Membangun brand loyalty sangat penting, Tahukah kamu jika biaya mendapatkan pelanggan baru lima kali lebih mahal daripada mempertahankan pelanggan saat ini? Jika itu bukan alasan yang cukup untuk mulai menciptakan brand loyalty, Selain itu kamu juga memiliki peluang 60-70% untuk menjual kepada pelanggan yang sudah ada, dibandingkan dengan peluang 5-20% untuk pelanggan baru.

Cobalah mengikuti beberapa tips dan cara untuk membangun brand loyalty agar pelanggan mengingat nama brand kamu, logo dan semua tentang brand kamu

Buat Strategi Branding yang Tepat

Dalam membangun branding, Kamu harus memiliki strategi yang kuat. Kamu bisa membaca artikel tentang cara meningkatkan branding. Banyak strategi yang bisa digunakan, Kamu tinggal membuat strategi branding yang tepat.

Agar strategi branding tepat, Kamu harus tahu jenis branding yang akan kamu gunakan. Apakah kamu membangun personal branding, Product branding, ataupun corporate branding. Karena setiap jenis branding memiliki penanganan yang berbeda agar hasilnya maksimal.

Setelah kamu menentukan jenis branding, Kamu bisa mulai untuk menyusun strategi. Kamu bisa mulai dari membuat brand story agar orang mengenal lebih jauh tentang brand kamu. Kemudian kamu bisa lanjut menysusu strategi lainnya sesuai kebutuhan kamu kedepannya.

Buat Desain Logo yang Menarik

Kamu pasti setuju, Branding sangat identik dengan logo. Maka dari itu, Tidak ada salahnya kamu mulai membuat desain logo yang menarik dan mudah diingat oleh pelanggan. Jika kamu tidak bisa membuatnya, Kamu bisa menggunakan jasa pembuatan logo.

Dalam branding, Warna mewakili kepribadian brand kamu dan memberikan ekspresi visual terhadap perasaan, suasana hati atau peran yang coba dibangkitkan oleh brand kamu. Maka dari itu, kamu harus jeli ketika memilih palet warna logo kamu. Logo dan Warna unik yang kamu gunakan pada logo dapat membuat pengguna lebih mudah mengingat brand kamu.

Menciptakan Brand Loyalty
Logo Jagoan Hosting

Logo sangat membantu kamu dalam membangun brand loyalty, Logo membantu kamu dalam meningkatkan awareness. Ketika pelanggan sudah mengenal brand kamu, Kamu bisa lebih mudah mendapatkan pelanggan yang loyal pada produk atau jasa kamu.

Pahami Kebutuhan Pelanggan

Terhubung dan memahami pelanggan sangat penting, Kamu bisa bertemu dengan pelanggan secara langsung dan melakukan diskusi mendalam dengan pelanggan tentang produk dan layanan kamu. Dengan begitu kamu bisa lebih mudah mengetahui kebutuhan pelanggan.

Cara lain untuk membuat pelanggan Anda yang sudah puas bahagia adalah dengan mengenali kebutuhan mereka bahkan sebelum mereka menyadari apa yang mereka. Gunakan data perilaku pelanggan Anda untuk memprediksi apa yang pelanggan Anda inginkan, kemudian tawarkan kepada mereka.

Dengan cara tersebut kamu bisa meningkatkan awareness brand kamu, Sehingga kamu dapat  lebih mudah dalam membangun brand loyalty. Hal tersebut dikarenakan pengguna akan lebih cenderung untuk kembali ke situs yang telah mereka gunakan di masa lalu dan berinteraksi dengan sukses. 

Berikan Value kepada pelanggan

Produk atau layanan yang kamu tawarkan kepada pelanggan kamu akan menentukan apakah mereka akan kembali atau tidak. Maka dari itu memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan dan berikan pengalaman ‘WOW’ dengan melampaui harapan mereka saat pertama kali mereka menggunakan produk kamu. 

Yang perlu kamu siapkan yaitu memahami apa yang membuat pelanggan kamu puas dan mulailah menetapkan standar untuk mencapai tujuan itu. Mungkin sulit untuk memuaskan semua pelanggan tetapi berusaha agar setiap pelanggan puas layanan kamu. Dengan begitu kamu bisa lebih mudah dalam menciptakan brand loyalty.

Fokus Bangun Brand dan Tetap Konsisten

Dalam membangun brand loyalty, Konsistensi sangat penting. Kamu harus fokus membangun brand kamu dan tetap konsisten memberikan layanan atau produk sesuai. Pelanggan mengandalkan kenyamanan, jadi pastikan bahwa perusahaan akan memenuhi janjinya setiap saat. Sehingga kamu harus konsisten dengan brand kamu.

Jika kamu melakukan Re-branding, Kamu harus berhati-hati. Apakah hal tersebut dapat berakibat fatal pada brand kamu, Apakah mereka masih percaya dengan produk atau layanan kamu.

Sebaiknya kamu fokus bangun brand dan tetap konsisten pada produk dan layanan kamu. Peningkatan dalam segi layanan dan brand sangat diperlukan. 

Retarget User dengan Kustom Audiens

Retarget pelanggan cukup penting untuk mendapatkan pelanggan loyal baru, Setelah pengguna mengetahui brand kamu, pertahankan bisnis kamu di puncak pikiran mereka dengan melakukan penargetan ulang. Penargetan ulang adalah saat kamu menampilkan iklan hanya kepada orang yang telah menyatakan minat pada bisnis kamu.

Kamu bisa menggunakan iklan penargetan ulang untuk menawarkan penawaran eksklusif pada produk yang sebelumnya dilihat. Atau kamu dapat menggunakan penargetan ulang untuk mempromosikan penurunan harga.

Retarget user juga bermanfaat untuk membuat pelanggan terus mengingat brand kamu, Sehingga ketika pelanggan membutuhkan langsung bisa menggunakan produk milik kamu. 

Gunakan influencer untuk Membantu Membangun Brand Loyalty

Salah satu cara membangun brand loyalty adalah dengan membuat influence mempromosikan produk atau layanan. Lebih dari setengah pengguna media sosial lebih suka mendapatkan informasi produk dari influencer daripada langsung dari brand. 

Pengguna mempercayai influencer dan meminta saran produk dan brand yang digunakan influencer. Jadi, ketika influencer mempromosikan produk kamu, Kemungkinan besar pengikut mereka juga akan mulai mencintai produk kamu.

Langkah pertama adalah menemukan influencer yang relevan dengan brand dan citra kamu, Misalnya kamu memiliki produk kecantikan maka kamu harus bermitra dengan influencer kecantikan. Dengan begitu, Target audience kamu sangat luas dan spesifik, sehingga tingkat konversi lebih tinggi.

Itulah informasi mengenai cara cepat membangun brand loyalty, Kamu bisa mulai menciptakan kekuatan branding pada bisnis kamu. Kamu bisa mulai menerapkan beberapa cara dan tips diatas untuk mendapatkan pelanggan yang royal.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like