Cari tutorial

Tutorial Mengubah Tema WordPress Melalui Database

Halo Sob! Kamu bosen dengan tema wordpress yang gitu gitu aja? kamu bisa mengganti tema wordpress kamu, Loh! Kita akan bahas bareng cara mengganti tema wordpress kamu.

Perlu diketahui, Sob, ada hal hal yang harus kamu perhatikan saat melakukan pergantian tema. Simak informasinya berikut ini:


Beberapa Hal yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengganti Tema WordPress


  1. Informasi login ke control panel hosting, yaitu url, username dan password login.
  2. Mengetahui nama database yang digunakan untuk wordpress Kamu, pertama anda masuk pada File Manager lalu mencari file bernama wp-config.php. setelah itu Kamu dapat membukanya dengan cara klik kanan lalu View, setelah itu Kamu dapat melihat informasi mengenai database Kamu seperti pada gambar.

    tema wordpress

    Wp Config

  3. Mengetahui Folder dimana Tema tersimpan, Kamu dapat mengakses public_html > wp-content > themes. Di sini akan ada beberapa tema default yang Kamu dapat gunakan untuk menjadi tema sementara.

tema wordpress

Folder Tema


Nah, setelah kamu sudah selesai dengan persiapan sebelum mengganti tema, kamu bisa ikuti cara mengganti temanya langsung disini:

Tutorial Mengganti Tema WordPress


STEP 1 : Login dahulu ke dalam cPanel Kamu


STEP 2 :  Lalu cari menu PhpMyAdmin, Kamu dapat menggunakan pencarian pada tema wordpress atau langsung mencari pada kategori Database.

tema wordpress

Pilih PHP My Admin


STEP 3 : Setelah itu Kamu dapat memilih nama database yang anda gunakan lalu pilih wpw4-options. Lalu centang "Tampilan Semua" atau set jumlah baru menjadi 50. Hal ini dilakukan agar database yang kita cari terlihat tanpa mengakses page 2.

tema wordpress

Pilih wqw4 Options


STEP 4 : Carilah Template dan Stylesheet pada kolom option_name. Di sini Kamu dapat mengganti option_value dengan nama tema yang tersedia pada folder tema kamu seperti gambar persiapan no 3. Kamu hanya perlu klik 2x pada nama temanya untuk mengedit.

tema wordpress

PHP MyAdmin

Note : Apabila nama file salah, pengeditan nama tidak akan berhasil dan muncul pesan error


STEP 5 : Setelah itu Kamu dapat menutup halaman PhpMyAdmin dan mengecek halaman web Kamu.


Nah, itu dia tutorialnya, ingat sob kamu harusmelakukan hal hal yang harus dilakukan sebelum melakukan pergantian tema, agar halaman kamu tidak memunculkan error atau blank page. Simak terus Tips Hosting di halaman tutorial Jagoan Hosting Indonesia ya, jika ada bagian dari tutorial yang tidak ditemukan, kamu bisa menghubungi teman-teman di Jagoan Hosting supaya bisa dibantu lebih lanjut melalui Live Chat atau fitur Open Tiket ya!

#LebihMerdeka buat dapetin .COM TERMURAH 78RB disini. Mau?

Ambil Sekarang!