Optimasi gambar sangat penting untuk membuat website lebih cepat diakses, Dalam optimasi gambar biasanya menggunakan bantuan plugin, Apa saja plugin optimasi gambar terbaik yang bisa kamu gunakan untuk website wordpress kamu?

Yang perlu kamu ketahui setiap website membutuhkan gambar untuk menarik perhatian pengunjung atau memberikan informasi tambahan. Optimasi gambar sangat penting baik itu website eCommerce, Website corporate atau jenis-jenis website lainnya

Kamu bisa memanfaatkan bantuan plugin untuk pengoptimalan gambar dan memastikan website kamu berjalan dengan kecepatan tinggi. Berikut rekomendasi plugin optimasi gambar terbaik untuk wordpress.

1. reSmush.it

Plugin Optimasi Gambar
reSmushit Image Compress

reSmush.it adalah plugin optimasi gambar gratis terbaik yang berfungsi untuk kompresi gambar. Plugin ini memungkinkan kamu untuk secara otomatis mengoptimalkan gambar saat mengunggah gambar ke website wordpress dan menawarkan opsi pengoptimalan massal untuk gambar lama yang sudah terupload di website kamu.

Plugin reSmush.it  dapat digunakan untuk kompresi gambar dengan ekstensi JPEG, PNG, GIF, BMP, dan TIF tetapi untuk maksimal ukuran gambar hingga 5mb. Kamu juga memiliki opsi untuk mengecualikan sebuah gambar tertentu agar tidak dioptimalkan seandainya kamu menginginkan gambar website kamu dalam ukuran penuh.

Plugin ini menggunakan API reSmush untuk mengoptimalkan gambar agar mempercepat loading website, Selain maksimal ukuran gambar hanya 5MB, Plugin ini memiliki kelemahan lain yaitu ia tidak memiliki level kompresi yang berbeda. Namun kamu bisa menggunakan plugin ini secara gratis untuk optimasi website kamu.

2. ShortPixel Image Optimizer

Plugin Optimasi Gambar
shortpixel image compression

ShortPixel Image Optimizer adalah plugin optimasi gambar gratis yang bisa kamu gunakan. Plugin Ini mengharuskan kamu untuk mendapatkan API Key terlebih dahulu dengan cara memberikan alamat email kamu. Plugin ini dapat diinstal secara langsung ke dashboard WordPress kamu di mana kamu dapat dengan mudah mengelola proses kompresi gambar.

Versi gratisnya memungkinkan kamu untuk mengkompres gambar hingga 100 gambar per bulan, dan Kamu harus meningkatkan ke paket berbayar mereka untuk meningkatkan batas maksimal kompresi gambar.

Setiap gambar baru yang diupload ke website maka secara otomatis gambar akan dikompress. Kamu  juga dapat menggunakan plugin ShortPixel untuk mengkompres semua gambar yang sebelumnya telah diupload di website hanya dengan satu sentuhan tombol saja.

Dengan plugin optimasi gambar ini, Kamu dapat mengompres beberapa ekstensi file seperti JPEG, PNG, GIF (baik diam atau animasi), dan dokumen PDF. Selain itu, Tidak ada batasan ukuran untuk optimasi file mengoptimalkan gambar mini serta gambar unggulan.

3. EWWW Image Optimizer

Plugin Kompress Gambar
EWWW Image compress – Optimasi Gambar

EWWW Image Optimizer adalah pilihan tepat untuk optimasi gambar WordPress kamu.  Dengan plugin yang luar biasa ini, Kamu dapat secara otomatis mengoptimalkan gambar baru saat kamu menguploadnya dan gambar yang sudah kamu upload ke website kamu.

Plugin ini mudah digunakan dan dapat digunakan secara otomatis untuk mengoptimalkan gambar yang kamu upload dengan cepat dan dapat secara massal gambar yang lama. Plugin ini juga memberi kamu opsi untuk mengkonversi gambar kamu ke format file terbaik.

EWWW Image Optimizer tidak memiliki batasan kecepatan dan ukuran file yang tidak terbatas. Mereka juga menyediakan cadangan gambar gratis untuk menyimpan foto asli kamu selama 30 hari jika kamu masih menginginkan gambar aslinya.

Plugin kompress gambar ini bisa kamu gunakan secara gratis, versi berbayarnya memiliki beberapa fitur tambahan, KAmu juga dapat meningkatkan dengan salah satu paket API mereka.

4. Compress JPEG & PNG images

Plugin Kompress Gambar
Tiny PNG Optimasi gambar

Compres JPEG & PNG merupakan plugin optimasi yang dibuat oleh tim dari TinyPNG, Untuk menggunakan plugin ini kamu harus mendaftar akun terlebih dahulu. Plugin ini dapat mengoptimalkan 100 gambar setiap bulan dengan akun gratis. 

Plugin ini secara otomatis dapat mengkompres gambar saat diupload, dan kamu juga dapat secara massal mengoptimalkan gambar yang sudah upload kamu sebelumnya. Kamu juga dapat mengatur lebar dan tinggi maksimum gambar, sehingga kamu dapat secara otomatis mengubah ukuran gambar besar. 

Tidak ada batasan ukuran file dan kamu dapat menyimpan metadata hak cipta, tanggal pembuatan, dan lokasi GPS di gambar asli kamu jika perlu.

5. WP Smush

Plugin Optimasi gambar Gratis
WPSmush Image Optimasi

WP Smush adalah plugin kompress gambar WordPress populer yang bisa kamu gunakan untuk mengoptimasi gambar di wordpress. Plugin ini secara otomatis mengkompress gambar saat di upload ke website dan juga dapat digunakan untuk mengkompress dan mengoptimalkan file gambar lama kamu.

 Anda juga dapat mengatur resolusi gambar maksimum, dan gambar Anda akan diturunkan ke ukuran yang lebih masuk akal saat dikompresi. Versi gratisnya tidak mengharuskan kamu untuk membuat akun terlebih dahulu untuk menggunakan kunci API mereka. 

Fitur pengoptimalan massal memungkinkan kamu untuk mengoptimalkan hingga 50 gambar sekaligus, dan kamu juga dapat menjalankan kembali pengoptimal massal untuk compress lebih banyak gambar. Namun beberapa orang berpendapat plugin ini untuk versi gratisnya plugin tidak berfungsi dengan baik.

6. Automatic Image Compression

Plugin Optimasi gambar berbayar
Automatic Image Compress

Automatic Image Compression adalah plugin yang berfungsi untuk mengoptimalkan dan compress semua gambar kamu. Plugin Ini ringan dan mudah digunakan sehingga kamu dapat dengan cepat meningkatkan kinerja situs web kamu. 

Plugin ini juga secara otomatis mengkompres gambar JPEG, PNG, dan GIF saat kamu mengunggah gambar ke website. Selain itu, Kamu juga dapat mengkompres gambar secara massal sekaligus. Plugin ini, Menawarkan tidak ada batasan ukuran file atau jumlah gambar yang dapat kamu compress.

Plugin optimasi gambar terbaik ini merupakan plugin berbayar, Kamu cukup hanya berharga $29 untuk lisensi reguler dan lisensi ini mencakup pembaruan di masa mendatang dan support selama 6 bulan dari wpslash.

Itulah beberapa rekomendasi plugin optimasi gambar terbaik gratis untuk mengoptimalkan kinerja website kamu agar website bisa lebih cepat diakses. Kamu bisa memilih menggunakan plugin versi gratis atau berbayar.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like