5 Usaha Freelance Yang Menguntungkan + Persiapannya!

5 usaha freelance yang menguntungkan

Menjadi freelance memang ngeri-ngeri-sedap, ya nggak? Bener sih kamu bisa mengatur sendiri jadwal kerja dan juga beban kerja kamu, tapi apakah kamu yakin usaha freelance kamu sudah pasti yang menguntungkan? Jeng-jeng-jeng!

Nah kali ini, Jagoan Hosting bakal kasih kamu bocoran 5 usaha freelance yang menguntungkan! 5 usaha di bawah ini merupakan usaha yang sedang dicari, hits, dan bisa membantumu mendapatkan profit jangka panjang. Apa saja ya?

usaha freelance yang menguntungkan
gambar dari unsplash

UI/UX Designer

Bagi kamu penggemar teknologi, ini mungkin bukan istilah atau profesi yang asing. Semakin berkembangnya penggunaan software atau aplikasi mobile di kalangan masyarakat Indonesia, semakin ketat pula persaingan untuk memberikan tampilan paling ciamik.

Inilah pentingnya UI/UX Designer yang berkualitas: untuk memenangkan persaingan tampilan aplikasi dan software!

Jika UI Designer memiliki tugas untuk menentukan tampilan aplikasi atau website, maka UX Designer bertanggung jawab untuk memastikan kemudahan dari operasional aplikasi atau website tersebut. Nah umumnya kedua profesi ini menjadi satu karena harus saling bersinergi agar efektif.

Nggak cuma buat mendesain, tetapi UI/UX Designer juga harus memiliki kemampuan riset yang bagus. Mereka harus rajin-rajin wawancara atau survey ke target pengguna apakah website atau aplikasi yang digunakan sudah sesuai dengan kebutuhan mereka.

Backend Developer

Ini dia profesi yang benar-benar tahan banting! Backend developer adalah tim atau orang yang paling pertama dicari ketika terdapat error atau masalah pada website maupun aplikasi. Memangnya mereka ngapain?

Backend developer mengerjakan pengembangan web atau aplikasi dari sisi server, yaitu memastikan keduanya bisa berfungsi secara optimal sesuai tujuan. Mulai merancang model data, membuat kode aplikasi, memelihara struktur data, memecahkan masalah seperti bug, hingga riset teknis. Tentunya nggak boleh dilupakan: coding!

Content writer

Apakah kamu menyukai artikel yang sedang kamu baca? Jika iya, maka content writer artikel ini berhasil melakukan tugasnya!

Cek Konten Lainnya:
Ini Dia 5 Skill Utama Project Management Professional!

Content writer bukan cuma sekedar menulis artikel saja. Mereka harus bisa memberikan artikel yang mudah dipahami, ringkas, dan tentunya berbobot. Selain itu content writer juga harus menulis topik yang sesuai dengan pelanggan mereka. Jangan sampai website Jagoan Hosting sebagai hosting terbaik Indonesia justru menawarkan resep nasi goreng!

Kemampuan riset dan juga pengetahuan umum sangat penting untuk menjadi content writer. Enaknya, content writer biasanya dikontrak berdasarkan proyek besar, lho!

Copywriter

Bedanya apa nih dengan content writer? Jika content writer menghasilkan tulisan artikel utuh, maka copywriter berusaha untuk meringkas dan menyederhanakannya agar menjadi konten media sosial.

Yep, umumnya copywriter mengerjakan tulisan seperti caption Instagram atau iklan. Tidak lupa copywriter juga memiliki tujuan yaitu agar tujuan atau call-to-action tercapai. Misalkan saja tujuan dari caption Instagram harus memfollow atau share di Instagram Story, maka copywriting yang bagus harus membuat para pembacanya melakukan kedua hal tersebut.

Surveyor

Apakah surveyor berarti harus terjun ke lapangan? Bisa iya dan tidak. Ada surveyor yang melakukan survey melalui telefon atau daring, ada pula yang terjun ke lapangan.

Profesi ini jangan dianggap remeh, ya! Surveyor menjadi pilihan freelance yang menguntungkan karena bekerja berdasarkan proyek. Hitungannya umumnya per kepala responden yang terdaftar di data surveyor.

Selain mendapatkan cuan, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman banyak dengan berinteraksi ke berbagai orang dengan demografi beragam. Seru!

Persiapan jadi freelance handal!

Kamu mungkin akan bertanya: Terus gimana dong cara memulai menjadi freelance? Tenang, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah menyiapkan website portofolio kamu. Dengan begini, ketika orang ingin mengetahui lebih lanjut, mereka tinggal klik dan membaca informasi tentang dirimu di website.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Content Marketing? Ini Tujuan dan Strateginya

Kamu bisa berkonsultasi dengan Jagoan Hosting untuk langkah-langkah memulai membuat website lengkap dengan pilihan server hosting terbaik yang sudah disediakan. Dari langkah kecil, kamu mungkin akan membuka pintu rezeki yang lebih besar, lho! Good luck!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
Perhatikan 3 Poin Penting Sebelum Membangun Startup IoT
Saat ini banyak anak muda yang berlomba-lomba merintis sebuah startup. Sepertinya generasi millennial memang lebih suka merintis sebuah…
strategi bisnis era digital
Read More
Tips Menyusun Strategi Bisnis di Era Digital dengan Website
Dalam era percepatan teknologi, pelaku usaha wajib memiliki strategi bisnis di era digital. Ini menjadi hal yang krusial…