Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia

4 Tips Keamanan Email untuk Bisnis Lebih Profesional

Email menjadi media komunikasi yang tidak lekang oleh waktu, terlebih untuk bisnis. Nah, menjaga keamanan email menjadi hal yang wajib dilakukan.

Ketika berbicara tentang komunikasi atau jalinan interaksi dengan pelanggan, maka akan banyak jalan atau banyak cara yang digunakan sebagai media untuk berkomunikasi satu sama lain. Pelanggan cenderung memilih jalur komunikasi yang mudah dijangkau, aman, nyaman.

Salah satunya email, sebagai media komunikasi yang masih menjadi pilihan utama suatu perusahaan. Keamanan email sangatlah rumit, namun beberapa perusahaan meletakkan strategi agar akun email mereka tetap aman dan tanpa terganggu oleh spammer. Lalu bagaimana sebagai pengguna email untuk mengamankan email? Berikut 4 tips yang dapat kamu terapkan di akun email pribadi kamu.

1. Password juga harus didisiplinkan lo!

Biasakan mengganti password setiap beberapa bulan sekali, atau setidaknya sebuah password haruslah unik. Karena apa? Semakin mudah password anda terbaca maka akan semakin mudah pula email ada terbobol. Ubah domain kamu perbulan, atau jika kamu merasa kesulitan cobalah ubah beberapa bulan sekali.

2. SSL (Secure Socket Layer)

Mungkin banyak pengguna email yang belum mengerti mengenai apa itu SSL? Salah satu fitur tambahan yang bisa kamu pasang di email, jika kamu menggunakan email hosting tersendiri. Maka kamu bisa tambahkan SSL sebagai enkripsi data email. Salah satu contoh SSL yang dapat kamu jadikan pertimbangan bisa kamu dapatkan di provider Hosting Terbaik Indonesia seperti Jagoanhosting.com.

Dengan terenkripsinya sebuah email, maka akan mempengaruhi kualitas keamanan server email kamu. Hal ini terlihat simpel dan mungkin kamu tidak menyadarinya, walaupun tidak menggunakan SSL memang tidak masalah, namun lebih baik mencegah sebelum hal – hal yang tidak diinginkan terjadi bukan? Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat memilih SSL.

3. Berhati – hatilah dengan Attachment Email

Hacker selalu menggunakan berbagai cara untuk membobol akun, namun ada baiknya kita sebagai pengguna email juga meperhatikan apa yang kita kirimkan ke email tujuan. Attachment juga perlu kamu cek dan pertimbangkan, jangan sampai kamu mengirimkan attachment email yang berpotensi membawa virus di dalam email hosting.

Dan juga anda perlu berhati – hati ketika melakukan klik di suatu link yang tidak dikenal bisa jadi link tersebut merupakan link mengandung phising.

4. Perhatikan Data Penting Email Anda!

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dan jangan sampai lengah, seringkali kamu mengirimkan data atau hal-hal yang seharusnya tidak dikirimkan menggunakan email, ketika email tersebut terbobol maka akan berdampak buruk bagi perusahaan kamu.

Sehingga pastikan kembali bahwa email yang anda kirimkan benar benar jauh dari pengaruh hacker atau spammer. Pastikan gunakan layanan email hosting yang menyediakan SSL dan anti spammer. Karena mencegah jauh lebih baik daripada hal tersebut terjadi.

Jika sudah tahu begini, pastinya kamu tidak akan menyepelekan pentingnya mengamankan email untuk bisnis kamu ya? Nah, kamu yang menggunakan Hosting Terbaik Indonesia untuk website bisnismu, bisa melengkapinya dengan layanan SSL sebagai security untuk email bisnismu. 

SM Team

  • Nadia Veronica

    Proses Deposit & WD tercepat hanya di METROQQ
    Permainan fair tanpa Bot, Tanpa Admin 100% Player Vs Player

    Dapatkan Bonus Yang Menarik Setiap Harinya
    • Bonus Turnover 0.3 – 0.5% (Dibagikan setiap hari Senin)
    • Bonus Referal 10% + 10% (Seumur Hidup)

    PIN BBM: 2BE32842

  • Nadia Veronica

    Proses Deposit & WD tercepat hanya di METROQQ
    Permainan fair tanpa Bot, Tanpa Admin 100% Player Vs Player

    Dapatkan Bonus Yang Menarik Setiap Harinya
    • Bonus Turnover 0.3 – 0.5% (Dibagikan setiap hari Senin)
    • Bonus Referal 10% + 10% (Seumur Hidup)

    PIN BBM: 2BE32842