17 Langkah Memulai Bisnis Sampingan Saat Sedang Bekerja

17 Langkah Sederhana untuk Memulai Bisnis Saat Anda Sedang Bekerja
17 Langkah Sederhana untuk Memulai Bisnis Saat Anda Sedang Bekerja

Jika Anda bermimpi memiliki sebuah usaha namun saat ini Anda masih menjadi seorang karyawan di sebuah perusahaan milik orang lain, maka Anda abisa melakukan 17 tips sederhana ini untuk memulai bisnis di saat Anda sedang menitih karir.

Anda mungkin merasa ingin berdiri sendiri dengan memulai bisnis. Tapi kesulitan yang pastinya muncul seperti mengatur waktu, modal dan beberapa kesulitan lainnya. Tapi beberapa orang sudah berhasil melakukan ini dan mengembangkan bisnis mereka tanpa meninggalkan pekerjaan utama mereka.

Berikut ini langkah-langkah seperti yang dilakukan banyak pebisnis, yaitu

1. Langkah pertama Anda adalah dengan menetapkan VISI bisnis Anda

Memulai bisnis bukan hanya sekedar keinginan tanpa tujuan. Siapapun yang ingin memulai bisnis, terlebih ketika dirinya masih berstatus karyawan di sebuah perusahaan harusnya memiliki VISI yang pasti. Visi ini memberitahu kita apa dan bagaimana kita harusnya menjalankan bisnis. Saat Anda mengembangkan visi ini, maka kita akan fokus untuk mencari cara terbaik untuk memulainya. Kebanyakan bisnis yang sukses merasa perlu dan kemudian menemukan cara untuk memenuhi kebutuhan itu.

Cek Konten Lainnya:
20+ Kerja Sampingan Bisa buat Karyawan hingga Mahasiswa

2. Selain Visi Anda juga harus memiliki MISI yang jelas

Misi memnag tidak sama dengan visi. VISI adalah tentang dimana tujuan Anda akan dijalankan, dan misi adalah tentang cara apa saja yang ingin Anda lakukan. Anda pun harus melengkapi visi dengan misi yang jelas.

3. Kembali perbaiki tujuan Anda

Tetapkan tujuan bisnis Anda secara singkat. Hampir semua pebisnis yang sukses menata kembali apa tujuan mereka dalam memulai bisnis. Ini akan memberitahukan kepada orang lain bahwa bisni Anda benar-benar ada. Tujuan Anda harus menarik dan membawa makna yang jelas untuk karyawan dan bisnis Anda nantinya.

4. Validasi kebutuhan Anda

Anda harus mencaritahu apakah ada pasar yang sesuai dengan visi, produk atau jasa Anda. Cari tahu dimana Anda akan mendirikan bisnis, apakah bisnis Anda sudah sesuai dengan minat Anda.

5. Kembangkan keterampilan Anda

Menjadi seorang pebisnis tentu membuat Anda banyak belajar hal baru dan mengembangkan keterampilan yang sudah lama Anda miliki. Anda bisa memetakan keterampilan yang Anda butuhkan dan apa yang perlu Anda kembangkan.

6. Cari tahu apa yang membuat Anda berbeda

Anda harus tahu apa yang membuat Anda berbeda dari semua pesaing Anda. Apa yang membuat Anda merasa lebih unggul dari mereka. dan apa yang bisa Anda tawarkan kepada pasar melalui bisnis Anda. USP (Unique Selling Preposition) bisa Anda pelajari melalui artikel berikut ini untuk lebih membantu Anda mendapatkan keunggulan dan keunikan dari bisnis Anda.

7. Atur setiap nilai yang Anda miliki

Sebagian besar perusahaan memiliki misi dan visi yang jelas, tetapi beberapa saja yang mampu mengekspresikan nilai-nilai mereka. Dalam satu set nilai-nilai perusahaan menyediakan pedoman untuk pilihan yang Anda buat dan tindakan Anda akan mengambil banyak peran dalam bisnis Anda.

Cek Konten Lainnya:
160+ Nama Brand Aesthetic yang Keren & Cara Menentukan

8. Kerja dengan pitch Anda

Anda harus tahu bagaimana cara mengkomunikasikan dan mengekspresikan apa yang Anda lakukan. Tetap buat penjelasan dengan ringkas, mudah dimengerti dan langsung ke titiknya.

9. Rencanakan langkah dan waktu yang Anda miliki

Semua pebisnis tentu memiliki rencana untuk setiap langkah dan waktu yang mereka miliki. Mereka akan memastikan bahwa kita tidak akan menghabiskan banyak waktu untuk melakukan hal yang tidak menghasilkan apapun. Buatlah rencana jangka pendek dan panjang dari bisnis Anda.

10. Petakan rencana bisnis Anda

Hal ini pada dasarnya sama dengan merencanakan sistem dan strategi bisnis yang komprehensif, dengan definisi dan detail di setiap titiknya. Anda harus memiliki poin bulanan dan tahunan, bersama dengan catatan apa yang dibutuhkan pada setiap langkah untuk diimplementasikan.

11. Delegasikan tugas Anda

Melakukan semua hal di bisnis kita sendiri tentu akan menjadi bomerang untuk kita di masa depan. Sebab tidak semua hal bisa dengan baik kita lakukan dengan usaha kita sendiri. Kita perlu mendelegasikan tugas kepada orang yang cocok melakukannya. Kita bisa menyewa jasa seseorang untuk melakukan banyak hal yang kita butuhkan.

Dedicated Hosting

12. Gunakan jasa penasehat

Selain jasa mentor, kita juga bisa menyewa jasa penasehat untuk berbagai urusan dalam bisnis kita. Seperti jasa keuangan, teknis dan lain sebagainya. Mereka akn membimbing kita melakukan hal yang belum kita tahu atau bahkan kita belum ahli melakukannya.

13. Lalui baris bisnis yang tepat

Pastikan bahwa apa yang Anda lakukan tidak melanggar atau mengambil keuntungan dari pekerjaan yang Anda lakukan sekarang. Usahakan untuk melakukan pekerjaan dengan tidak mengganggu pekerjaan utama Anda.

14. Tetaplah hormat kepada lingkungan

Anda bisa melakukan segala pekerjaan untuk bisnis Anda di saat jam istirahat, di akhir pekan atau bahkan setelah jam kerja usai.

Cek Konten Lainnya:
Inilah 5 Tantangan Sekolah Online Saat Pandemi

15. Belajarlah mengelola modal

Setiap bisnis baru membutuhkan modal, dimana ia akan datang dari dan bagaimana Anda akan meningkatkan modal yang Anda miliki. Anda harus pandai mengelola modal yang sedang berputar di bisnis Anda. Anda harus tegas mengatur keuangan bahkan untuk diri Anda sendiri.

16. Bersabarlah

Sesuatu yang besa tentu membutuhkan waktu yang tida sebentar. Selain kerja keras, Anda juga harus banyak berdoa dan bersabar. Salah satu kualitas terbaik sebagai pebisnis sukses adalah mengembangkan bisnis dengan penuh kesabaran.

17. Beranilah mengambil resiko

Salah satu kunci sukses pebisnis adalah berani mengambil resiko. Mengambil resiko seperti kehilangan waktu berkumpul dengan keluarga dan lain sebagainya.

Begitulah setidaknya 17 tips yang bisa dilakukan bagi Anda yang masih berstatus karyawan dan ingin menjalankan bisnis. Anda bisa sukses dengan cara yang mudah tanpa merugikan siapapun. 🙂

CTA JagoanHosting.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Seseorang membuka e-commerce lewat HP
Read More
Pengertian E-commerce, Contoh dan Bedanya dari E-business
Kamu suka berbelanja secara online? Pasti sudah tidak asing dengan istilah e-commerce. Singkatnya, e-commerce adalah ‘pasar’ di dunia…
Peluang usaha di masa pandemi
Read More
7 Peluang Usaha di Masa Pandemi yang Dijamin Cuan dan Populer
Kelangsungan bisnis masih menjadi sebuah tantangan tersendiri ketika virus Covid-19 masih melanda masyarakat global. Namun, terlepas dari hal…