Salah satu profesi yang mulai banyak di incar adalah Product Manager, Saat ini perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, sangat memerlukan seorang.yang mengisi posisi ini. Mengapa? Artikel ini akan membahas tentang secara dalam tugas dan tanggung jawab, kemampuan, dan gaji product manager

Mengenal Profesi Product Manager

Product Manager adalah menghasilkan suatu produk dengan kualitas yang baik, dan mampu menerjemahkan the right product. Seorang product manager harus mampu membuat relevant product yang sesuai dengan masalah yang dihadapi oleh user.

Bisa dikatakan jika posisi ini yang mengelola produk dan apapun yang berkaitan dengan sebuah produk. Jadi mulai dari proses ideasi, eksekusi ide, hingga operasional produk akan  menjadi tanggungan jawab product manager.

Seorang product manager harus piawai dalam berkoordinasi dengan para stakeholders dan membuat fitur yang bermanfaat untuk user dengan segala keterbatasan yang ada baik dari sisi resources maupun waktu. Hal tersebut berarti product manager harus memahami seluruh aspek bisnis suatu perusahaan.

Tugas dan Tanggung Jawab Product Manager

Bagaimana dengan tugas dan tanggung jawab profesi product manager? Kamu mungkin sudah bisa mendapatkan pandangan tentang tugas dan tanggung jawabnya dari definisi diatas. Dalam manajemen produk terdapat diagram venn yang sering digunakan dalam manajemen produk.

Diagram Product Manager
Diagram Venn Product Manager

Dari diagram tersebut dapat disimpulkan jika posisi PM berada di overlap antara UX, tech, dan business. Jadi seorang product manager akan menjembatani antara ketiga bidang tersebut untuk menciptakan produk.

Ada banyak tugas seorang Product Manager. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Melakukan riset produk dan Mendefinisikan strategi dan roadmap sebuah produk.
  • Menangani Masalah Produk, Memantau performa produk dan menentukan area yang perlu dibenahi dari produk tersebut.
  • Menentukan spesifikasi produk dengan rinci.
  • Jalin komunikasi dan Berkolaborasi dengan tim lain (engineering, finance, customer service, dll) untuk mengembangkan produk.

Kemampuan yang Harus Dimiliki Product Manager

Terdapat beberapa kemampuan atau skill yang harus dimiliki seorang product manager. Skill ini harus dimiliki agar pekerjaan tersebut dapat berjalan dengan lancar. Apa saja skill yang harus dimiliki dimiliki:

  • Kemampuan menganalisa dan memahami data, Menganalisa dan memahami data merupakan kemampuan yang harus dimiliki seorang PM. Dengan adanya data dapat membantu seseorang dalam memahami beberapa aspek dari performa sebuah produk, serta untuk memvalidasi ide. Data analis sangat membantu menentukan keputusan. Baik dalam hal strategi bisnis, dan pengembangan produk.
  • Memiliki pemikiran strategis, Seorang PM harus memiliki pemikiran yang strategis mengapa produknya penting dan apa yang ingin dicapai oleh produk tersebut. Jadi seorang PM diharuskan tahu setiap detail dari produknya dan memikirkan strategi apa yang perlu dilakukan agar produk tersebut berhasil.
  • Project Management, Dalam dalam project management terdapat tiga elemen utama yaitu scope, time, dan resources. Seorang PM harus harus mampu membuat product roadmap dalam jangka waktu tertentu sebagai guideline agar tetap fokus dan melakukan feature prioritization mana yang lebih memberikan impact lebih besar
  • Kemampuan komunikasi yang baik, Karena PM seseorang yang menjembatani berhubungan dengan beragam divisi. Mulai dari Developer hingga Marketing. Itulah mengapa kemampuan interpersonal penting untuk dimiliki. Sehingga PM harus tahu bagaimana cara agar dapat berkomunikasi yang baik, mulai dari memimpin rapat hingga bernegosiasi.
  • Mengerti coding, Karena PM harus berhubungan dan berkolaborasi dengan tim developer untuk menciptakan produk, Maka setidaknya Seorang PM harus memahami coding. Dengan memahami coding seorang PM dapat membantu tim saat berhadapan dengan suatu tantangan dan proses pengembangan. Untuk itulah kamu harus belajar coding jika ingin menjadi product manager.
  • Keahlian Teknis, Seorang PM harus memiliki keahlian teknis dengan arsitektur produk dan kemampuan dalam melakukan identifikasi bug. Dengan kemampuan ini diharapkan seorang PM harus memahami kendala teknis yang dihadapi tanpa perlu harus berkonsultasi terlebih dahulu.

Gaji seorang Product Manager

Berapa Gaji Product Manager? Profesi Product manager sangat penting dalam perusahan. Profesi ini menjadi bagian terpenting bagi perusahaan rintisan atau startup.

Gaji Product Manager
Gaji Product Manager di Indonesia

Gaji Product Manager beragam, Hal tersebut berdasarkan pengalaman dan jenjang karir. Di Indonesia, Berdasarkan informasi situs lowongan kerja, Gajinya berkisar antara 4 Juta hingga 10 Juta perbulannya. Gaji tersebut tentunya berdasarkan lokasi dan perusahaan tempat bekerja.

Berdasarkan informasi Glassdoor and Payscale.com, Gaji Product Manager di US  bisa mencapai 67 Juta/bulan bahkan bisa mencapai ratusan juta perbulan. Hal tersebut tentunya merupakan nilai yang fantastis, Kembali lagi jika profesi ini merupakan posisi yang sangat penting dalam sebuah perusahaan, Dan gaji tersebut sangat sepadan dengan tugas dan tanggung jawabnya.

Profesi product manager merupakan profesi yang sangat penting dalam perusahaan,Tugas dan tanggung jawabnya begitu besar. Namun dari itu semua, Salary yang diterima sebanding dengan itu semua. Jika kau tertarik pada profesi ini kamu bisa mulai mempersiapkan diri.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like