7 Cara Memperbaiki Strategi Pemasaran yang Gagal

Tidak ada pengusaha yang memiliki strategi pemasaran yang sempurna. Bahkan jika kamu sudah berpengalaman sebagai pemasar atau pengusaha.

Jadi, katakanlah kamu sudah memiliki strategi pemasaran yang sebagian besar adalah “gagal.” kamu tidak melihat hasil sesuai dengan yang kamu prediksikan maupun laba atas investasi (ROI), atau menunjukkan bahwa strategi pemasaran kamu tidak sesuai dengan harapan kamu.

Disini kamu akan belajar mengenai apa saja masalah dalam pemasaran dan solusinya, Dan bagaimana cara mengatasi produk gagal dan solusi yang tepat.

apa yang seharusnya kalian lakukan jika produk yang kalian buat belum sesuai dengan harapan?. Kamu akan menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut dan solusinya disini.

1. Berikan lebih banyak waktu

Proses dalam Strategi Marketing
Proses dalam Strategi Marketing

Kalian pasti setuju jika dalam berbisnis atau pemasaran membutuhkan waktu. Tidak ada sebuah usaha yang hasilnya instan, Tentu semuanya membutuhkan proses untuk mencapai keberhasilan.

Misalnya strategi digital marketing seperti SEO, Proses Optimasi search engine membutuhkan waktu lama untuk memulai dan prosesnya. Jika kamu berinvestasi pada merek produk kamu, atau jika kamu mengkamulkan beberapa cara untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan, jangan berkecil hati hanya setelah beberapa minggu usaha.

Jadi jika kamu menjadi seorang marketers dan sudah memasang iklan maupun promo, seperti iklan PPC kamu harus segera mulai bekerja dan memperbaiki dan melakukan optimasi strategi yang kamu gunakan seiring berjalannya waktu.

Jika kamu bekerja pada strategi jangka panjang, pertimbangkan untuk memberi waktu lebih banyak untuk mengembangkan kampanye promo kamu agar lebih mengikat banyak pelanggan.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Newsletter? Pengertian, Cara Membuat & Tipsnya

Promo merupakan magnet bagi para pelanggan, Misalnya saja seperti Promo domain murah yang diberikan oleh Jagoanhosting.com. Kamu bisa melihat berbagai jenis promo di halaman berikut.

2. Bedakan itu

masalah dalam pemasaran dan solusinya
Menjadi Seorang Yang Kreatif adalah Solusi Masalah Pemasaran

Dunia pemasaran sangat kompetitif, terutama di dunia seperti pemasaran konten dan media sosial. Ada ribuan merek yang bersaing untuk mendapatkan perhatian audiens target kamu, jadi apa yang membuat strategi kamu unik? dan bagaimana mengatasi permasalahan dalam pemasaran melalui media sosial tersebut?

Jadi apa yang harus dibenahi dalam mengembangkan produk perusahaan yang hampir sama dengan produk lain dan bagaimana strategi pemasaran yang kamu gunakan untuk masalah tersebut? Disinilah pentingnya melakukan perencanaan pengembangan produk.

Jika kamu mengatakan hal yang sama dengan yang dikatakan pesaing kamu, atau jika desain kamu menyatu sebagai suara latar, kampanye kamu akan goyah. Lakukan inovasi dan lakukan perbaikan dengan memberikan sesuatu yang unik yang hanya menjadi ciri khas oleh merek kamu. Inilah cara membedakan dengan merek pesaing bisnis kamu lainnya.

Dengan menjadi orang yang kreatif, Kamu bisa mengatasi perencanaan yang gagal untuk mengembangkan produk yang hampir sama dengan pesaing.

3. Buatlah tawaran yang lebih berharga

strategi pemasaran
Adanya Penawaran Terbaik Menjadi Strategi Dalam Manarik Pelanggan

Semua bentuk pemasaran menargetkan beberapa interaksi sebagai tujuan akhir, entah itu membeli produk atau mengunjungi situs web. Untuk menanggapi hal tersebut, pelanggan kamu membutuhkan sesuatu yang berharga sebagai imbalan. Terkadang, itu produk yang mudah dijjangkau. Di lain waktu, juga bisa berupa hadiah.

Jika kamu tidak mendapatkan cukup tanggapan atau hasil dari kampanye yang kamu lakukan, ini mungkin kamu perlu meningkatkan nilai penawaran kamu. Itu bisa berarti menawarkan diskon pada produk utama kamu dan menambahkan lebih banyak hadiah gratis.

Cek Konten Lainnya:
6 Profesi Kece yang Bisa Buat Kamu Sukses di Era Digital

Hal ini bisa menjadi solusi yang cukup ampuh dalam mengatasi produk tidak laku yang terjadi. Sama halnya dengan promo, Pemberian penawaran terbaik untuk pelanggan bisa menjadi magnet atau ladang untuk menarik para pelanggan.

4. Retarget agar sesuai dengan audiens kamu

dampak langsung kegagalan dalam pemasaran
Target Audience Yang Relevan Meningkatkan Konversi Penjualan

Salahsatu masalah yang muncul dalam melakukan strategi pemasaran yaitu tentang bagaimana cara mengatasi pasar dan informasi yang tidak sempurna?.

Untuk mengatasi mengatasi kegagalan pemasaran karena informasi pasar yang tidak sempurna bisa dengan cara menjalankan penelitian. Jalankan beberapa penelitian baru mengenai demografi target kamu dan sesuaikan pesan kamu agar sesuai dengan orang yang ingin kamu jangkau. Jadi kamu harus menjangkau audiens dengan penyesuaian-penyesuaian yang sudah kamu lakukan.

Menargetkan audiens generik mungkin tampak seperti pilihan cerdas untuk mendapatkan hasil yang lebih tinggi. Lagi pula, kamu akan mencapai jumlah orang yang lebih banyak. Namun, hampir selalu lebih baik menargetkan audiens yang lebih kecil dengan pesan yang lebih relevan.

5. Segmen (dan AB test) strategi

strategi pemasaran produk
AB Test Sangat Dibutuhkan Untuk Menemukan Solusi Pemasaran Terbaik

Bagaimana cara menyusun strategi agar strategi tersebut dapat menjadi sebuah solusi? mungkin pertanyaan tentang strategi marketing tersebut muncul dibenak kalian.

Dengan memanfaatkan strategi AB test Marketing kamu bisa mengetahui dampak langsung kegagalan dalam pemasaran, Dengan begitu kamu bisa menjadikan hal tersebut menjadi strategi untuk bisa menemukan solusi mengatasi permasalahan pemasaran yang kamu temukan saat melakukan AB test.

Sebagai alternatif, kamu bisa melihat hasil yang lebih baik dengan mengelompokkan strategi kamu ke dalam jalur diskrit. Misalnya, kamu dapat menargetkan satu segmen pemirsa di saluran utama, dan segmen pemirsa lainnya di saluran sekunder.

kamu juga bisa bereksperimen dengan berbagai jenis pesan dan media, menjalankan tes AB untuk melihat mana yang berkinerja lebih baik di lingkungan yang terkendali. Dengan cara ini, kamu akan memiliki data yang lebih spesifik tentang komponen pemasaran mana yang bekerja dan mana yang tidak

Cek Konten Lainnya:
Cara Membuat Website E-Commerce: 6 Langkah Jualan Online

6. Cobalah strategi baru

Solusi cara mengatasi produk gagal
Adanya Strategi Baru Sangat Dibutuhkan Dalam Pemasaran

Jika tidak satu pun strategi ini berhasil dan kamu merasa strategi kamu adalah kurang, cobalah sesuatu yang baru. Itu “sesuatu yang baru” bisa menjadi strategi yang sama dengan sudut yang sama sekali baru, atau strategi baru sama sekali. Ini tidak berarti strategi itu tidak ada gunanya, tapi itu berarti kamu harus fokus pada hal lain – setidaknya dalam jangka pendek.

Strategi pemasaran jarang sukses total atau gagal total. Bahkan jika kamu berkinerja baik, akan ada faktor-faktor yang tidak terjangkau dan peluang utama kamu untuk belajar dari kesalahan kamu. Bahkan jika kamu berkinerja buruk, kamu akan selalu punya waktu untuk mengatasi kesalahan kamu dan memulai lagi.

Bereksperimenlah dengan pendekatan yang berbeda ini saat memodifikasi strategi pemasaran yang ada, dan akhirnya, kamu akan dapat membentuk strategi yang lebih sesuai dengan audiens dan efektif sejak awal. Selalu ada sesuatu yang baru untuk dipelajari, dan selalu lebih banyak cara untuk menjadi lebih baik.

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
membuat mail merge
Read More
Cara Membuat Mail Merge di Microsoft Word, Mudah dan Cepat!
Apakah kamu sering merasa kebingungan jika harus mengirim surat atau undangan dengan jumlah penerima cukup banyak? Kalau iya,…
apa itu flowchart
Read More
Apa itu Flowchart? Fungsi, Simbol & Jenisnya
Apa itu flowchart? Flowchart adalah istilah yang umum didengar, khususnya bagi para developer. Nah, dalam artikel Jagoan Hosting…