Siapa yang tidak mengenal istilah cryptocurrency? Mata uang digital ini sempat booming di awal tahun 2021 di Indonesia karena Elon Musk rajin nge-tweet tentang cuan dari cryptocurrency! Nggak heran terjadi lonjakan cryptocurrency di Indonesia dalam sekejap. Apalagi dengan munculnya Doge Coin yang hits dan menarik minat masyarakat untuk mulai berinvestasi. Nah gimana kabarnya sekarang, ya?

Kenyataannya, cryptocurrency bukan hal baru di Indonesia. Tentu semua orang mengenal Bitcoin yang sudah dulu mencuri pamor di Indonesia, Sob! Tapi entah kenapa pamor tersebut semakin turun sebelum akhirnya meledak dalam waktu singkat.

Apakah kamu tertarik untuk berinvestasi di cryptocurrency? Maka sebelum kamu melangkah lebih jauh, ada baiknya mengetahui kondisi cryptocurrency di Indonesia dari sekarang. 

Cryptocurrency di Indonesia dimulai dari tahun 2017

cryptocurrency di indonesia
Photo by Executium on Unsplash

Meskipun Bitcoin sudah dikenal sejak tahun 2009, tetapi cryptocurrency mulai booming di Indonesia sejak tahun 2017. Nggak main-main, bahkan ada suami-istri yang menggunakan mahar Bitcoin, Sob!

Banyak banget website exchange currency yang bisa membantu kamu berinvestasi. Kamu akan diminta untuk membuat crypto wallet dan bisa bertransaksi.

Tentunya kamu nggak cuma bisa untuk investasi, tetapi juga untuk bertransaksi, ya.

Cryptocurrency sudah diakui dan memiliki payung hukum di Indonesia

Peningkatan aktivitas investasi Bitcoin ini membuat Pemerintah Indonesia mengatur cryptocurrency ke dalam peraturan legal.

Pada tahun 2018, Badan Pengawas Bursa Berjangka Komoditi sebagai bagian dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) memutuskan bahwa Bitcoin bisa digunakan sebagai aset transaksi dengan beberapa peraturan.

Ada 229 cryptocurrency yang diakui di Indonesia secara resmi

Jangan dikira cryptocurrency hanya ada Bitcoin, ya! Ada beberapa cryptocurrency lain yang disebut altcoin. Nah Pemerintah Indonesia mengakui 229 cryptocurrency yang stabil dan kayak digunakan untuk transaksi.

229 mata uang itu antara lain Bitcoin, Ethereum, Litecoin, dan Neo. Apakah Doge Coin masuk ke dalam yang resmi? Hmm… ternyata masuk, Sob!

Potensi cryptocurrency di Indonesia akan terus melonjak dan bergerak naik

Menariknya, para ekonom memprediksi bahwa pergerakan ini akan terus naik hingga beberapa bulan ke depan. Tren ini bahkan lebih melonjak dibandingkan dengan negara maju, Sob!

Harga Bitcoin yang semakin tinggi tentu akan membuat kamu tertarik dengan investasi ini. Namun perlu diketahui bahwa harga Bitcoin saat ini masih berada di taraf Rp800 juta dan stagnan. Artinya, persaingan semakin tinggi, nih!

Namun Indonesia sudah mendeklarasikan agar tidak menggunakan crypto sebagai alat pembayaran

cryptocurrency di indonesia
Photo by Executium on Unsplash

Sejauh ini cryptocurrency hanya diakui sebagai alat investasi saja, ya. Tidak ada rencana menjadikan crypto sebagai alat transaksi.

Tentu ini karena Indonesia hanya mengenal rupiah sebagai alat pembayaran yang sah. Risiko seperti inflasi dan juga disrupsi ekonomi bisa terjadi.

Awas, resiko cryptocurrency juga perlu kamu pahami, Sob!

Nggak cuma asal investasi, kamu juga harus siap dengan risikonya. Haram hukumnya menggunakan cryptocurrency sebagai dana cicilan barang apalagi KPR rumah. Ini dikarenakan nilainya sangat fluktuatif sehingga bisa membuat kamu gigit jari.

Cryptocurrency juga tidak likuid, sehingga bukan pilihan tepat untuk dana darurat. Belum lagi dengan sistem keamanan yang sangat rentan.

Gimana, sudah bisa memprediksi gambaran cryptocurrency? Jika kamu masih baru dalam dunia cryptocurrency, kamu wajib untuk mencari tahu lebih banyak sebelum terjun lebih jauh, ya.

Selain berinvestasi cryptocurrency, kamu juga bisa berinvestasi melalui website pribadi yang cakep untuk menunjang pendapatan kamu. Apalagi jika kamu seorang freelancer, website wajib menjadi portofolio kamu! Melalui hosting terbaik Jagoan Hosting, kamu bisa mendesain website yang cepat, responsif, dan tentunya bikin klien rajin mampir ke situs kamu

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like