Lainnya:
Cara Membuat Email Perusahaan Paling Mudah

Itu dia rangkuman tentang fitur-fitur yang dimiliki oleh Facebook Shop, semoga bisa menjadi gambar bagi Anda yang ingin mengoptimalkan kegiatan promosi Anda lebih luas dengan menambah channel seperti Facebook Shop.

Apabila Anda ingin menambah channel online pribadi yang bisa Anda rancang sesuai dengan keinginan, Anda bisa memakai layanan Jagoan Hosting Toko Online, dengan harga paling murah Anda akan mendapatkan fasilitas terlengkap seperti, Cloud Hosting Terbaik, Domain Pilihan Dan Template WordPress Premium. Menarik bukan? Ayo konsultasikan kebutuhan toko onlinemu dengan Jagoan Hosting! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
manajemen proyek perangkat lunak
Read More
Manajemen Proyek Perangkat Lunak, Apa Itu?
Manajemen proyek perangkat lunak, kamu pernah dengar tentang ini nggak, Sob? Apakah manajemen proyek perangkat lunak ini beda…
apa itu Affiliate Marketing
Read More
Apa itu Affiliate Marketing? Ini Tips Sukses Menjalankannya!
Apa itu Affiliate Marketing? Tunggu dulu, Sebelumnya apakah kalian ingin dapat dan menghasilkan uang kapan saja, dari mana…