Cara Custom OS VPS KVM di Jagoan Hosting

Latest posts by Eka Zahara (see all)

Halo sobat Jagoan! 

Kamu sudah order layanan VPS KVM? Tapi OS yang kamu inginkan belum ada di X-Cube? Tenang tenang, tidak perlu khawatir. Meskipun OS yang kamu butuhkan tidak ada di X-Cube, kamu tetap bisa install OS sesuai kebutuhan kamu. Caranya adalah dengan upload ISO ke layanan VPS KVM. 

Sebelum itu, apa itu ISO? ISO adalah sebuah format file yang berisi salinan dari data yang ada pada disk optik seperti CD atau DVD. Seiring berkembangnya teknologi file ISO semakin mudah disimpan secara digital dan semakin luas pemanfaatannya. Salah satu penggunaannya adalah sebagai backup atau sebagai format file OS, program, dan aplikasi.

Sebelum memulai proses upload ISO di VPS KVM, pastikan kamu sudah menyiapkan hal-hal ini, sob :

  • Akses member area
  • VPS aktif dengan tipe KVM
  • File ISO yang sudah di upload atau URL ISO

Jika sudah memenuhi hal-hal tersebut, kamu bisa melanjutkan untuk melakukan proses upload ISO. Simak langkah-langkah di bawah ini ya, sob.

1. Masuk ke Enduser Panel

Pertama-tama, pastikan kamu sudah login ke  member area terlebih dahulu. Jika sudah lanjutkan dengan membuka halaman layanan VPS  KVM kamu dan klik pada menu Enduser Panel yang akan kamu temukan di bagian sidebar kiri.

Cara Custom OS VPS

2. Upload ISO

Apabila kamu sudah masuk ke halaman Enduser Panel, lanjutkan proses dengan upload ISO dari menu ISO lalu Add ISO

Cara Custom OS VPS

Setelah itu kamu harus mengisikan kolom ISO URL dan kolom ISO File Name. ISO url bisa kamu dapatkan di website resmi dari OS atau program yang akan kamu install contoh dari ISO URL adalah https://developers.redhat.com/content-gateway/file/rhel/9.1/rhel-baseos-9.1-x86_64-boot.iso. Kemudian untuk ISO File Name bisa diisikan dengan penamaan ISO yang kamu upload contohnya rhel-baseos-9.1-x86_64-boot.iso.

Cara Custom OS VPS

Sebagai contoh untuk ISO url dari Linux bisa kamu cek di halaman di bawah ini :

Namun jika kamu memiliki file ISO custom milikmu sendiri, kamu bisa upload ke platform yang bisa diakses secara public, contoh url nya sebagai berikut :

  • Situs Public seperti VPS akses menggunakan IP maupun domain

http://192.0.2.123/myisos/Ubuntu.iso

https://domainku.com/iso/KaliLinux.iso
  • Dropbox
https://dl.dropboxusercontent.com/u/{example}/pfsense.iso
  • Google Cloud Storage (bukan Google Drive). Untuk url Google Drive tidak bisa digunakan jadi pastikan untuk tidak upload file ISO kamu di Google Drive.

Setelah mengisikan dua kolom tersebut, kamu bisa melanjutkan untuk klik tombol Add ISO. Tunggu beberapa saat muncul notifikasi bahwa ISO kamu berhasil di-upload.

Cara Custom OS VPS

3. Mounting ISO

Tidak selesai hanya di upload ISO saja. Kamu perlu untuk melakukan proses mounting ISO supaya ISO kamu bisa terhubung ke VPS sebelum instalasi OS atau program. Silakan masuk ke VPS KVM kamu, kemudian menuju ke menu Settings >> VPS Configuration

Lakukan perubahan pada beberapa hal ini :

  • Boot Order : Ubah menjadi opsi 1) CD Drive 2) Hard Disk

Tujuannya adalah untuk mengubah prioritas boot dari VPS kamu untuk mengarah ke ISO yang sudah di upload

  • Select ISO : Pilih ISO yang sudah di upload sebelumnya
  • VNC : Checklist pada opsi VNC

Setelah itu lanjutkan dengan melakukan submit.

Cara Custom OS VPS

Apabila konfigurasi mounting sudah di submit, lanjutkan dengan melakukan restart pada VPS kamu menggunakan tombol restart di bagian kanan atas. Tujuan proses restart adalah untuk menjalankan konfigurasi terakhir yang telah disimpan.

Cara Custom OS VPS

Setelah proses restart selesai dilakukan, kamu bisa konek ke VPS kamu melalui VNC yang tombolnya berada di samping tombol restart. Fungsi dari VNC sendiri adalah supaya kamu bisa masuk ke VPS untuk melakukan instalasi OS atau program kamu tanpa menggunakan SSH.

Cara Custom OS VPS

Klik Launch 

Cara Custom OS VPS

Jika sudah berhasil konek melalui VNC, selanjutnya kamu bisa melakukan proses instalasi OS atau programnya terlebih dahulu.

4. Unmounting ISO

Langkah terakhir adalah melakukan unmounting ISO. Hal ini hanya dilakukan apabila proses instalasi OS atau program kamu sudah selesai ya, sob. Jika sebelumnya kamu sudah melakukan mounting ISO untuk menghubungkan ISO ke VPS maka unmounting adalah sebaliknya. Bertujuan untuk melepaskan ISO instalasi dari VPS kamu. Jadi ketika mengakses VPS kamu tidak akan lagi diarahkan ke proses instalasi OS atau program dari ISO kamu.

Secara garis besar untuk proses unmounting ISO kamu perlu melakukan langkah sebaliknya dari proses mounting ISO. Sehingga kamu perlu menuju ke menu Settings >> VPS Configuration

  • Boot Order : Kembalikan menjadi opsi 1) Hard Disk 2) CD Drive
  • Select ISO : Pilih opsi None

Setelah itu klik Submit.

Cara Custom OS VPS

Lakukan restart kembali pada VPS KVM kamu untuk memastikan konfigurasi yang sudah disimpan berjalan di VPS.

Nah, untuk sekarang kamu sudah bisa menggunakan OS atau program secara custom sesuai dengan kebutuhanmu. Jika mengalami kendala atau ada yang ingin ditanyakan, kamu bisa menghubungi tim support melalui tiket atau chat di member area ya, sob!

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 0 / 5. Dari total vote 0

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?