Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

10 Template Ini Akan Membantumu Membuat Instagram Story yang Ciamik

Lebih dari 15 juta bisnis saat ini memanfaatkan Instagram untuk memasarkan produk mereka. Tentu saja untuk menjangkau lebih banyak audiens dan menciptakan lebih banyak konversi penjualan dari iklan yang ditampilkan di Instagram. Fitur yang sangat beragam memberikan banyak kemudahan untuk para pebisnis mengembangkan campaign bisnis mereka dengan Instagram. Salah satu fitur yang paling banyak diminati saat ini adalah story.

Beberapa orang menganggap memasang story untuk bisnis tidak berguna, karena batas waktunya hanya 24 jam sebelum menghilang secara otomatis. Namun nyatanya, dengan konten yang menarik, akan membuat story bisnis di Instagram menjadi sangat menarik.

Beberapa template yang sudah dirangkum oleh Buffer di bawah ini bisa digunakan untuk menjadi konten dari bisnis yang akan memanfaatkan story Instagram.

1. Story telling

Jika melihat perkembangan bisnis dari masa ke masa, maka di tahun ini bisnis tidak lagi sekedar memasang foto produk dan menawarkan harga yang murah. Tapi juga menawarkan dan memberikan cerita yang menarik untuk pelanggan. Tidak ada salahnya untuk menyampaikan cerita yang berhubungan dengan bisnis kita. Beberapa bisnis juga menceritakan cerita di balik layar pembuatan produk terbaru mereka. Seperti:

  • Koki menunjukkan bagaimana mereka meracik dan mengolah bahan untuk menjadi masakan yang enak
  • Musisi yang menunjukkan bagaimana mereka mencari sampai mengaransemen lagu yang mereka ciptakan
  • Desainer juga menunjukkan bagaimana proses mereka membuat desain pakaian sampai pada menampilkan pakaian di cat walk.

2. Tutorial

Selain memberikan konten berisi cerita, kita juga bisa memanfaatkan story Instagram untuk konten tutorial. Berbagai tutorial yang berhubungan dengan bisnis kita bisa kiat jadikan konten. Misalnya saja tutorial membuat masakan, tutorial make up sampai dengan DIY bisa menjadi konten di Instagram Story.

3. Promosi posting terbaru blog

Jika bisnismu memiliki blog yang update setiap hari, jangan sia-siakan Instagram story untuk memposting update terbaru dari blogmu. Jangan hanya meminta mereka mengunjungi blog kita, tapi pastikan untuk menyoroti poin penting yang akan membuat audiens mau untuk mengklik.

4. Konten listing

Beberapa konten menarik lainnya adalah dengan membuat konten listing. Saat kamu memiliki artikel listing, posting saja dan buat 1 story untuk 1 poin penting. Cobalah untuk membuatnya dengan menghitung mundur. Dengan gambar yang unik dan penataan huruf yang menarik akan membuat audiens tidak ragu untuk terus mengikuti Instagram story kita.

5. Promo dengan batas waktu

Batas waktu posting Instagram story memang hanya 24 jam atau 1 hari saja. Namun hal ini tidak menghalangi kita untuk membuat konten yang menarik dan mengubahnya menjadi penjualan. Salah satu caranya adalah dengan membuat konten promo dengan batas waktu. Dimana promo hanya berlaku selama story tersebut bertengger di Instagram Story bisnis kita. Dengan begitu, audiens akan merasa harus segera memilikinya.

6. Give away dan kupon diskon

Selain promo dengan batas waktu, ada give away dan kupon diskon bagi mereka yang melihat atau swipe up Instagram story kita. Gunakan kode promo yang menarik, seperti “KAMIS MANIS”, “JUMAT CERIA” dan lain sebagainya.

7. Data penelitian terbaru

Pada dasarnya setiap orang suka dengan fakta. Baik itu data statistik maupun penelitian tersebaru. Kombinasikan konten yang akan diposting dengan pengetahuan umum yang pastinya juga dibutuhkan oleh banyak orang.

8. Quote

Netizen bukan hanya suka dengan konten yang menarik dan menyenangkan, tapi juga yang bisa meningkatkan gairah audiens untuk bertindak. Seperti halnya quote atau kata-kata inspiratif yang bisa meningkatkan semangat audiens. Kita bisa menampilkan konte quote dari pelaku bisnis yang sudah sukses, CEO dari perusahaan ternama maupun orang yang relevan dengan audiens kita.

9. Pengenalan produk terbaru

Ada kalanya bisnis kamu akan menciptakan dan mengeluarkan produk terbarunya. Sebelum benar-bena mengeluarkan, ada baiknya kita membuat spoiler untuk produk terbaru yang akan kita launching. Memberikan sedikit kalimat atau video yang menggugah rasa penasaran audiens adalah cara yang bisa dicoba.

10. Live berita terupdate

Yang terakhir adalah live berita terupdate. Kita bisa juga live saat bisnis kita sedang mengikuti event, seperti pameran, seminar maupun expo. Memposting live berita terupdate akan membuat bisnis kita lebih dekat dengan audiens atau follower.

Nah, di atas adalah beberapa contoh dan saran yang bisa juga kamu terapkan untuk Instagram story bisnismu. Jadi, mau nunggu apalagi gengs?

Nelsi Islamiyati