Bisnis Aplikasi Android ― Aplikasi memegang peranan penting di dalam ponsel pintar. Kehadiran dari aplikasi-aplikasi menarik yang bisa diunggah di Android maupun iOS seakan menjadi penyelamat untuk memudahkan kehidupan manusia di era digital.

Kini manusia dapat dengan mudah berkomunikasi dan melihat kehidupan orang lain lewat aplikasi media sosial, memesan makanan maupun taksi pun bisa menggunakan aplikasi, bahkan memesan tiket pesawat atau kamar hotel, semua itu dapat dilakukan dalam satu genggaman. Coba bandingkan dengan 10 tahun ke belakang, dimana aplikasi-aplikasi penunjang kemudahan seperti ini masih sangat minim.

bisnis aplikasi android
gambar dari unsplash

Penelitian di tahun 2016 menunjukkan bahwa waktu yang dihabiskan pengguna ponsel pintar untuk menggunakan aplikasi mencapai 900 miliar jam. Hal yang sama juga ditunjukkan oleh total unduhan yang mencapai 90 miliar unduhan. 

Faktanya, aplikasi pada ponsel pintar merupakan bisnis yang menggiurkan di mata pengembangnya. Jangan heran jika bisnis aplikasi Android bisa dijadikan aset masa depan yang menguntungkan, sebab penggunaannya yang masif di kalangan masyarakat.

Langkah awal berinvestasi pada bisnis aplikasi Android ini dilakukan dengan mempersiapkan sebuah aplikasi yang dapat diunggah pengguna ponsel pintar di Play Store. Jenis aplikasi yang biasanya ramai digunakan adalah aplikasi yang menunjang gaya hidup maupun berbentuk permainan. 

Kerjasama antara investor dan pembuat aplikasi, yang biasa disebut programmer, perlu dilakukan untuk merilis aplikasi di Play Store. Namun, bagaimana cara mempublikasikan aplikasi ke Play Store agar dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah?

Artikel mengenai bisnis aplikasi Android ini akan membahas langkah publikasi aplikasi di Play Store melalui akun Google Play Developer Console. Simak informasinya sampai habis, ya, Sob!

Mendaftarkan diri di “Accept Developer Agreement”

mendaftar bisnis aplikasi android
gambar dari unsplash

Langkah awal untuk mempublikasikan aplikasi di Play Store yaitu dengan membuat akun Google Play Developer. Setelah sudah memiliki akun, kamu bisa mendaftarkan diri di bagian “Accept Developer Agreement”. Apabila kamu sudah menyetujui terms and conditions, beri centang pada box persetujuannya.

Selanjutnya, kamu akan diarahkan untuk melakukan pembayaran registrasi sebesar kurang lebih Rp260.000. Setelah itu, barulah kamu akan dipandu untuk mengisi data lengkap. Jika proses pendaftaran sudah selesai, barulah kamu bisa mengakses Google Play Developer Console. 

Lakukan proses publikasi, begini caranya

publikasi bisnis apliaksi android
gambar dari unsplash

Sebelum mempublikasikan aplikasi buatanmu, pastikan bahwa aplikasimu sudah pada tahap sempurna dan tidak ada revisi yang harus dilakukan lagi. Kecuali jika kamu ingin melakukan proses pembaruan pada fitur aplikasi di kemudian hari, kamu bisa lakukan update version.

Jika aplikasi sudah siap, buka halaman utama Google Play Developer Console, lalu klik tombol “Publish an Android App on Play Store.

Tahap kedua yaitu mencantumkan judul aplikasi dan default language yang diinginkan. Kalau kamu membuatnya dalam Bahasa Indonesia, maka pilih Bahasa Indonesia sebagai default language

Tahap selanjutnya yakni tinggal mempublish aplikasi dengan klik “Upload APK”. Tidak sampai di sini saja, Sob. Setelahnya kamu perlu melakukan beberapa penyesuaian pengaturan di bagian store listing, seperti apakah aplikasi ini dapat diunduh secara gratis atau berbayar. Bagian ini perlu kamu perhatikan baik-baik, ya. Karena aplikasi yang apabila sudah diatur dapat diunduh secara gratis di awal tidak dapat diubah menjadi berbayar di kemudian hari.

Itu dia langkah-langkah untuk mempublikasikan aplikasi bikinanmu ke Play Store dan meraup pundi-pundi rupiah dari bisnis aplikasi Android ini. Jika kamu adalah seorang programmer dan memutuskan untuk mencari peluang bisnis di bidang ini, pastikan aplikasi yang kamu kembangkan memiliki nilai guna yang betul-betul dapat menyelesaikan masalah dari penggunanya. 

Selain mempersiapkan perancangan aplikasi dengan matang, kamu juga butuh wadah untuk mengenalkan aplikasi rancanganmu ke publik. Dengan menyiapkan sebuah website landing page, di sana kamu bisa menceritakan kenapa aplikasi rancanganmu ini perlu digunakan. 

Nah, untuk membuat website itu sendiri kamu tidak perlu repot-repot merancangnya sendiri seperti merancang aplikasi, serahkan saja ke Jagoan Hosting! Kami adalah penyedia layanan pembuatan website dan domain yang terbaik se-Indonesia. Pastikan cerita di balik aplikasi rancanganmu tersampaikan pada pengguna dengan cara menyiapkan website yang berisi informasi mengenai aplikasi bikinanmu.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like