10 Plugin Kecepatan WordPress agar Lebih Cepat

plug in
plug in

Menjadi CMS yang paling populer di dunia, WordPress memiliki ribuan plugin yang dapat digunakan oleh siapapun dalam mengoptimais WordPress mereka. Termasuk untuk meningkatkan kecepatan akses website WordPress dari sisi pengunjung. Meski banyak yang mengatakan, beberapa plugin tidak memberikan efek yang besar, justru membuat website semakin lambat. Tapi ini tidak terjadi ketika Anda menggunakan 10 plugin pilihan ini untuk meningkatkan kecepatan WordPress. Apa saja itu?

W3 Total Cache

W3 Total Cache

W3 Total Cache adalah salah satu plugin yang paling banyak digunakan di WordPress. Caching memang baik digunakan untuk lebih meringankan kerja suatu website dalam mengambil dan menampilkan informasi yang diperintahkan. Dengan plugin W3 Total Cache kita bisa dengan mudah mengakses suatu halaman, objek atau bahkan database. Di link berikut ini Anda bisa mendapatkan plugin ini.

GTMetrix for WordPress

GTmetrix-Plugin

Seperti yang kita tahu, GTMetrix memiliki fungsi untuk memantau seberapa cepat website kita saat diakses. Dengan GTMetrix kita bisa menganalisa kinerja dari website kita. Mulai dari waktu buka, ukuran halaman sampai dengan jumlah permintaan dan link laporan lengkapnya. Dengan GTMetrix Plugin untuk WordPress, Anda bisa menambahkan API plugin ini di website Anda. Dan memantaunya secara harian, mingguan, ataupun bulanan. GTMetrix bisa langsung terpasang di dashboard WordPress Anda.

Cloudflare WordPress Plugin

cloudflare

Cloudflare WordPress Plugin dapat membantu Anda memastikan bahwa website Anda sudah dioptimasi dengan layanan Cloudflare. Sejauh ini ia dapat memastikan bahwa IP hosting website Anda tidak berubah. Plugin ini mencakup sejumlah manfaat lain, seperti informasi SPAM dari Cloudflare, sehingga kita bisa membuat perlindungan terbaik. The Cloudflare WordPress Plugin juga memastikan bahwa database server Anda bisa berjalan secara optimal dan tidak mempengaruhi kecepatan akses website Anda.

Cek Konten Lainnya:
33+ Tema WordPress Gratis (Pilihan Terbaik) di 2024

P3(Plugin Performance Profile)

P3

Jika website WordPress Anda masih saja lambat, mungkin dengan plugin ini website Anda bisa mendapatkan laporan tentang masalah yang menyerang website Anda. Plugin P3 akan melihat instalasi plugin di WordPress Anda, dan mengukur setiap dampak dari plugin pada suatu waktu secara menyeluruh. Dengan laporan berupa grafik dan profile yang dapat membantu Anda melaporkan apa saja yang terjadi di plugin WordPress Anda.

Baca juga: Apa itu Plugin? Jenis dan Fungsi Lengkapnya

WP Super Cache

wpsupercache

WP Super Cache adalah plugin paling favorit yang memanfaatkan fitur cache dalam sebuah website. Dengan plugin ini kita hanya akan menggunakan 1 menit waktu kita untuk mengatur plugin ini. Plugin ini memang memudahkan penggunanya untuk mengatur website dengan cepat dan mampu dinikmati dengan sangat baik oleh pengunjung website.

WP Rocket

wp-rocket

Dinikmati oleh kurang lebih 26000 website WordPress di seluruh dunia, plugin ini secara sederhana mampu memberikan hasil yang besar meski dengan usaha yang sangat minim. Plugin ini bisa langsung diaktifkan setelah instalasi dan aktivasi WordPress. WP Rocket dapat memastikan bahwa gambar dan konten lain seperti HTML, CSS dan Javascript tidak sedikitpun memberatkan website Anda.

Baca juga: Apa itu Cache? Ini Pengertian, Manfaat & Jenis-Jenisnya

WP Fastest Cache

wp-fastest-cache

Lagi-lagi fitur caching yang kembali dimanfaatkan untuk meningkatkan performa dan kecepatan akses website. Dengan Fastest Cache kita dapat memblokir cache pada suatu halaman tertentu. Plugin ini memungkinkan kita untuk mengaktifkan dan menonaktifkan caching untuk perangkat mobile dan menggunakan login secara terpisah. Dan cache tercepat dapat memberikan dukungan dengan CDN.

jsDelivr

jsDelivr-WordPress-CDN-Plugin

Lain dengan fitur cache, plugin yang satu ini akan lebih mengutamakan optimasi Javascript dalam memaksimalkan kinerja website. jsDelivr adalah CDN gartis, dimana Javascript dapat digunakan oleh hosting file website secara gratis.

Cek Konten Lainnya:
8 Cara Membuat Website Travel dengan WordPress

WP-Optimize

wp-optimize

Sebuah Plugin WordPress yang sangat penting untuk mendukung percepatan akses website, yaitu WP-Optimize. Dan bisa jadi Plugin ini harus ada di setiap website WordPress. Karena dengan plugin ini, beban di dalam website akan lebih ringan dari biasanya. Plugin ini bekerja dengan mengoptimalkan database tanpa melakukan query secara manual. Dengan begitu ia akan membersihkan semua string database yang tidak perlu. Hingga membuat website Anda menjadi lebih cepat.

LiteSpeed Cache for WordPress

litespeed

LiteSpeed Cache for WordPress(LSCWP) adalah sebuah plugin berbasis PHP yang dapat digunakan langsung ketika sudah diinstalasi dari LiteSpeed Web Server(LAWS) dan membangun halaman cache yaitu LSCache. Karena LSCache dibangun langsung ke LSWS, hingga mengurangi secara signifikan beban akses website.

Nah, menggunakan plugin di WordPress bisa menjadi pelengkap untuk meningkatkan performa website kita. Memang benar, memilih plugin yang baik adalah keharusan kita. Tapi ini tidak mengharuskan kita untuk menginstall banyak plugin agar memenuhi semua kebutuhan websit kita. Dan ini juga harus diimbangi dengan web hosting yang memang khusus digunakan untuk WordPress.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
cara setting yoast seo
Read More
Begini Cara Setting Yoast SEO Terbaru, Mudah dan Praktis!
Salah satu hal yang dapat Sob lakukan agar website muncul di halaman pertama pencarian Google adalah dengan cara…
template wordpress seo responsive gratis
Read More
5 Rekomendasi Template WordPress SEO Responsive Gratis
Salah satu strategi marketing yang bisa kamu lakukan adalah memiliki website yang SEO Friendly. Website yang ramah SEO…