Data Lifecycle Management: Pengertian, Manfaat dan Fasenya

Data Lifecycle Management
Data Lifecycle Management

Data lifecycle management pada perusahaan sangatlah penting, Apakah kalian pernah merasa kesulitan untuk menentukan dan mengelola informasi data? Masalah tersebut bisa teratasi dengan menggunakan DLM. 

Nah, DLM atau Data Lifecycle Management sendiri memungkinkan kamu untuk mengelola aliran data di seluruh proses yang dialaminya dari titik kontak pertama hingga terakhir. 

Apa itu Data Lifecycle Management?

Data Lifecycle Management adalah proses pengolahan data yang mengacu pada sebuah definisi dan melalui penataan langkah-langkah yang diikuti oleh informasi dalam perusahaan dengan tujuan memaksimalkan masa manfaatnya.

Jadi dalam Manajemen data ini, Akan membutuhkan penggunaan sumber daya yang telah ditawarkan oleh teknologi informasi untuk pemrosesan otomatisnya. Kamu bisa menggunakan teknologi Big Data saat ini untuk mengelola Data.

Melalui hal tersebut memungkinkan kamu untuk mengumpulkan data yang nantinya akan dianalisis dan dilacak sampai saat proses penyimpanan atau pembersihannya.

Dalam hal ini penggunakan Deskriptif Analitik dan Prediktif analitik untuk mendapatkan dan mengelola data.

Manfaat Data Lifecycle Management untuk perusahaan

Perusahaan yang menerapkan DLM dan memastikan dalam penanganan yang baik dari data maupun informasi yang dihasilkan, Maka perusahaan memiliki beberapa keunggulan, yang meliputi:

  • DLM memungkinkan perusahaan untuk memenuhi persyaratan yang diterapkan oleh masing-masing sektor industri agar penyimpanan data dapat dipenuhi.
  • Menjamin infrastruktur perlindungan data yang baik, yang membantu perusahaan dalam keselamatan jika terjadi risiko atau darurat. Hal Ini juga berlaku untuk informasi in-house dan data pelanggan yang bekerja dengan perusahaan.
  • Ekstraksi dan pemeliharaan informasi sepanjang siklus data yang memungkinkan nilai yang diperbaharui selalu tersedia.
  • Adanya ketersediaan data yang bermanfaat, bersih, dan akurat yang tersedia untuk semua pengguna. Sehingga meningkatkan kelincahan dan efisiensi proses perusahaan.
Cek Konten Lainnya:
Apa itu Hardware? Fungsi, Jenis & Contohnya

7 Fase dalam Data Lifecycle Management

Fase Data Lifecycle Management
Fase Data Lifecycle Management

Agar kalian benar-benar memahami tentang apa itu implikasi penerapan manajemen siklus hidup data bagi perusahaan, perlu mengetahui setiap fase yang dilalui data selama siklus hidupnya.

1. Pengumpulan data

Data Lifecycle dimulai dengan melakukan pengumpulan informasi. Proses ini memungkinkan terciptanya nilai-nilai atau data/ informasi yang belum ada, tetapi proses ini yang diperlukan sebagai bagian dari operasi perusahaan. 

Dalam proses ini, Pengalaman pertama yang dibutuhkan oleh suatu item data adalah lulus dalam firewall (aturan) perusahaan . 

Hal Ini menunjukkan jika Pengambilan Data dapat didefinisikan sebagai sebuah tindakan untuk menciptakan nilai data yang belum ada dan belum pernah ada dalam perusahaan.

Ada tiga cara utama mendapatkan data :

  • Akuisisi Data: Proses penggunaan data yang sudah ada dan telah diproduksi oleh organisasi di luar perusahaan. Data tersebt nantinya dikumpulkan untuk dikelola oleh perusahaan.
  • Entri Data: Pengumpulan data dengan cara membuat nilai data baru untuk perusahaan baik oleh manusia atau perangkat yang menghasilkan data.
  • Penerimaan Sinyal: pengambilan data yang dibuat oleh perangkat, biasanya penting dalam sistem kontrol, tetapi menjadi lebih penting untuk sistem informasi dengan Internet of Things.

Mungkin banyak cara lain yang bisa digunakan untuk mengumpulkan data, Namun tiga yang sudah diidentifikasikan diatas memiliki tantangan Tata Kelola Data yang lebih signifikan.

Misalnya, dalam melakukan akuisisi data kebanyakan orang sering melibatkan kontrak yang mengatur bagaimana perusahaan diizinkan untuk menggunakan dan mengolah data yang diperolehnya dengan cara ini.

Cloud VPS

2. Pemeliharaan data

Setelah adanya pengambilan data tadi, Maka biasanya akan dijumpai Pemeliharaan Data. Hal ini bisa didefinisikan sebagai penyediaan data terhadap titik-titik di mana Sintesis Data dan Penggunaan Data terjadi.

Cek Konten Lainnya:
Cyber Security Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Penerapannya

Ketika Sebuah perusahaan sudah mendapatkan sebuah data berdasarkan fase pertama, Maka pastikan data tersebut harus tetap bersih. Hal tersebut agar dalam pengelolahan data dapat membuat proses bisnis dapat berjalan secara efektif.

Pemeliharaan Data adalah suatu proses data tanpa memperoleh nilai apa pun darinya untuk perusahaan. Proses ini sering melibatkan tugas-tugas seperti pergerakan, integrasi, pembersihan, pengayaan, dan pengambilan data yang berubah.

3. Sintesis data

Fase Data Lifecycle Management  ini tidak umum untuk semua informasi yang diproses, tetapi penting dalam kasus-kasus di mana diperlukan untuk membuat data yang berharga melalui penalaran induktif. 

Fase ini merupakan arena analitik yang menggunakan pemodelan, seperti yang ditemukan dalam pemodelan risiko, pemodelan aktuaria, dan pemodelan untuk keputusan investasi. 

Penurunan menurut logika deduktif bukan bagian dari ini – yang terjadi dalam Pemeliharaan Data. Contoh logika deduktif adalah Penjualan Bersih = Penjualan Bruto – Pajak. Jika kamu tahu Penjualan Kotor dan Pajak, dan kamu tahu persamaan sederhana yang baru saja diuraikan, maka kamu bisa menghitung Penjualan Bersih.

4. Penggunaan data

Pada fase siklus data lifecycle ini ditandai dengan penerapan data yang dikumpulkan dan diproses sebagai bagian dari administrasi perusahaan. Perlu diingat jika di banyak perusahaan informasi ini bahkan merupakan bagian dari model bisnis mereka.

Selain itu, kamu juga harus menunjukkan bahwa data manajemen yang memadai dalam fase ini menyiratkan mengetahui potensi pembatasan penggunaan yang mungkin berlaku untuk informasi ini.

Penggunaan data memiliki tantangan Tata Kelola Data khusus. Salah satunya adalah apakah legal menggunakan data dengan cara yang diinginkan oleh pelaku bisnis. Ini disebut sebagai “penggunaan data yang diizinkan”. 

5. Publikasi data

Dalam Data Lifecycle Management, Penggunaan informasi juga dapat dilakukan di luar lingkungan bisnis itu sendiri. Dengan kata lain, Ketika digunakan ada kemungkinan bahwa nilai data tunggal kamu dapat dikirim ke luar perusahaan. Hal tersebut dapat didefinisikan sebagai pengiriman data ke lokasi di luar perusahaan.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu VGA? Pengertian, Fungsi, Jenis dan Tips Memilihnya

Contohnya adalah ketika seseorang yang mengirimkan laporan bulanan kepada kliennya. Setelah data dikirim ke luar perusahaan, sebenarnya mustahil untuk mengingatnya. Nilai data yang salah tidak dapat diperbaiki karena berada di luar jangkauan perusahaan. 

Dalam hal ini tata kelola data mungkin perlu membantu dalam memutuskan bagaimana data yang salah yang telah dikirim dari perusahaan akan ditangani.

6. Penyimpanan data

Penyimpanan adalah langkah pertama yang dilakukan pada awal akhir Data lifecycle management. Dalam fase ini, data disimpan tanpa pemrosesan lebih lanjut. Jadi dalam fase ini data menunggu penghapusannya dari lingkungan produksi aktif atau melakukan pemulihan data jika perlukan.

Yang perlu kamu ketahui jika arsip Data adalah penyalinan data ke suatu lingkungan di mana ia disimpan jika diperlukan lagi dalam lingkungan produksi aktif, dan penghapusan data ini dari semua lingkungan produksi aktif.

Jadi, Arsip data hanyalah tempat dimana data disimpan, tetapi di mana tidak ada pemeliharaan, penggunaan, atau publikasi terjadi..

7. Pembersihan data

Sekali data tidak lagi berguna dengan cara apa pun untuk perusahaan, maka data tersebut sebaiknya dihapus. Sangat penting untuk proses ini dilakukan dengan benar untuk menjamin manajemen data yang baik.

Pentingnya melakuakan analisis data untuk Data lifecycle management yang baik dan mengikuti semua fase siklus hidup data sangat penting untuk sejumlah besar tindakan yang dilakukan oleh perusahaan setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
menerapkan pembelajaran daring
Read More
Inilah Tips Menerapkan Pembelajaran Daring yang Efektif!
Menerapkan pembelajaran daring di tengah pandemi ini menuntut guru untuk menyesuaikan diri dengan cepat agar bisa tetap menjalankan…
Cara membuat podcast di spotify
Read More
6 Cara Membuat Podcast di Spotify yang Mudah untuk Pemula
Ingin coba terjun menjadi podcaster? Pelajari dulu cara membuat podcast di Spotify berikut. Tak perlu khawatir, karena ditujukan…