postgreSQL vs MySQL Saat memilih dua diantra database management system tersebut terkadang kita harus menentukan terlebih dahulu mana yang terbaik. Beberapa developer sering jatuh ke dalam perangkap keakraban dan kenyamanan dalam menentukan database management system.

Developer yang baik harus selalu membuat keputusan berdasarkan informasi di antara berbagai pilihan, manfaat dan kelemahannya. Nah, artikel ini sangat cocok buat kamu untuk mengetahui tentang system database yang terbaik.

Pengertian PostgreSQL

PostgreSQL vs MySQL

PostgreSQL adalah management system database yang disebarluaskan secara bebas menurut Perjanjian lisensi BSD. Software ini merupakan salah satu basis data yang paling banyak digunakan saat ini, selain MySQL dan Oracle.

PostgreSQL dikembangkan oleh Berkeley Computer Science Department dan merupakan sebuah Obyek-Relasional Data Base Management System (ORDBMS). PostgreSQL juga mempunyai banyak sekumpulan fitur yang cukup lengkap, Fitur-gitur itulah yang mensuport transaksi, view, subselect, foreign key support, pemeriksaan, dan lain-lain.

PostgreSQL pernah mengklaim dirinya sebagai system database relasional open-source paling canggih di dunia. Hal tersebut sesuai dengan kinerja dari postgreSQL yang mampu menulis data dalam jumlah besar lebih efisien, dan menangani konkurensi lebih baik.

Kelebihan PostgreSQL

  • Terpercaya dan Stabil
  • Merupakan Database objek-relasional
  • Menagani konkurensi lebih baik
  • mengimplementasikan Multiversion Concurrency Control (MVCC) tanpa kunci baca

Kekurangan PostgreSQL

  • Dibangun dengan ekstensibilitas, kepatuhan standar, skalabilitas, dan integritas data dalam pikiran, dan hal tersebut terkadang dapat mengorbankan kecepatan.
  • Belum mendukung selectable stored procedure seperti firebird
  • Physical database (table) file nya berserakan

Pengertian MySQL

PostgreSQL vs MySQL

MySQL adalah management system database SQL yang bersifat Open Source yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public License). MySQL sendiri merupakan system database RDBMS atau lebih dikenal degan (Relational Database Management System).

MySQL mendukung berbagai fitur-fitur seperti multithreaded, multi-user, dan SQL database dan (DBMS). Selain itu MySQL dan Bahasa Pemrograman PHP merupakan sebuah sistem yang saling terintegrasi, Jadi kamu bisa membuat database dengan menggunakan sintak PHP dapat di buat.

Kelebihan MySQL

  • Bersifat Open Source
  • Manajemen User Lebih Baik
  • Tingkat Keamanan lebih tinggi
  • Mysql memiliki tipe kolom seperti signed/usigned integer, float, double, char, text, date, timestamp
  • Sangat cepat dalam membaca data

Kekurangan MySQL

  • Tidal support dan sulit mengkoneksikan pada beberapa bahasa pemrograman visul seperti VB, Delphi ataupun foxpro
  • Data yang ditangani tidak begitu besar

Perbandingan PostgreSQL dan MySQL

Perbandingan PostgreSQL vs MySQL
Perbandingan Berdasarkan Google Trends PostgreSQL vs MySQL

Antara PostgreSQL vs MySQL manay lang lebih baik? Nah kamu bisa melihat perbandingan antara PostgreSQL dan MySQL dibawah ini. Beberapa poin dibawah ini bisa kamu jadikan patokan untuk menentukan system managemen database terbaik.

Jumlah Pengguna

Antara PostgreSQL vs MySQL mana yang lebih banyak pengguna? Mungkin kalian sudah paham mana yang lebih banyak jumlah pengguna, Nah jika kalian menjawab MySQL yang paling banyak pengguna maka jawab kamu benar.

Saat ini jumlah instalasi MySQL lebih dari 3 juta, Sedangkan untuk PostgreSQL sendiri tidak diketahui. Namun berdasarkan fakta dilapangan PostgreSQL masih dibawah MySQL karena sebagian banyak orang seperti situs Web dan perusahaan webhosting yang menggunakan MySQL.

Kemungkinan perbedaan jumlah pengguna tidak begitu jauh karena PostgreSQL  merupakan software default di distro-distro Linux seperti Red Hat dan juga SuSE, Jadi bisa dikatakan jika jumlah penggunanya pun kemungkinan sangat banyak.

Kinerja Database

Bagaimana tentang kinerja database antara PostgreSQL dan MySQL? Kita bicara tentang MySQL telebih dahul. MySQL sendiri telah memiliki reputasi sebagai database yang sangat cepat untuk beban kerja baca-berat, kadang-kadang dengan biaya konkurensi ketika dicampur dengan operasi tulis.

Sedangkan untuk PostgreSQL sesuai dengan penjelasan diatas jika PostgreSQL merupakan database relasional open-source paling canggih di dunia. Selain itu mampu menulis data dalam jumlah besar lebih efisien, dan menangani konkurensi lebih baik.

Ketika memilih antara MySQL dan PostgreSQL, kinerja seharusnya tidak menjadi faktor untuk sebagian besar aplikasi yang berjalan.

Instalasi Default dan Ekstensibilitas

Instalasi default Postgres umumnya bekerja lebih baik daripada default MySQL (tetapi kamu dapat melakukan tweak MySQL untuk mengkompensasi). MySQL memiliki beberapa pengaturan default yang aneh (misalnya, untuk pengkodean dan pengumpulan karakter).

Postgres benar-benar open-source dan berbasis komunitas, sementara MySQL telah memiliki beberapa masalah lisensi. Itu dimulai sebagai produk perusahaan (dengan versi gratis dan berbayar) dan akuisisi Oracle AB MySQL pada 2010 telah menyebabkan beberapa kekhawatiran di kalangan pengembang tentang status open source di masa depan.

Manajemen User dan Keamanan

Untuk manajemen user, Kedua system database database ini menyimpan informasi user di sebuah database khusus. Untuk Sistem perizinan MySQL lebih mendetil daripada PostgreSQL. Jadi bisa ditarik kesimpulan jika MySQL lebih aman.

Contohnya penerapannya yaitu ketika kamu dapat menentukan pengaturan agar user tertentu yang datang di host tertentu hanya dapat membaca tabel dan tanpa bisa UPDATE. pada PostgreSQL masih bisa dilakukan dengan cara VIEW

Jadi,Mana yang Lebih Baik antara Postgre dan MySQL

PostgreSQL vs MySQL mana yang lebih baik? Untuk menentukan mana yang lebih baik kamu bisa menilai sendiri dari kedua System database management. Namun dari beberapa poin MySQL lebih unggul dibanding PostgreSQL.

PostgreSQL juga memiliki beberapa kekurangan dibanding MySQL, Misalnya PostgreSQL masih kurang populer daripada MySQL (meskipun menyusul dalam beberapa tahun terakhir). Selain itu PostgreSQL melakukan proses baru untuk setiap koneksi klien baru yang mengalokasikan jumlah memori non-sepele (sekitar 10 MB).

Postgres  juga dibangun dengan ekstensibilitas, kepatuhan standar, skalabilitas, dan integritas data dalam pikiran, dan hal tersebut terkadang dapat mengorbankan kecepatan. Oleh karena itu MySQL masih lebih baik dibanding PostgreSQL.

Jadi PostgreSQL vs MySQL yang lebih baik adalah mysql, Namun kamu bisa menentukan sendiri mana yang lebih baik diantara kedua system management database tersebut.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like