Belakangan ini Podcast mulai hype di beberapa kalangan, Banyak orang mulai mencoba membuat podcast baik untuk tujuan konten semata atau membangun sebuah brand. Tapi, Apa itu Podcast sebenarnya?

Sebelum itu, Podcast merupakan salah satu cara terbaik untuk mengembangkan koneksi intim dengan pengikut atau pelanggan potensial. Jika kamu seorang youtuber kamu bisa membuat podcast untuk konten, Sedangkan untuk pebisnis bisa membangun reputasi.

Apa itu Podcast?

Podcast adalah rekaman diskusi audio tentang topik tertentu, seperti bisnis atau perjalanan, yang dapat didengarkan. Podcast berbentuk siaran audio, Biasanya sering ditemukan di iTunes dan Spotify tetapi saat ini mulai berkembang menjadi konten youtube.

Salah satu alasan Podcast menjadi salah satu konten yang cukup diminati yaitu karena Dapat didengarkan saat bepergian, saat bepergian ke kantor atau bahkan saat bekerja. Hal itu karena kita tidak harus melihat secara visual sesi podcast.

Podcasting membantu dalam membangun reputasi, mengarahkan lalu lintas ke website, berbagi informasi, dll. Karena semakin banyak orang yang mendengarkan podcast, Saat ini banyak orang yang mulai terjun untuk mencoba membuat Podcast.

Jenis-Jenis Podcast

Jika kamu bertanya-tanya bagaimana cara memulai podcast, Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah memutuskan jenis podcast apa yang akan kamu buat. Berikut beberapa jenis podcast yang bisa kamu pilih :

  • Interview Podcast, Sesuai dengan namanya, Podcast jenis ini merupakan podcast dimana host akan mewawancarai tamu (narasumber) yang berbeda pada setiap episode. Salah satu contoh podcast ini adalah Podcast Deddy Corbuzier di Channel Youtube Nya.
  • Solo Podcast, Podcast ini biasanya bersifat monolog, Jadi Podcast ini hanya dengan satu orang. Biasanya Podcast ini digunakan untuk menyampaikan opini, tanya jawab ataupun berbagi informasi antara pembuat Podcast dan pendengar.
  • Multi Host Podcast, podcasting ini memiliki dua host atau lebih, Podcast multi-host menawarkan diskusi yang memiliki pendapat dan perspektif yang berbeda, yang dapat membawa nilai hiburan lebih bagi pendengar yang suka mendengarkan percakapan dan debat alih-alih satu orang berbicara.

Sudah tahu akan membuat podcast yang seperti apa? Selanjutnya kamu akan belajar dan mengetahui bagaimana caranya, Apa saja yang dibutuhkan, dan tips-tips membuat podcast agar menarik para pendengar. 

Bagaimana Cara Membuat Podcast?

Membuat Podcast
Peralatan Podcast

Jika kamu bertanya-tanya bagaimana cara memulai podcast, Mungkin terdapat banyak cara yang harus dilakukan. Namun dalam hal ini, Kita akan membahas secara dasar bagaimana membuat podcast kamu sendiri. Berikut cara membuat podcast sendiri dengan mudah:

  1. Menyiapkan Tempat, Jika kamu fokus dalam pembuatan podcast tidak ada salahnya kamu menyiapkan tempat/studio khusus. Kamu bisa mendesain studio podcast kamu menjadi kedap suara agar saat recording Podcast tidak ada noise (gangguan)
  2. Menyiapkan Peralatan dan Kebutuhan Podcast, Yang terpenting yaitu peralatan podcast seperti Microphone, Audio recording, Software Editing, dll. Kamu bebas menentukan peralatan yang kamu butuhkan, Asalkan dapat menghasilkan Podcast yang terbaik.  
  3. Menentukan Niche Podcast, Yang tak kalah penting yaitu menentukan niche podcast yang akan kamu buat, Pastikan saat memilih niche Podcast, Kamu setidaknya harus memahami dan mengerti tentang Niche Podcast kamu agar mempermudah dalam proses pembuatan Podcast.
  4. Mulai Record Podcast, Setelah semua telah disiapkan, Sudah saatnya untuk mulai recording podcast kamu. Kamu bisa memanfaatkan software recording seperti Audacity. Pastikan hasil recording podcast kamu dalam keadaan baik, Tidak ada noise yang berlebihan. 
  5. Mengedit Hasil Podcast, Mengedit hasil recording berfungsi untuk mempertahankan volume yang konsisten, menambahkan intro dan outro, memperbaiki kesalahan dan menghilangkan celah udara kosong. Kamu bisa menggunakan Audacity, Adobe Audition atau GarageBand untuk mengedit hasil podcast. 

Tips Membuat Podcast yang menarik

Saat ini banyak orang yang terjun dan mencoba memulai Podcast, Hal tersebut berarti kamu akan memiliki banyak kompetitor. Maka dari itu kamu harus membuat Podcast yang menarik, Lalu bagaimana caranya? Yuk simak penjelasannya.

1. Membuat Format Khusus Podcast

Memulai Podcast hanya dengan menyalakan mic dan melakukan recording – Jika Podcast kamu hanya seperti itu, Tidak ada yang menarik dari hasil Podcast kamu. Hal tersebut menjengkelkan bagi pendengar. 

Jika kamu berencana membuat Podcast menjadi beberapa episode, pertimbangkan untuk menetapkan harapan bagi pendengar kamu dengan membuat dan memiliki format yang konsisten.

Saat kamu menentukan format podcast pastikan kamu bisa tahu apa yang harus kamu lakukan saat melakukan Podcast. Misalnya; Kamu menentukan format sebagai berikut: Intro > Mengenalkan Narasumber > Menanyakan Kesibukan Narasumber > Dst.

Misalnya pada bagian menanyakan kesibukan narasumber, Kamu harus tahu pertanyaan seperti apa yang membuat percakapan antara kamu dan narasumber bisa terus berkembang dan menarik untuk didengarkan. Kamu harus pintar-pintar menempatkan diri kamu untuk membuat obrolan kamu bisa lebih berbobot dan luas.

2. Menguasai Materi Perihal Niche

Sesuai sedikit penjelasan diatas tas, Niche menjadi sangat penting untuk membuat Podcast kamu bisa lebih baik. Ketika kamu menguasai materi Podcast, Kamu bisa lebih mudah dalam mengembangkan konten podcast kamu menjadi lebih menarik.

Misalnya saat melakukan Interview Podcast, Kamu bisa tahu pertanyaan apa saja yang bisa kamu sampaikan pada narasumber kamu. Dengan begitu kamu bisa memperluas obrolan dan membuat konten lebih menarik untuk didengar.

3. Menggali Informasi Mengenai Narasumber

Yang tak kalah penting yaitu menggali informasi narasumber yang kamu undang. Sama halnya dengan penguasaan materi Podcast, Menggali informasi narasumber berfungsi untuk memperluas obrolan podcast kamu.

Dengan cara ini, Kamu bisa tahu apa saja yang bisa kamu tanyakan pada narasumber dan bagaimana menyiasati beberapa hal untuk membuat obrolan menjadi semakin menarik. 

4. Bersikap Santai dan Menyiapkan sebaik Mungkin

Saat membuat podcast bergaya wawancara, Cobalah untuk mengobrol terlebih dahulu dengan orang yang kamu undang sebelum kamu mulai recording Podcast. Hal Ini akan membantu kamu bersantai dalam percakapan nantinya.

Pastikan sebuah kebutuhan podcast telah disiapkan sebaik mungkin, Jangan sampai ketika acara Podcast mulai terdapat masalah. 

Jangan lupa untuk bersikap santai dan bersenang-senang saat podcast mulai. Yang perlu kamu tahu adalah Host podcast yang baik terdengar santai karena mereka tidak bergegas ke pertanyaan berikutnya.

Itulah beberapa informasi mengenai apa itu podcast dan bagaiamana cara membuat podcast dan tips memulai podcast yang menarik. Yuk mulai buat Podcast kamu sendiri.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like