Cari tutorial

Tutorial WordPress – Menginstal Plugin Backup pada WordPress

Resiko kehilangan data sewaktu-waktu pasti ada. Begitu pula dengan hacking. Apalagi WordPress, di mana sekuritinya bisa dikatakan cukup lemah. Namun disaster seperti ini bisa anda recovery bila anda sudah siap sedia dengan cadangan data (backup) sebelumnya. Berikut adalah sejumlah plugin backup WordPress yang telah kami kumpulkan, mungkin salah satunya bisa anda gunakan untuk sedia payung sebelum hujan.

WP-DB-Backup

Plugin WP-DB-Backup menciptakan backup data dari tabel database utama dan juga tabel lain dalam database. Dia juga memberi Anda pilihan untuk menyimpan backup data ke server atau download ke komputer Anda. Backup data ke server tentunya akan memakan space anda. Sedangkan jika anda download, dia akan memberi anda informasi link backup ke email anda.

WP Time Machine

Plugin ini menghasilkan file arsip, upload data, dan menyediakan koneksi ke salah satu penyimpanan Cloud online gratis seperti Dropbox, Amazon AWS dan S3. Jadi jika anda tidak ingin download backup ke PC atau simpan backup ke server, plugin ini cukup solutif. Sejumlah direktori seperti cache atau beberapa tabel MySQL juga bisa anda exclude dari target backup.

1-plugin-backup-wordpress

Bei Fen – Plugin Backup

Bei Fen memberikan Anda pilihan untuk mengambil file backup dari salah satu instalasi WordPress lengkap, bisa berupa file saja atau database saja. Backup juga dapat di restore dengan satu klik.

WordPress Backup

WordPress Backup dapat digunakan untuk mengambil sejumlah backup tertentu seperti gambar, direktori themes dan direktori plugin Anda.

WP S3 Backup

Dengan WP S3, backup dapat anda akan diarahkan secara otomatis ke Amazon S3, sebuah layanan penyimpanan Cloud.

WordPress DB Manajer

Dia adalah sebuah plugin yang punya fungsi cukup lengkap. Selain melakukan backup, plugin ini bisa membantu kerja database anda di antaranya optimasi, memperbaiki, memulihkan, menghapus database hingga menjalankan query.

WordPress EZ Backup

WordPress EZ akan membuat arsip backup dari seluruh situs Anda atau arsip database MySQL saja. Dia memiliki Pengatuaran Auto terhadap konfigurasi web server anda.

DBC Plugin Backup

DBC Backup dapat menjadwalkan backup database setiap harinya dengan sistem cron wp. File backup Anda akan dilengkapi perlindungan hash key sebelum ditransfer ke sebuah direktori ke server anda. Anda juga dapat mengkompres data backup tersebut ke format .Gzip atau .Bzip2.

BackWPup

Selain mengambil backup, plugin ini juga dapat mengoptimalkan pemeriksaan & perbaikan database, menyimpan backup baik ke direktori, FTP, atau cloud storage seperti Amazon S3 dan RackSpace, atau mengirimkan link backup melalui e-mail anda untuk download.

Sekian informasi beberapa plugin-plugin WordPress yang punya fungsi melakukan backup. Relatif lebih mudah daripada Backup data website melalui FTP & phpMyAdmin. Di samping plugin-plugin yang saya sebutkan, WordPress masih punya banyak sekali plugin backup lainnya. Sebelum anda install salah satunya, ada baiknya jika anda menyesuaikan kebutuhan plugin dengan server anda, agar tidak terjadi crash, atau memory limit. Begitu pula memeriksa reputasi plugin yang anda gunakan. Langkah-langkah antisipatif seperti ini dapat mengurangi resiko serangan hacking melalui celah plugin. Kalau anda, gunakan yang mana?


Apakah artikel di atas cukup membantu kamu?

Leave a Comment





Akses cepat dari dalam maupun luar negeri! Coba Cloud Hosting Singapore Sekarang! Kuota Terbatas!

AMBIL DISKON 30%