Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

10 Tips Customer Assistance yang Harus Selalu Diperhatikan

Pernahkah kamu tahu cara menjadi Customer Assistance yang tangguh dan dapat melayani setiap kebutuhan customer? Customer Assistance atau mungkin kalian lebih familiar dengan istilah customer servise membutuhkan skill khusus yang mana jiwa mereka akan terbentuk dengan sendirinya. Mereka harus mengetahui permasalah yang ada dan harus memberikan solusi terbaik, jika mereka tidak ingin mendapatkan pengalaman yang buruk dari pelanggan atau customer kita.

Kita sering mendengar isitilah empati adalah skill yang perlu dimiliki seorang customer assistance. Ya, memang hal tersebut benar dan menjadi permulaan yang baik ketika seorang customer assistance berpegang teguh pada sifat tersebut.

Beberapa dari skill tersebut akan muncul dengan sendirinya dijiwa setiap agent. Namun banyak hal yang mungkin tidak diketahui dan datangnya bukan dari apa yang akan diberikan kepadmu, namun hal – hal diluar lapangan.

Apa Yang Harus Kita Miliki?

Berikut merupakan beberapa hal yang sangat krusial dan bisa dibilang wajib untuk dimiliki setiap customer assistance adalah berikut ini :

1. Dedikasi untuk pelanggan

Customer Assistance perlu memperjuangkan pelanggan agar senantiasa danmereka yang datang kepadamu telah mengahiri permasalahannya. Bahkan setiap masalah yang mungkin tidak memberikan keuntungan kepadamu. Kamu harus dan tetap membantu dan memperjuangkan kepada mereka. Namun jangan lupa untuuk senantiasa memberi nasihat kepada mereka yang tersesat.

Perlakukan setiap orang atau bagian dari kehiduanmu untuk mendaptkan hak kebahagiaan secara bersamaan.

2. Tanggungjawab

Seorang agent atau customer assistance harus merasa bertanggung jawab dan peka terhadap apa yang akan mereka lakukan terhadapat pelanggan. Di beberapa kasus, solusi yang baik akan bekerja apabila perusahaan dan pelanggan saling mendapatkan keuntungan baik dari sisi pelayanan tidak harus dalam bentuk materi.

Dengan cara berikut hasil yang didapat akan semakin menguntungkan antara keduanya, dan pelanggan tidak akan segan – segan untuk memberikann penghargaan terhadap pelanggan dengan kesetiaan.

3. Kesabaran

Transparansi merupakan tanda bahwa anda bukan hanya seorang customer assistance yang baik, namun juga perwujudan perusahaan yang baik. Tanpa adanya transparansi dan tidak diikuti dengan kesabaran. Maka pelanggan setidaknya akan mengerti bagaimana sebuah perusahaan yang dia percayai dapat memberikan apa yang memang seharusnya didapatkan.

Jangan sampai kita memberikan sesuatu terhadap pelanggan hanya karena ingin mencapai sesuatu, tanpa mempertimbangakan kebutuhan pelanggan yang sesungguhnya.

4. Skill penyelesaian masalah

Seorang customer assistance harus bisa memberikan solusi yang cepatt atas segala permasalahan pelanggan. Terutama ketika sebuah perusahaan memberikan batasan untuk melakukan feedback ulang kepada pelanggan, maka tiap agent perlu memberikan jawaban terbaik. Setidaknya ketika kita tidak menemukan jawaban maka kita dapat memberikan pilihan lain terhadap pelanggan.

5. Antisipasi dan memilih jalan yang benar

Kamu mungkin berpikir antisipasi terlihat seperti meramalkan masa depan, namun hal tersebut sangat diperlukan untuk setiap masalah yang ada. Apabila seorang pelanggan memberikan pertanyaan kapankan promo tersebut berakhir? Maka setiap agent harus memberikan jawab yang sesuai dan apabilabelum ditentukan antisipasi jawaban juga perlu disediakan. Agar setiap pelanggan tidak meraa dibohongi dan ditipu. Jangan lupakan untuk memilih dan mimbang jalan yang mana yang diambil.

Dapatmenjadi pertimbangan ketika pilihan di depan mata dan anda harus menentukan yang mana yang harus dipilih? Coba informasikan dan komunikasikan dengan pihak terkait yang setidaknya memiliki kapabilitas untuk menjawab pertanyaan yang ada.

6. Pengetahuan produk dan komunikasi yang jelas

Jika kamu merasa mengetahui pengetahuan produk yang ada di perusahaan tersebut, maka pastikan untuk mengerti luar dan dalam. Semakin dalam pertanyaan maka semakin dalam pula pengetahuan produk yang harus dimiliki.

Dan disetiap penjelasan yang diberikan kita harus dan perlu memberikan bahasa komunikasi yang jelas pula. Agar senantiasa mengerti dan memahami apa yang kita jelaskan.

Sifat – sifat diatas merupakan sifat-sifat wajib yang dimiliki customer assistance Jagoan Hosting Indonesia. Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut langsung saja cek dan chatting cengan tim customer assistance kami! 🙂

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!

+ +