Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

Dari Bahan Sederhana, Barang UMKM Lokal Ini Sangat Layak Go Online

2017 menjadi tahun dimana UMKM Lokal mulai menampakkan keunggulan mereka. Bukan sekedar dari segi produk, namun cara pemasaran produk yang seolah semakin mengikuti perkembangan teknologi.

Ya, bagaimana tidak. 263 juta penduduk Indonesia yang akan terus berkembang setiap tahunnya, tidak ada yang tidak ingin hidup dengan perekonomian yang stabil. UMKM lokal adalah solusi dari permasalahan ekonomi dan lapangan pekerjaan masyarakat Indonesia.

Jika kita menyadari, banyaknya toko online atau e-commerce luar negeri yang berjaya. Sedangkan produk UMKM lokal masih harus berusaha sangat keras di negeri mereka sendiri untuk bisa dikenal dan Go Global.

Banyak yang meremehkan produk UMKM Lokal untuk bisa Go Online. Nyatanya beberapa produk unggulan UMKM Lokal Kota Malang ini buktinya. Beberapa diciptakan dari bahan yang biasa saja, bahkan terkesan tidak mungkin.

Namun UMKM Lokal ini mengubah persepsi tersebut menjadi produk yang siap dijual secara Nasional bahkan Global. 

Berikut ini beberapa contoh produk yang bisa diciptakan oleh kreatifitas UMKM Lokal.

1. Produk Makanan/Snack/Minuman

Meningkatnya kebutuhan masyarakat akan camilan yang sehat dan juga unik, kini bisa direalisasikan oleh beberapa UMKM lokal di Kota Malang. Mulai dari yang berbahan dasar coklat, susu, ubi dan masih banyak lagi. 

Coklat Krepes – UMKM Malang
Capcuzz – Malang
Hot Sireng
Creebs Mbotie – Malang

2. Produk Fashion

Tidak kalah penting dari produk makanan, produk fashion juga memberikan banyak kesan bagi masyarakat. Terutama UMKM yang mengutamakan kearifan lokal, seperti batik, tenun dan masih banyak lagi.

 

Tunik Lukis – Malang
Daster Bordir – Malang
Baju Anak – Malang

3. Produk Kerajinan/Crafting

Ya, selain makanan dan fashion, produk kerajinan/crafting menjadi produk UMKM lokal yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Dengan kreatifitas UMKM, segala sumber daya yang ada di sekitar kita bisa disulap menjadi produk kerajinan UMKM dengan nilai jual yang sangat luar biasa.

Tas Rajut – Malang
Bantal Lukis – Malang
Tas Lukis – Malang
Kalung Homemade – Malang

Nah, masih banyak lagi lo ternyata produk unggulan dari UMKM Lokal Kota Malang. Ada banyak kesamaan yang mereka miliki? Hayo tebak apa?

Ya, mereka memanfaatkan sumber daya yang bahkan tidak kita duga sebelumnya. Menciptakan produk yang bernilai jual tinggi. Kreatifitas UMKM lokal memberikan banyak peluang bagi siapapun untuk membantu meningkatkan perekonomian Indonesia. Terlebih dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin memudahkan kita untuk berbisnis di dunia digital.

Salah satu peluang yang bisa dimanfaatkan oleh anak muda adalah dengan menjadi seorang #Pahlawandigital. Tidak sulit memang untuk membawa UMKM Lokal Go Digital, terlebih dengan kualitas produk yang sudah bisa dipastikan berbeda dari lainnya.

Kini hanya tinggal pemanis saja, packaging produk harus disesuaikan dengan kebutuhan pasar, dan teknik pemasaran pun harus berkembang sesuai dengan kemajuan teknologi.

Ya, kini #Pahlawandigital memiliki tugas yang besar. Membawa produk UMKM Lokal Go Digital dengan keahlian anak muda di Indonesia. Yok, sekarang giliran kamu menjadi bagian dari kesuksesan UMKM lokal ke dunia Global.

Nelsi Islamiyati