Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

Ini Rahasia Pentingnya Excellent Service untuk Customer

Ada salah satu ilmu bisnis yang walau tidak dipelajari namun bisa dilakukan dengan baik, itulah excellent service. Kalau ada hal yang membuat customer menarik nafas lega, tersenyum, dan selalu ingat kita, itulah service.

Pelayanan cepat, tanggap dan ramah menjadi faktor yang penting dalam penjualan atau bisnis. Inilah ilmu yang menghasilkan customer seumur hidup.

Pada artikel kali ini akan dibahas seberapa penting dan seberapa besar pengaruh pelayanan atau service dalam mempertahankan maupun memperoleh customer.

Banyak yang menghabiskan dana dan tenaga untuk mendapatkan customer baru. Sibuk merebut customer dari pesaing. Namun setelah customer tersebut berhasil didapatkan, malah tidak ditangani dengan baik.

Ibaratnya adalah setelah mengayuh sepeda sampai naik ke bukit, kemudian kita malah melepaskan setang sepeda tanpa berusaha mempertahankan sepeda agar tetap berada di atas bukit.

Mungkin bisa dengan mudah customer tertarik dengan iklan dahsyat atau rayuan maut yang ditawarkan olehi tenaga sales/marketing, namun ternyata janji yang diterima customer tidak seindah kenyataan.

Mereka protes, marah, namun tetap saja tidak dilayani dengan baik. Dan akhirnya mereka memutuskan untuk tidak mau lagi menggunakan jasa perusahaan kita.

Jadi, buat apa mengayuh sepeda naik bukit kalau untuk dilepaskan setangnya saat menurun?

Buat apa menarik banyak customer dengan berbagai macam rayuan marketing kita, namun pada akhirnya apa yang kita berikan ke customer tidak sesuai dengan janji dan iklan kita?

Perusahaan yang baik tetap membuka matanya, tetap mengayuh dan memegang setangnya bahkan lebih erat saat jalan menurun.

Perusahaan yang baik akan tetap memberikan pelayanan tanggap dan pelayanan ramah kepada para customer mereka.

Itulah mengapa sebabnya kita perlu membangun kultur service di perusahaan.

Dari paling atas (top management) sampai ke staf yang melayani customer langung , semuanya harus sadar pentingnya melayani customer yang sudah ada, bukan hanya merebut customer.

Bila customer sudah betah dengan pelayanan tanggap dari Anda, walaupun harga Anda sedikit lebih tinggi, customer akan tetap setia menggunakan jasa atau produk kita.

Bagaikan dua sisi koin, produk dan service adalah dua kesatuan yang tidak terpisahkan. Ketika orang berbicara tentang suatu produk, pasti service akan dibicarakan juga.

Bahkan service bisa mengatasi masalah sementara yang terjadi pada produk. Namun, tidak demikian sebaliknya, bila yang bermasalah adalah service, produk tidak akan bisa mengatasinya.

Banyak orang yang bersaing di product (price) dan delivery system (pricing) tetapi masih sedikit yang bersaing untuk memberikan pelayanan tanggap terhadap customer.

Bisnis yang terkenal karena service nya biasanya bisa menjual lebih mahal. Bisa dilihat contohnya adalah Starbucks Coffee, Singapura Airlines, Apple Computer, Rafle Hotel Singapura, dan lain lain.

Mari kita bahas salah satunya, yaitu Rafle Hotel Singapura yang mencapai status legendaris. Kamarnya tidak lebih “Wah” dari Ritz Carlton atau hotel bintang lima lainnya.

Namun hotel itu bisa menjual dengan harga jauh lebih tinggi, yaitu 4,5 juta per malam ketika hotel bintang lima lainnya menjual di kisaran 1,5 juta per malam.

Bukan hanya lebih mahal, namun mereka adalah yang terbaik di dunia. Mereka mengutamakan pelayanan ramah terhadap customer.

Bila pelanggan sudah puas dan sayang pada Anda, dia dengan ikhlas dan senang hati mau membayar lebih mahal. Lebih bagus lagi, walaupun lebih mahal, dia akan dengan senang hati mau merekomendasikan dan membela perusahaan Anda. Itulah the power of service.

SM Team