Cara Cek Inode Pada VPS

Dedicated Hosting
Eka Zahara
Latest posts by Eka Zahara (see all)

Haloo Sob! Pernah dengar istilah inode? Apa itu inode? Inode atau biasa disebut file usage adalah sebutan untuk banyaknya file yang ada di dalam server/hosting kamu. Jadi sebesar apapun ukuran sebuah file akan tetap terhitung menjadi 1 inode. Inode seringkali digunakan sebagai media limitasi paket hosting seperti yang ada pada layanan Unlimited Hosting - M series. Namun apakah kamu tau jika VPS juga memiliki batasan inode?

Iya benar, VPS juga memiliki batasan inode. Inode merupakan batasan yang sudah melekat pada virtualisasi VPS khusus jenis OpenVZ. Di panduan kali ini kamu akan melakukan pengecekan inode yang ada di dalam VPS. Namun jika layananmu sudah dalam kondisi inode penuh kamu bisa langsung beranjak ke panduan Penyebab Inode Naik dan Cara Memperbaikinya ya. Sebelum itu, pastikan kamu sudah menyiapkan hal-hal berikut ini ya, Sob :

  • Layanan VPS jenis OpenVZ
  • Akses SSH layanan VPS tersebut

Apabila kamu sudah siap dengan hal-hal di atas, mari kita lanjutkan ke langkah-langkah pengecekannya. Simak terus ya!

Menghitung Inode

Pada VPS dengan virtualisasi OpenVZ, inode akan dihitung per 16KB. Untuk lebih mudahnya kamu bisa menggunakan rumus perhitungan seperti di bawah ini. Sebagai contoh kita akan menggunakan contoh 20GB :

20 * 1024 * 1024 / 16 = 1.310.720

Maka untuk VPS dengan disk 20GB memiliki inode sebanyak 1.310.720 file.

Informasi berikut di dapatkan dari website resmi OpenVZ yang dapat kami cek disini.

Mengecek Penggunaan Inode

Setelah bisa menghitung banyaknya inode dari VPS mu, kamu bisa melanjutkan pada proses pengecekan penggunaan inode melalui SSH dari VPS mu.

Pertama, pastikan kamu sudah login ke VPS melalui SSH

Setelah itu kamu bisa menggunakan perintah berikut

df -i

Kolom Inodes, menunjukkan total inode yang ada di dalam server
Kolom IUsed, menunjukkan banyaknya inode yang sudah dipakai
Kolom IFree, menunjukkan banyaknya inode yang masih belum digunakan
Kolom IUse%, menunjukkan banyaknya inode yang sudah dipakai dalam bentuk persen

Apabila kondisi layanamu sudah penuh, kamu bisa cek panduan Penyebab Inode Naik dan Cara Memperbaikinya untuk mengetahui lebih detail kondisi layanan kamu.


Sekarang kamu sudah tau kan apa itu inode dan juga cara pengecekannya di VPS? Tentunya tidak sulit kan caranya. Jadi pastikan VPS kamu tidak mengalami overload inode supaya tidak menyebabkan kendala-kendala yang akan muncul di dalam VPS mu.

Jika kamu mengalami kendala atau memiliki pertanyaan, kamu bisa dengan mudah menghubungi tim support Jagoan Hosting melalui tiket atau chat yang ada di member area ya, Sob!

 

Apakah artikel ini membantu, Sob?

Berikan rating buat artikel ini!

Rata-rata rating 0 / 5. Dari total vote 0

Pertamax, Sob! Jadilah pertama yang memberi vote artikel ini!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Related Posts
Tutorial Cara Pantau monitoring Kinerja VPS anda

Hai, Sob! Buat kamu yang udah kepo sama cara pantau monitoring kinerja VPS kamu, yuk ikutin tutorialnya dibawah ini. Tapi, Read more

Tutorial Cara Migrasi File Server Website ke VPS tanpa cpanel

Hai, Sob, kamu suka bingung gimana caranya migrasi file server website ke VPS tanpa cPanel? Yuk, kamu harus banget pantengin Read more

Tutorial Cara Mengamankan Akses ke Layanan VPS Anda

Hai, Sob! Tahukah kamu, Mengamankan akses ke VPS kamu sangat penting tak terkecuali untuk akses dari SSH. Wah, gimana tuh Read more

Tutorial Cara Setting Cpanel atau WHM di VPS Kamu

Tahukah kamu, dengan membeli paket VPS SSD dan Ditambah addon cPanel dan WHM  di Jagoan Hosting, secara otomatis kamu akan mendapatkan Read more