Apa itu FUP (Fair Usage Policy) di Paket Internet Unlimited?

fup adalah

Pernahkah kamu menggunakan kuota unlimited? Fair Usage Policy atau FUP adalah kebijakan batas pemakaian wajar yang diberlakukan oleh setiap provider internet. Jadi, walaupun disebut unlimited, kecepatan transfer data akan berkurang secara perlahan jika kamu telah melewati batas pemakaian wajarnya.

Lalu sebenarnya, apa itu FUP? Dan berapa besaran batasnya? Yuk cari tahu selengkapnya dalam artikel di bawah ini!

Apa itu FUP?

Arti FUP adalah batas pemakaian normal. FUP adalah kebijakan yang dibuat oleh sebuah provider kepada pengguna sebagai batas pemakaian internet. Apabila kamu memakai internet melewati batas FUP yang telah disetujui, maka tingkat kecepatan internet kamu akan semakin lambat alias lemot.

Misalnya paket internet unlimited yang umumnya mempunyai ketentuan FUP-nya tersendiri. Artinya setiap paket internet dalam satu provider memiliki kebijakan FUP berbeda-beda. Selain itu, antara satu provider dengan provider lainnya pun memiliki batas FUP yang berbeda. Secara umum, pemberlakuan batas FUP adalah setiap bulan maupun setiap hari.

Maka dari itu, jika kamu merasa internet kamu sering lemot di hari atau jam tertentu, mungkin saja itu merupakan pengaruh dari FUP. Hal tersebut disebabkan karena kamu memakai internet melebihi batas pemakaian wajar, meskipun paketnya unlimited, seperti untuk download atau upload file dengan ukuran besar, streaming video berlebihan, dan lain sebagainya.

Contoh Kasus FUP

Sebagai contoh, kamu membeli paket internet unlimited dengan batas bulanan FUP adalah 10GB. Maka dapat diartikan kamu bisa memperoleh akses internet dengan kecepatan maksimal apabila pemakaiannya selama periode paket berlaku dan sebelum batas 10GB tadi.

Cek Konten Lainnya:
10 AI Voice Generator Terbaik untuk Buat Suara

Jika kamu sudah melebihi penggunaan paket internet sebesar 10GB, kamu masih bisa mengakses internetnya, Sob. Tetapi, provider akan menurunkan kecepatan internet kamu sehingga lebih lambat untuk digunakan. Supaya kamu bisa mengembalikan kecepatan internet tersebut, provider biasanya menyediakan layanan ekstra kuota.

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, FUP bukan hanya untuk internet bulanan saja, ada juga batas FUP harian. Batas harian FUP adalah batasan pemakaian paket internet bulanan yang dihitung per hari.

Contohnya, kamu membeli paket internet unlimited bulanan dengan batas harian FUP adalah 500MB. Artinya dalam satu hari tersebut kamu bisa mengakses internet dengan kecepatan penuh hingga 500MB saja. Apabila lebih, maka kecepatan internet kamu akan diturunkan.

Baca juga: Internet of Things (IoT) : Pengertian, Manfaat, Contoh, Cara Belajar

Tujuan FUP

Pada dasarnya tujuan FUP adalah untuk memberikan pengalaman mengakses internet yang setara bagi semua pengguna provider internet. Hal itu dikarenakan banyak pengguna provider menggunakan internet bandwidth secara berlebihan sehingga akibatnya koneksi internet pengguna lain terganggu dan kecepatannya lambat.

Jenis-jenis FUP

Nah, di Indonesia sendiri, provider internetnya juga memiliki jenis kebijakan FUP masing-masing. Berikut ini penjelasan singkat tentang jenis-jenis provider internet di Indonesia dan cara cek FUP.

  • Indosat Unlimited, menawarkan FUP bulanan dan harian dengan kecepatan internet rata-rata yang melebihi batas FUP sebesar 512 Kbps.
  • Indihome, provider wifi internet paling populer di Indonesia ini menawarkan FUP bulanan dengan penurunan kecepatan karena melewati batas FUP pertama hingga 75% hingga 50% dan FUP kedua sebesar 40% dari kecepatan normal.
  • Telkomsel Unlimited, menawarkan FUP bulanan dan harian, dengan kecepatan internet rata-rata yang sudah melebihi batas FUP sebesar 128 Kbps.
Cek Konten Lainnya:
8 Cara Screenshot di Laptop Windows & Macbook Paling Praktis

Kelebihan FUP

Bagi kebanyakan orang, paket unlimited adalah pilihan terbaik ketika ingin menggunakan internet dengan batas FUP yang besar. Kelebihan dari adanya batas FUP adalah kamu bisa menggunakan internet sepuasnya.

Ditambah lagi tidak ada kuota yang membatasi, sehingga apabila sudah melebihi batas FUP, kamu masih dapat mengakses internet. Beda halnya dengan paket internet berdasarkan jumlah kuota dimana kamu tidak bisa mengakses internet saat kuotanya telah habis.

Dedicated Hosting

Baca juga: Cek Cara Mempercepat Koneksi WiFi di Laptop dan HP, Anti Lemot! 

Kekurangan FUP

Kekurangan FUP adalah saat kamu memakai internet melewati batas pemakaian wajar, maka secara otomatis kecepatan internet akan berkurang. Mungkin buat kamu si penyabar dan tidak banyak menggunakan akses internet, ini bukanlah menjadi masalah besar.

Namun, bagi kamu yang merupakan mahasiswa, pelajar, atau pekerja kantoran yang memerlukan akses internet cepat tentu FUP adalah masalah penting. Solusinya, kamu harus merogoh dana lebih untuk membeli ekstra atau booster kuota.


Demikian pembahasan seputar FUP, sebuah kebijakan yang diberlakukan provider penyedia internet sebagai batasan bagi para penggunanya. Setelah membaca ulasan di atas, antara paket reguler dan unlimited, menurutmu, manakah yang lebih baik? Tulis jawabanmu di kolom komentar ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
database administrator
Read More
Database Administrator: Tugas, Skill dan Prospek Kerjanya
Integrasi dan pengolahan data saat ini telah menjadi trend dan terasa semakin powerful. Tak heran bila profesi sebagai…
microsoft edge
Read More
Apa Itu Microsoft Edge? Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya
Pernahkah kamu menggunakan Microsoft Edge? Selain Google Chrome dan Firefox, Microsoft Edge adalah browser yang memiliki banyak keunggulan.…