Jika server anda dihack, kemungkinan besar website pun akan mengalami downtime dan tidak bisa diakses.

Server dihack tidak heran sangat membuat frustasi banyak orang. Jika server anda dihack, kemungkinan besar website pun akan mengalami downtime dan tidak bisa diakses oleh pengguna-pengguna anda. Contohnya, saat-saat pendaftaran masuk sekolah dan server anda dihack, sehingga banyak pengguna yang tidak bisa mengakses website anda, dan tentunya menambah pekerjaan bagi anda untuk membenarkan server anda kembali. Downtime hanyalah salah satu masalah dari sekian banyak masalah yang dialami dari terkena serangan hacker, bahkan parahnya bisa terjadi kebocoran data-data penting atau informasi sensitif, seperti informasi pelajar, data guru, dan sebagainya. Apapun konteksnya, server terhack bukanlah hal yang baik. Jadi, apa saja yang membuat server sekolah mudah dihack?

Penyebab Server Sekolah Mudah Dihack

1.Password Mudah Ditebak.

Salah satu alasan klasik mengapa server sekolah mudah dihack. Password yang mudah ditebak lebih cenderung menjadi kesalahan pengelola server ketimbang keahlian hackernya. Bahkan, orang yang tidak sepenuhnya mengerti hacking tetap bisa menjebol server – terutama jika passwordnya mudah ditebak. Solusi termudahnya adalah menggunakan kombinasi upper/lowercase, angka, simbol, dan tetapkan panjang password tertentu. Semakin rumit password, semakin sulit untuk dihack, terutama jika pembobolan dilakukan menggunakan decrypt/decipher.

2.Tidak Mengatur File Permission.

File permission adalah pengaturan untuk data-data server anda tentang siapa saja yang bisa mengakses data-data tersebut. Permission ini mengatur akses dan kontrol pada server dan website anda. Jika tidak diset dengan benar, seorang hacker akan dengan mudah merubah lokasi dan akses data-data tersebut. Ini merupakan salah satu alasan server sekolah mudah dihack yang disebabkan oleh pengelola server sendiri, solusinya adalah dengan mensetting permission dengan seksama dan memprioritaskan data-data sensitif.

3.Tidak Memperhatikan Performa Server.

  1. Tidak Memperhatikan Performa Server.

Seringkali kesalahan yang dilakukan oleh pengelola server adalah menggunakan server yang ‘ala kadarnya’. Baik itu dedicated, VPS, Cloud Hosting, dan lain-lain. Seperti menggunakan komputer dengan spesifikasi outdated, OS tidak diupdate atau bahkan OS yang sudah tidak update seperti Windows 7 atau XP, dan ini menjadi lubang-lubang mengapa server sekolah mudah dihack. Solusinya adalah menggunakan komputer dengan spesifikasi terkini untuk dedicated server. Jika berat atau terlalu mahal, masih bisa menggunakan VPS dan Cloud Hosting, contohnya VPS-X dari Jagoanhosting yang mempunyai kecepatan transfer data hingga 1058 Mbps dan teknologi Intel Xeon Turbo Boost.

4.Tidak Mengupdate Security System.

  1. Tidak Mengupdate Security System.

Lagi-lagi penyebab server sekolah mudah dihack disebabkan oleh pengelola server sendiri. Security system banyak rupanya, baik itu untuk password, data, anti-malware, atau anti-virus. Tetapi masih banyak pengelola server yang mengabaikan sistem keamanan dari server mereka sendiri, atau hanya menggunakan jalan pintas berupa security system gratis yang masih dipertanyakan performanya. Solusinya adalah dengan rajin mengecek dan mengupdate keseluruhan keamanan anda. Tetapi, jika anda menggunakan layanan apapun dari Jagoanhosting dapat dipastikan server anda aman karena seluruh layanan Jagoanhosting sudah dilengkapi dengan SSL Grade A, ISO 27001 dan 9001 Certified, serta Security System dari Bit Ninja, Cloud Linux, dan Clamav.

5.Tidak Mengamankan Koneksi Internet.

Koneksi internet sebuah server sebaiknya TIDAK menggunakan layanan akses internet publik yang biasanya disediakan gratis dalam bentuk wifi. Internet umum – seperti namanya – digunakan oleh banyak orang dengan kegunaan berbeda-beda, dan tidak jarang juga digunakan untuk kejahatan. Solusinya adalah memiliki koneksi internet tersendiri menggunakan ISP yang tersedia, dan usahakan menggunakan kabel ketimbang wifi untuk menghindari hacking yang tidak diinginkan.

6.Third Party Integrations.

Third Party Integrations umumnya terdapat pada web server atau website dalam bentuk plugin, template, theme, dan lain-lain. Biasanya, Third Party Integrations ini berfungsi untuk mempermudah pekerjaan anda. Tetapi, tidak jarang adanya Third Party Integrations yang tidak memiliki asal yang jelas dan kemungkinan besar menyebabkan server sekolah mudah dihack. Solusinya, pastikan seluruh Third Party Integrations anda didapat dari sumber yang jelas dan jangan tergiur oleh kata-kata “gratis”. Contohnya, jika anda menggunakan Cloud Hosting dari Jagoanhosting, anda sudah mendapat akses gratis ke Divi Builder dan cPanel.

7.Web Hosting yang Tidak Aman.

Terutama dalam menjalankan website sekolah, website berjalan karena adanya server. Jika anda menggunakan layanan hosting dari luar dan tidak menggunakan dedicated server, banyak perusahaan hosting yang tidak mengamankan platform hosting mereka. Solusinya, adalah dengan menggunakan layanan hosting website dengan reputasi yang baik. menggunakan layanan hosting yang baik juga secara langsung mengamankan website anda dari serangan hacker. Contohnya, jika anda menggunakan VPS-X dan Cloud Hosting dari Jagoanhosting, anda tidak perlu khawatir soal keamanan lagi karena sudah dilengkapi sistem keamanan dari Bit Ninja, CloudLinux, Clamav, serta memiliki SSL Grade A dan sertifikasi ISO 27001 dan 9001.

Penutup

Tidak seluruhnya keamanan itu bergantung pada sistem keamanan, terkadang juga datang dari ketidaktahuan kita sendiri mengenai server yang dikelola. Maka dari itu perlu dipertimbangkan dengan matang tentang jenis server yang anda akan gunakan, baik itu dedicated, VPS, Cloud Hosting, dan sebagainya. Tidak lupa juga mengecek seluruh sistem keamanan, permission, dan data-data sensitif anda untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Salah satu kesalahan dalam membangun keamanan saja dapat berdampak besar, dan membuat server sekolah mudah dihack.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
kode warna css dan html
Read More

Kode Warna CSS dan HTML

Daftar Isi Daftar Kode Warna CSS dan HTMLKombinasi Kode Warna untuk Website Elegant Yet Approachable Artsy and Creative…