Admin Tutorial

Pengantar

Halo Sob, bagi kamu yang memiliki bisnis atau perusahaan, tentu kamu wajib sekali memiliki website company profile. Website ini yang nantinya akan menunjang aktivitas bisnis tersebut.

Dan jangan khawatir, cara membuatnya juga cukup mudah loh, dan kamu juga bisa membuatnya sendiri. Apalagi jika kamu sudah memiliki Hosting sendiri. Oleh karena itu, di tutorial Jagoan kali ini kamu akan melakukan cara pembangunan website company profile, langsung saja simak Sob!

Prasyarat

Pastikan kamu memiliki akses ke member area dan cPanel.

Menginstall WordPress

Sebelum membangun website menggunakan WordPress, kamu harus menginstall softwarenya terlebih dahulu. Untuk melakukan instalasi kamu bisa lewat cPanel. Pilih pada bagian Software > Softaculous Apps Installer > pilih WordPress > Install.

Setelah memilih Install, ada beberapa opsi yang harus kamu isi, seperti nama situs, deskripsi situs, username, password, dan database, seperti gambar di bawah ini.

intall-wp

install-wp-2

install-wp

pilih-install-wp

Jika instalasi sudah selesai, maka akan muncul halaman yang berisikan dua alamat URL. Pertama URL ke situs kamu, kedua URL ke halaman administrator. 

link-wp

Cara Membuat Website Company Profile dengan WordPress 

Login Dashboard

Setelah instalasi selesai, login ke halaman administrator situs WordPress kamu dengan memilih URL yang kedua, lalu akan muncul halaman Dashboard WordPress. Di halaman ini terbagi menjadi 3 bagian, diantaranya.

1. Toolbar : di toolbar, kamu bisa mengatur bagian profil di bagian pojok kanan atas, selain itu juga terdapat notifikasi jika ada komentar yang masuk ke situs kamu.

2. Navigasi : di menu navigasi kamu dapat menerbitkan konten, mengunggah media, menambah halaman,dll. Sebagian besar aktivitas dilakukan di sini.

3. Area kerja utama : di bagian area kerja dibagi lagi menjadi 4 yaitu,

  • At a glance, untuk menampilkan jumlah post, jumlah halaman, komentar, dan juga versi WordPress yang kamu gunakan.
  • Activity, tempat untuk menunjukkan informasi singkat mengenai post dan komentar terbaru.
  • Quick draft, merupakan tempat dimana kamu bisa menuliskan ide untuk konten, namun kamu tetap harus menerbitkan kontennya di menu utama.
  • WordPress news, untuk menampilkan berita terbaru dari WordPress.

halaman-wp

Menginstall dan Mengaktivasi Tema

Untuk menginstall tema, kamu harus mencarinya terlebih dahulu. Caranya masuk ke menu Appearance > Themes > Add New. 

Lalu akan muncul halaman seperti ini, jika kamu ingin memfilter tema khusus company profile, pilih Feature Filter, atau bisa langsung tuliskan nama temanya, di tutorial kali ini kita akan menggunakan tema Hestia. Jika tema sudah muncul, pilih Install, lalu Activate, maka otomatis tema akan langsung diterapkan.

install-tema

Melengkapi Identitas Perusahaan

Karena akan membuat website company profile, maka identitas perusahaan sangat penting di sini. Maka dari itu kita akan membuatnya. Pilih Appearance > Customize.

pilih appearance-cutomize

Lalu pilih Site Identify.

pilih-site-identify

Setelah memilih Site Identify, maka akan muncul halaman seperti di bawah. Kamu bisa mengisikan Site Name nya ke nama perusahaan kamu, menambahkan tagline, dan logo perusahaan.

pilih-logo-site-tagline

Membuat Halaman

Untuk membuat website yang terlihat profesional, setidaknya harus ada 2 halaman penting, yaitu About Us dan Contact Us. Caranya pilih Dashboard di bagian navigasi, lalu pilih New, Page. 

pilih-add-new-page

Selanjutnya muncul tampilan untuk pembuatan page baru, tuliskan judul halaman dan konten halaman tersebut, lalu pilih Publish.

membuat-halaman

Nah, kamu bisa melakukan langkah di atas untuk membuat halaman About Us, dan Contact Us. Bagi kamu yang belum paham mengenai dua halaman tersebut, biar mimin jelaskan sebentar.

Halaman About Us : halaman ini biasa disebut Tentang Kami. Yang berisikan profil perusahaan seperti sejarah, latar belakang, hingga visi dan misi.

Halaman Contact Us  : untuk halaman ini biasa disebut Kontak Kami. Berisikan kontak dari perusahaan kamu, agar para pengunjung bisa menghubungimu dengan mudah. 

Mengatur Homepage

Setelah membuat identitas perusahaan, selanjutnya kamu akan membuat homepage atau halaman utama. Homepage adalah halaman yang pertama kali muncul saat orang lain membuka website kamu. Caranya buka menu Appearance > Customize.

pilih-customize

Lalu akan tampil seperti halaman di bawah ini, dan klik Homepage Settings.

pilih-homepage-settings

Selanjutnya, ubah opsi ke A static page, dan pilih Sample Page

pilih-static-page

Menampilkan Identitas Perusahaan

Setelah membuat Homepage, kamu juga bisa mengeditnya dengan cara pilih menu Appearance > Customize > Frontpage Sections > Big Title Section. Pada halaman ini kamu bisa memasukan judul, teks singkat mengenai perusahaan kamu, dan juga memasukan gambar untuk background halaman. 

mengisi-identitas-perusahaan

Menambahkan Deskripsi Singkat Perusahaan

Selain menampilkan identitas perusahaan, kamu juga bisa menambahkan deksripsi singkatnya loh. Nah, caranya cukup mudah kamu perlu masuk menu Pages > Sample Page dan pilih Edit.

pilih-pages-sample-page

Lalu, akan tampil halaman dalam mode edit seperti di bawah ini, di sinilah kamu bisa mengedit deskripsinya.

deskripsi-singkat-perusahaan

Menambahkan Menu

Untuk memudahkan pengunjung website menemukan informasi yang mereka perlukan, maka dari itu kamu harus membuat sebuah menu di website kamu, caranya masuk ke bagian Customize > Menus.

pilih-menus

Lalu nanti akan muncul tampilan seperti di bawah, di sini kamu bisa memasukan nama menunya dan pilih Primary Menu, dan klik Next.

tulis-nama-menu-primary

Setelah itu klik Add Items, dan pilih halaman yang ingin ditampilkan di bagian Menu. Contohnya mimin akan menambahkan halaman about us, contact us, dan sample page dan jangan lupa pilih Published.

pilih-add-item

Menambahkan Whatsapp

Selain menambahkan contact from atau halaman contact us, kamu juga bisa menambahkan media komunikasi lainnya loh Sob, contohnya adalah Whatsapp. Nah, berikut cara memasang aplikasi Whatsapp di website company profile kamu.

  • Pertama, buka situs WhatsHelp
  • Selanjutnya pilih aplikasi yang ingin kamu pasang.

membuat-tombol-wa

  • Tuliskan konten CTA (Call to Action) untuk aplikasi tersebut dan kamu juga bisa mengubah warnanya.

buat-tombol-wa-1

  • Masukan email untuk mendapatkan kode pemasangan aplikasi, masukan kode, dan pilih tombol Get Button Code.

buat-tombol-wa-2

Contoh Website Company Profile

Setelah mengikuti semua langkah di atas, berikut ini hasil tampilan website company profile yang sudah mimin buat. Gimana, keren kan?

hasil-website

Penutup

Nah Sob, sampai sini website company profile tersebut sudah selesai, cukup mudah kan? Kali ini giliran kamu yang mempraktekkan ya Sob, semoga berhasil! 

 

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 1.3 / 5. Dari total vote 3

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

1 Comment

  1. […] Cara membuat website company profile dengan WordPress – August 18, 2020 […]