Menciptakan Brand Loyalty
Membangun server Siakad dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda, baik itu dedicated, menggunakan VPS, atau Shared Hosting.

Bagi lembaga pendidikan sekarang ini, sudah menjadi standar tersendiri untuk memiliki layanan sistem informasi akademik. Sistem informasi akademik atau lebih dikenal dengan sebutan Siakad merupakan sistem yang dibuat untuk mempermudah kegiatan administrasi akademik di suatu lembaga pendidikan, baik sekolah atau kampus, dan keseluruhannya diatur secara online. Membangun server Siakad dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda, baik itu dedicated, menggunakan VPS, atau Shared Hosting.

Dengan meningkatnya jumlah pelajar, khususnya mahasiswa di Indonesia, tentunya semakin meningkat pula performa administrasi yang lebih efektif dan efisien. Untuk menampung dan memberikan informasi ke sekian banyak pelajar yang ada, tentunya lebih mudah jika memiliki sistem informasi akademik tersendiri bukan. Ingin tahu cara membangun server Siakad? Simak artikel berikut.

Spesifikasi Hardware

Umumnya, server bisa berjalan lebih baik menggunakan Desktop. Berikut spesifikasi minimal untuk membangun server Siakad dan server pada umumnya.

  1. Komputer Desktop
  2. CPU: 4 core, 1.6 Ghz
  3. RAM: 8GB DDR3
  4. Storage: 250Gb
  5. OS: Windows Server/10/8/7, Linux Ubuntu 14.04 (64 bit)
  6. Software: VM Virtual Box, Browser (Mozilla, Chrome, dll)
  7. LAN: 2 Unit LAN Card (NIC)
  8. UPS dengan daya tahan 15 menit jika diperlukan.

Memilih Jenis Server untuk Membangun Server Siakad

1.Server Mandiri

Menggunakan server mandiri adalah pilihan yang sangat sering digunakan, karena mudahnya akses dan biasanya ditempatkan di tempat sendiri. Pengelola server mandiri cenderung memiliki kendali penuh akan servernya, dan akses operator ke server tidak dibatasi oleh internet, dalam kata lain dapat beroperasi secara offline. Namun, penggunaan server mandiri membutuhkan biaya yang cukup besar, dan lebih cocok digunakan untuk lembaga pendidikan yang memiliki jumlah pelajar yang banyak.

2.Shared Hosting

Shared Hosting adalah jenis hosting yang menggunakan satu server dan dapat digunakan oleh banyak klien dalam waktu bersamaan, Shared Hosting tidak memiliki resource yang bebas digunakan, tidak ada custom resource, dan sifatnya tidak standard. Shared Hosting cenderung kurang disarankan penggunaannya, tetapi umum digunakan untuk hosting web, mail, manajemen DNS, atau landing page.

3.VPS (Virtual Private Server)

VPS atau Virutal Private Server adalah bentuk server yang menggunakan virtualisasi. Virutalisasi ini berfungsi untuk merubah server fisik menjadi beberapa server virtual. Pengguna server virtual tidak perlu repot seperti server mandiri atau dedicated karena semuanya dikelola secara digital melalui server fisik asalnya. Contohnya, VPS X oleh Jagoanhosting. Membangun server Siakad dengan VPS X dapat menghemat banyak waktu, karena VPS X sudah menyediakan instalasi web server, database, LAMP, LEMP, Moodle, Joomla, dan banyak lainnya. Tentunya anda bisa menikmati VPS tanpa mengalami masalah VPS yang ada biasanya, seperti traffic.

4.Corporate Hosting

Corporate Hosting umumnya digunakan untuk server perusahaan yang membutuhkan penanganan traffic tinggi. Traffic tinggi disebabkan oleh banyaknya pengunjung website dalam waktu bersamaan, umumnya server yang tidak memiliki kapasitas traffic yang tinggi akan mengalami overload. Selain perusahaan, Corporate Hosting dapat digunakan untuk Siakad juga karena kemampuannya untuk menampung traffic yang besar. Jika anda ingin menggunakan Corporate Hosting untuk membangun server Siakad anda, Jagoanhosting sudah menyediakan. Dengan menggunakan Corporate Hosting anda bisa menikmati virtual server dengan kecepatan dan akses serupa dengan server mandiri.

5.Cloud Hosting

Cloud Hosting umumnya digunakan untuk website dan webserver. Tetapi tidak menutup kemungkinan digunakan untuk membangun server Siakad. Cloud Hosting dikenal mudah dibackup, resource dapat diatur, dan cenderung lebih hemat biaya. Untuk mendapatkan layanan Cloud Hosting terbaik, Jagoanhosting jawabannya. Cloud Hosting dari Jagoanhosting sudah menyediakan Divi Theme Premium yang anda bisa gunakan untuk situs anda. Lebihnya lagi, sudah termasuk cPanel dan akan lebih mudah dalam memanajemen server dan website anda.

Penutup

Dalam membangun server Siakad memiliki banyak cara, kelebihan, dan kekurangannya masing-masing. Contohnya seperti server mandiri yang sudah menjadi pilihan andalan banyak orang, atau VPS yang semakin hari semakin populer karena sangat mudah untuk digunakan. Meski dalam membangun server Siakad tidak ada pilihan yang salah, pastinya anda ingin cara yang paling efektif dan efisien. Jagoanhosting mempunyai 3 layanan hosting yang anda bisa gunakan tanpa masalah hosting umumnya. Tentunya, kecepatan dan spesifikasi Jagoanhosting tidak perlu diragukan lagi seperti VPS X, Cloud Hosting, dan Corporate Hosting.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
kode warna css dan html
Read More

Kode Warna CSS dan HTML

Daftar Isi Daftar Kode Warna CSS dan HTMLKombinasi Kode Warna untuk Website Elegant Yet Approachable Artsy and Creative…