Tahukah kamu jika belajar coding otodidak untuk jadi programmer rupanya bisa dilakukan siapa saja? Yup, termasuk kamu sebagai seorang pemula.

Meskipun tidak kuliah di jurusan terkait, kamu tetap bisa belajar programming dan memiliki wawasan serta pengalaman setara atau bahkan lebih unggul dengan mereka yang duduk di bangku kuliah jurusan programming. 

Eits, tapi untuk menjadi seorang programmer, kamu membutuhkan niat dan tekad yang kuat. Jika sudah memiliki dua hal tersebut, kamu tentunya akan lebih mudah belajar lebih dalam tentang perkodingan berikut.

Tak perlu berlama-lama, yuk langsung saja simak tips jitu belajar coding otodidak yang bisa kamu lakukan tanpa harus kuliah di bawah ini!

Tips Belajar Coding Otodidak

Nothing is impossible. Mungkin kalian cukup sering mendengar kalimat tersebut. Kata-kata itulah yang menggambarkan cara belajar coding otodidak ini. Selama kamu yakin dan benar-benar serius, pasti ada jalan untuk menjadi programmer handal!

1. Mulailah dengan belajar algoritma dasar

Tips pertama dari belajar coding otodidak adalah mempelajari algoritma dasar. Kamu bisa mempelajari algoritma dasar dari para ahli yang tersebar di internet. Pemahamanmu juga akan semakin luas karena kamu bisa mendapat kesempatan untuk memperoleh ilmu dari berbagai guru atau pembimbing dari seluruh dunia. 

2. Menentukan bahasa pemrograman

belajar otodidak jadi programmer
Photo by Lukas from Pexels

Cara termudah untuk belajar coding otodidak adalah menentukan bahasa pemrograman yang akan dipelajari.

Pilih bahasa yang paling mudah dipahami. Setelah kamu menguasai bahasa pemrograman, tingkatkan skill atau kemampuan dengan belajar bahasa pemrograman yang memiliki tingkatan lebih sulit.

Baca juga: Belajar Web Programming, Mulai dari Mana? Ini Tahapannya

3. Tetapkan jadwal belajar yang konsisten 

Selain niat, yang harus kamu persiapkan saat belajar coding otodidak adalah memiliki jadwal yang konsisten karena tidak jarang, di tengah-tengah belajar kamu akan malas dan akhirnya tidak meneruskan proses belajar pemrograman.

Caranya yakni dengan meluangkan waktu 1-2 jam untuk belajar ilmu pemrograman setiap harinya secara konsisten. 

4. Memanfaatkan modul dan tutorial online

Sebagai seorang yang belajar coding otodidak, kamu bisa memanfaat platform pembelajaran online yang sudah banyak tersedia di internet.

Kamu bisa memilih platform pembelajaran online yang terpercaya bisa melalui YouTube atau website ilmu pemrograman dan lain sebagainya. Hal ini akan mempermudahmu untuk mempraktekan ilmu yang sedang dipelajari.

Sebagai programmer pemula dan sedang belajar otodidak kamu harus rajin membaca modul dan tutorial lainnya untuk memperluas pengetahuanmu. 

5. Jangan melakukan copy-paste

Meskipun belajar melalui platform online usahakan untuk tidak mudah meng-copy paste kode-kode script yang tersedia, serta jangan terlalu terpaku dengan pada modul atau tutorial online.

Alangkah baiknya jika kamu juga mengembangkan ide dalam belajar yang akan menghindarkan untuk copy paste yang juga bisa meningkatkan kemampuan dan kreativitas di ilmu pemrograman.

6. Praktik langsung dan perbaiki kesalahan

belajar otodidak jadi programmer
Photo by Christina Morillo from Pexels

Setelah belajar coding otodidak melalui platform belajar online, selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah praktik langsung.

Dengan melakukan praktik secara langsung dari apa yang kamu pelajari, kamu bisa mengoreksi kesalahan dan memperbaikinya hingga untuk menjadi lebih baik. Jika kamu tidak menemukan penyelesaian masalah atau tidak menemukan kesalahan, kamu juga bisa berkonsultasi langsung dengan orang yang lebih ahli yang bisa membantumu menyelesaikan permasalahan.

Selain itu, kamu bisa dapat masukan dari yang lebih ahli dan bisa menjadikanmu lebih berkembang menjadi programmer yang handal dan profesional. 

Nah, itu dia beberapa strategi jitu yang bisa kamu praktekkan langsung untuk belajar ilmu pemrograman secara otodidak yang saat ini lebih mudah karena platform online untuk belajar bahasa pemrograman sudah banyak tersedia mulai dari yang berbayar hingga gratis.

Nah, meskipun belajar coding otodidak, tapi jangan setengah-setengah ya Sob selama prosesnya! Ada baiknya kamu mempersiapkan semua kebutuhan yang bisa mendukung kariermu sebagai programmer dengan berlangganan hosting terbaik untuk project atau website yang sedang kamu bikin, Sob!

Bingung mau berlangganan dimana? Udah pasti di Jagoan Hosting dong! Karena sebagai partner programmer otodidak maupun profesional, Jagoan Hosting siap memberikan pelayanan terbaik dengan hosting, domain dan VPS terbaik di Indonesia! Bocoran, harganya ramah banget di kantong!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like