Keamanan Data – Keamanan data merupakan salah satu hal yang paling dilindungi oleh seseorang. Gak bisa bayangin kalo data-data kita tidak aman dan bisa dibajak oleh orang lain bukan? Apalagi pada zaman seperti sekarang kejahatan siber sudah sangat marak, dari yang konvensional sampai menggunakan bantuan teknologi yang canggih semuanya ada. Jadi sudah sewajarnya kita mulai sadar akan keamanan dari data kita.

Saat ini, di berbagai belahan dunia, keamanan siber dan perlindungan data menjadi isu prioritas semenjak teknologi informasi dan komunikasi diterapkan di berbagai aspek kehidupan. Saat ini, peran teknologi selalu dijumpai dalam aspek sosial, ekonomi, hukum, organisasi, kesehatan, pendidikan, budaya, pemerintahan, keamanan, pertahanan, dan lain sebagainya.

tingkat keamanan data
gamnbar dari unsplash

Lalu siapa yang bertugas untuk menjaga keamanan dunia siber di Indonesia?

Dengan menggandeng berbagai pihak, Deputi Bidang Proteksi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) telah diberikan amanah untuk menjaga keamanan data di Indonesia. Tidak hanya berfokus pada pemerintah, tetapi melibatkan semua unsur pemangku kepentingan, yaitu pelaku bisnis, akademisi, dan masyarakat atau komunitas.

Kementerian Kominfo bersama Komisi I DPR telah melakukan pembahasan terhadap Rancangan Undang-Undang (RUU) Perlindungan Data Pribadi. RUU Perlindungan Data Pribadi menjadi landasan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh warga negara Republik Indonesia dalam beraktivitas di era digital.

Subdit Cyber Crime Bareskrim Polri mengusahakan keamanan data siber melalui transformasi Virtual Police Alert. Dengan adanya program tersebut maka korban kejahatan siber dapat melaporkan peristiwa yang terkait dengan kejahatan siber kepada portal Patroli Siber. Virtual Police Alert ini adalah peringatan virtual polisi yang berisikan pesan dan imbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan kejahatan siber. Apabila ada pesan di media sosial yang bersifat hoax, maka akan diberikan peringatan agar pelaku melakukan koreksi.

Dalam siaran pers, Asosiasi Teknologi dan Industri Sekuriti Indonesia (ATISI) membahas banyak hal mengenai keamanan digital. Adapun National Technology Officer Microsoft Indonesia menyinggung bisnis penyedia layanan yang harus memberikan kepercayaan digital kepada pelanggan dengan cara melakukan perlindungan data.

Lalu bagaimana agar data kita tetap aman??

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengamankan data kita di dunia maya. Menurut pakar keamanan data, Yerry Niko Borang, beberapa cara yang bisa kita lakukan agar data tetap aman saat berselancar di internet antara lain membuat password yang lebih rumit, tapi harus tetap mudah diingat ya! Dan usahakan tidak menggunakan password dengan hal-hal yang dapat mudah diidentifikasi, tanggal lahir contohnya.

Selain itu, mengganti password secara rutin setiap 3 bulan atau 6 bulan sekali juga bisa melindungi data kita lho. Ketiga, memakai keamanan berlapis, misalnya 2 faktor otentikasi (2FA). Dan yang terakhir, jauh-jauh deh dari laman internet yang beresiko seperti situs dewasa, permainan online, dan sebagainya.

Sudah tahu kan ya bagaimana menjaga keamanan data di dunia maya? Yuk sob kita terapkan cara-cara di atas agar data pribadi kita tetap terlindungi.

Begitu juga buat kalian semua yang menggunakan website untuk berbisnis. Ingat data konsumenmu itu begitu berharga jadi harus dijamin keamanannya kalau mau mendapat kepercayaan dari konsumen.

Kalau konsumen sudah percaya, pasti deh makin dilirik tuh bisnismu, Sob! Nah, kalau udah gitu kamu jadi harus rajin-rajin update websitenya. Pastikan performa websitemu selalu apik dan prima.

Dengan memanfaatkan cloud hosting terbaik milik Jagoan Hosting, kamu nggak perlu takut lagi kalau websitemu akan down saat diakses, Sob! Karena teknologi cloud hosting memungkinkan kita memiliki resource yang tidak terbatas sehingga website yang mempunyai trafik yang sangat tinggi akan terus stabil dan bisa up dengan resource yang unlimited tersebut.

Mahal gak sih??

Tenang, Jagoan Hosting menyediakan harga terbaik untuk price to performance. Kamu tak perlu mencari-cari lagi, karena di Jagoan Hosting, semua yang kamu butuhkan ada dan dijamin paling Worth It!! So, Tunggu apa lagi??

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like