Cari tutorial

Tutorial WordPress – Menginstal Plugin Backup pada WordPress

Tahukah kamu, resiko kehilangan data kadang menghantui, begitu juga dengan hacking. Terlebih jika kamu menggunakan WordPress, bisa dikatakan rentan oleh hacking karena pengamanannya yang cukup lemah, yang mengakibatkan data-data kamu mudah hilang. Nah, kamu bisa mengatasinya dengan melakukan recovery dari backup data yang kamu lakukan jauh-jauh hari.

Nah, apasih yang kamu butuhkan untuk melakukan back up data kamu? Yuk, simak informasinya berikut ini:

Ini dia beberapa plugin WordPress yang bisa kamu gunakan untuk melakukan back up data kamu:


WP-DB-Backup

Yang pertama, Plugin WP-DB-Backup, Plugin ini menciptakan backup data dari tabel database utama dan juga tabel lain dalam database. Plugin ini juga memberikan pilihan untuk menyimpan backup data ke server atau download ke komputer kamu. Perlu diketahui, Sob, jika dilakukan backup data ke server tentunya akan memakan space kamu, sedangkan jika kamu melakukan download, plugin tersebut akan otomatis memberikan kamu informasi link backup ke email kamu.


WP Time Machine

Plugin ini menghasilkan file arsip, upload data, dan menyediakan koneksi ke salah satu penyimpanan Cloud online gratis seperti Dropbox, Amazon AWS dan S3. Jadi,  jika kamu tidak ingin download backup ke PC atau simpan backup ke server, plugin ini cukup solutif. Sejumlah direktori seperti cache atau beberapa tabel MySQL juga bisa kamu exclude dari target backup.

1-plugin-backup-wordpress

WP Time Mechine


Bei Fen – Plugin Backup

Nah, Bei Fen memberikan kamu pilihan untuk mengambil file backup dari salah satu instalasi WordPress lengkap, bisa berupa file saja atau database saja. Backup juga dapat di restore dengan satu klik.


WordPress Backup

Selanjutnya, ada WordPress Backup , plugin ini dapat digunakan untuk mengambil sejumlah backup tertentu, seperti gambar, direktori themes dan direktori plugin kamu.


WP S3 Backup

Dengan WP S3, backup yang akan kamu lakukan, akan diarahkan secara otomatis ke Amazon S3,  Amazone S3 ini adalah sebuah layanan penyimpanan Cloud.


WordPress DB Manajer

Nah, yang satu ini ada WordPress DB Manajer adalah sebuah plugin yang punya fungsi cukup lengkap. Selain melakukan backup, plugin ini bisa membantu kerja database kamu, diantaranya optimasi, memperbaiki, memulihkan, menghapus database hingga menjalankan query.


WordPress EZ Backup

Selanjutnya, ada plugin WordPress EZ akan membuat arsip backup dari seluruh situs kamu atau arsip database MySQL saja. Dia memiliki Pengatuaran Auto terhadap konfigurasi web server kamu.


DBC Plugin Backup

Terus ada juga nih, DBC Backup dapat menjadwalkan backup database setiap harinya dengan sistem cron wp. File backup kamu akan dilengkapi perlindungan hash key sebelum ditransfer ke sebuah direktori ke server kamu. Nah, Sobat juga dapat mengkompres data backup tersebut ke format .Gzip atau .Bzip2.


BackWPup

Selain mengambil backup, plugin BackWPup ini juga dapat mengoptimalkan pemeriksaan & perbaikan database, menyimpan backup baik ke direktori, FTP, atau cloud storage seperti Amazon S3 dan RackSpace, atau mengirimkan link backup melalui e-mail untuk download.


Wah, ternyata banyak yah plugin backup yang bisa kamu pilih untuk mengamankan wordpress kamu. Tentunya sebelum melakukan install kamu bisa melakukan review dan memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu, Sob. Simak terus Tips Hosting di halaman tutorial Jagoan Hosting Indonesia ya, jika ada bagian dari tutorial yang tidak ditemukan, kamu bisa menghubungi teman-teman di Jagoan Hosting supaya bisa dibantu lebih lanjut melalui Live Chat atau fitur Open Tiket ya!

Leave a Comment





#LebihMerdeka buat dapetin .COM TERMURAH 78RB disini. Mau?

Ambil Sekarang!