Kamu Wajib Tahu Ide Startup Tidak Melulu dari Dunia IT, Mereka Bukti StartUp Indonesia Yang Sukses!

startup indonesia yang sukses
startup indonesia yang sukses

Indonesia, negara dengan ribuan pulau dan ratusan juta penduduk memiliki lebih banyak potensi untuk menjadi lebih dari sekedar negara berkembang. Meski punya banyak masalah yang menjadi PR bagi semua kalangan, mulai dari pemerintah hingga masyarakat, tapi Indonesia memiliki lebih banyak sumber daya untuk menciptakan solusi mereka sendiri.

Dari banyaknya masalah, sumber daya manusia dan didukung fasilitas yang terus berkembang, Indonesia mulai bangkit dan mendunia dengan prestasi anak dalam negerinya. Teknologi yang terus berkembang, membuat setiap masalah yang ada semakin mudah untuk dipecahkan. Startup, adalah salah satu solusi yang diciptakan untuk mengatasi setiap masalah di masyarakat dengan bantuan teknologi.

Banyak yang mendefinisikan startup sebagai sebuah perusahaan atau bisnis yang baru saja berdiri. Belum berbentuk PT dan masih merintis. Tapi yang pasti startup didirikan untuk memberikan dan menjadi solusi bagi setiap masalah yang ada di lingkungan. Bukan hanya berorientasi pada bisnis dan profit semata, tapi lebih kepada memberi impact bagi masyarakat luas.

Berkat teknologi, semua bidang di sekitar kita bisa menjadi solusi bagi masalah di masyarakat. Nah, kira-kira apa ya solusi yang diberikan dan diwujudkan dalam bentuk startup berbasis digital di Indonesia ini?

1. Pendidikan

Indonesia memang kaya akan sumber daya manusia yang cerdas dan berpotensi menjadi generasi yang memajukan Indonesia di mata dunia. Tapi nyatanya, sistem pendidikan di Indonesia masih jauh dari kata “WAW”. Masih banyak dari adik-adik kita yang sulit menjangkau pendidikan yang layak. Bahkan masih banyak dari mereka yang kesulitan mendapatkan informasi terkait pendidikan di Indonesia.

Dari masalah yang cukup besar inilah, banyak bermunculan startup yang fokus pada dunia pendidikan. Mulai dari menyediakan tenaga pendidik maupun menyediakan materi pelajaran secara online atau digital. Tentu saja, ini sangat membantu siapapun untuk belajar dimanapun dan kapanpun. Salah satunya adalah ruangguru.com, pesonaedu.com, dan 7pagi.com.

Cek Konten Lainnya:
7 Hal Suka dan Duka Yang Dialami Pebisnis Online

2. Otomotif

Meski tidak begitu sejalan dengan dunia pendidikan, bidang ini memberikan banyak peluang bagi para pendiri startup di Indonesia. Banyaknya masalah yang muncul mulai dari antrian yang cukup panjang dan membuat banyak waktu terbuang saat hendak melakukan service sepeda motor ataupun mobil.

Olride.com adalah salah satu startup yang berhasil menciptakan solusi bagi para pengguna kendaraan bermotor. Meski terbilang baru, dunia otomotif sangat menjanjikan bagi dunia teknologi kedepannya.

3. Kesehatan

Jika pendidikan memiliki solusi bagi setiap masalah mereka, maka dunia kesehatanpun juga memiliki solusi dari setiap masalah mereka. Banyak masalah yang bermunculan di dunia pendidikan. Mulai dari masyarakat yang kesulitan berkonsultasi dengan dokter karena mahalnya biaya untuk berobat. Hingga lamanya antrian yang membuat banyak pasien mengeluh lama dalam hal pelayanan.

Pasienia, MeetDoctor, Alodokter, dan Reblood adalah beberapa contoh startup yang fokus berkembang di dunia kesehatan. Melihat dunia ini sebagai peluang untuk menciptakan solusi bagi masyarakat luas. Startup tersebut menggunakan teknologi agar lebih luas menjangkau masyarakat dimanapun dan dapat digunakan kapanpun.

4. Pariwisata

Siapa yang tidak tahu bahwa Indonesia adalah salah satu negara tujuan para wisatawan asing yang siap berlibur dan membantu mempromosikan Indonesia ke mata dunia. Banyaknya tempat wisata di Indonesia dengan pesona yang sangat luar biasa, membuka mata para pendiri startup sepeti Yuktravel.com, tripvisto.com dan juga Traveloka.com untuk mendirikan startup yang bergerak di bidang pariwisata.

Mereka bukan sekedar menyediakan layanan travel bagi para wisatawan, tapi juga memberikan banyak informasi tempat yang harus dikunjungi para wisatawan di hampir semua wilayah di Indonesia. Berkolaborasi dengan dunia digital, startup ini mampu membantu para wisatawan menemukan destinasi tujuan berlibur mereka di Indonesia.

Cek Konten Lainnya:
Tips Membuat Campaign Di Era Millennial

5. Kuliner

Jika dunia pariwisata telah menemukan banyak solusi melalui dunia startup, maka dunia kuliner yang juga sejalan dengannya juga menjadi target dari para startup founder di Indonesia. Kuliner di Indonesia yang sangat beragam memberikan banyak inspirasi untuk munculnya startup di dunia kuliner.

Mulai dari Happyfresh yang menyediakan banyak bahan makanan dan dapat diantar, memberikan solusi bagi masyarakat yang sibuk namun tetap ingin memasak. Zamato.com yang memberikan solusi bagi siapapun yang berkunjung ke Ibukota dan ingin mencicipi kuliner di kota tersebut. Hingga Makan Di Mana yang memberikan rekomendasi bagi siapapun yang bingung mencari tempat makan terdekat dengan lokasi mereka saat itu.

Cloud VPS

6. Fashion dan Kecantikan

Fashion dan kecantikan, bukanlah hal baru di dunia digital sekalipun. Banyak toko online dan marketplace yang menjual produk fashion dan kecantikan. Tapi tidak banyak yang menyediakan tempat bagi mereka yang bergelut di dunia ini untuk menyalurkan produk mereka.

Seperti halnya Hijup.com yang menjadi salah satu startup yang bergerak dan fokus di bidang fashion untuk kaum muslimah. Salestock yang juga memberikan solusi bagi para penggila dunia fashion untuk menemukan produk berkualitas dengan harga terjangkau. Hingga Femaledaily yang menjadi portal bagi wanita yang ingin mengetahui update terbaru hingga review produk kecantikan.

7. Transportasi

Siapa yang tidak kenal Gojek, Uber dan Grab? Mereka adalah para startup yang bergerak di dunia transportasi di Indonesia. Bukan hanya menciptakan trend ojek online, mereka pun bahkan sudah menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat di kota-kota besar di Indonesia.

Dunia digital yang awalnya hanya akrab dengan mereka lulusan IT saja, kini dengan mudah diaplikasi bahkan untuk dunia transportasi. Meski sering terlihat saling bersaing, namun solusi yang diciptakan mampu memberikan dampak besar pula bagi lingkungan.

8. Crowdfounding

Mungkin bagi sebagian orang hanya dunia bisnis yang menghasilkan profit saja yang dapat berkolaborasi dan menciptakan startup. Tapi kembali pada tujuan awal yaitu memberikan solusi bagi masyarakat. Termasuk menyediakan platform untuk penggalangan dana atau donasi.

Cek Konten Lainnya:
Jangan Lakukan 9 Hal Ini! Agar Pelayanan Berkualitas Didapat Pelanggan

Kitabisa.com, ayopeduli.com dan juga wujudkan.com adalah beberapa nama startup yang fokus menyediakan platform penggalangan dana atau donasi dan menyalurkan bagi siapapun yang kurang membutuhkan. Tanpa bermasuk riyak, startup ini memberikan tempat dan wadah yang terpercaya bagi siapapun yang ingin mendonasikan sedikit rejeki mereka bagi masyarakat yang sangat membutuhkan.

Nah, itulah kedelapan startup yang bahkan awalnya tidak berhubungan langsung dengan dunia IT. Mereka adalah startup yang fokus memberikan solusi dan berkolaborasi dengan perkembangan dunia digital saat ini.

Masyarakat yang cukup dengan dunia digital bukan hanya akan menjadi user tapi juga pengamat dan pendukung startup yang saat ini sedang berjalan. Itulah sebabnnya, ide startup terbukti tidak hanya muncul dari dunia IT saja. Meski mereka tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya, namun startup tetaplah startup yang fokus pada solusi bagi masyarakat.

Bahkan untuk saat ini bagi siapapun yang memiliki ide yang dapat menjadi solusi bagi masalah di lingkungan, tidak perlu bingung bagaimana cara mendirikan sebuah startup. Sebab ada banyak yang mefasilitasi dunia startup bermunculan di Indonesia, salah satunya Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Gerakan yang mencoba menjembatani dan memfasilitasi para calon startup founder dengan sejuta ide penuh solusi bagi masalah di lingkungan.

Siapapun memiliki ide, siapapun mampu memberikan solusi, siapapun mampu menjadi startup founder dan siapapun mampu memberikan dampak bagi Indonesia. Termasuk kamu! 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Read More
[Infografis] 10 Aturan Sosial Media bagi Bisnis
10 Aturan dalam Bersosial Media Ketika bisnis anda siap untuk terjun di sosial media, ada sejumlah aturan yang…
promo super deal jagoan hosting
Read More
Buruan, Cek Promo Super Deal Jagoan Hosting untuk Dapatkan Penawaran Menarik!
Promo Super Deal Jagoan Hosting – Halo Sob! Bagi kamu pelanggan setia dari Jagoan Hosting, pasti sudah tahu…