Blog Jagoan Hosting | Tutorial Website & Web Hosting Indonesia
payment gateway

6 Layanan Payment Gateway yang Bisa Kamu Gunakan di Indonesia

Payment gateway adalah aplikasi yang mengesahkan pembayaran untuk bisnis elektronik, ritel online, bisnis mortir, dan sebagainnya.

Sistem ini mengenkripsi informasi rahasia seperti nomor kartu kredit dan debit untuk membuat kamu yakin bahwa data yang dikirimkan antara pelanggan dan pedagang adalah rahasia dan aman.

Khusus untuk kamu yang memiliki profesi pemilik sebuah bisnis online, pilihan kamu terhadap layanan payment gateway dapat disesuaikan dengan user experience di situs web kamu melalui arus kas ke penjualan online.

Lalu, apa saja layanan payment gateway yang bisa kamu gunakan di Indonesia? Apakah layanan tersebut dapat memastikan pengalaman pembayaran online terbaik dan aman untuk kamu? Yuk, cek daftar di bawah ini.

1. Midtrans

Midtrans adalah payment gateway online yang fokus melayani pasar e-commerce Indonesia. Secara sederhana, mereka memberi perusahaan e-commerce kemampuan untuk menerima pembayaran online.

Layanannya mencakup kartu kredit, transfer bank (Rekening Permata Virtual, Pembayaran Tagihan Mandiri), internet banking, Indomaret, e-wallet (T-cash, XL Tunai, BBM Money, Indosat Dompetku, Mandiri eCash), atau metode pembayaran lainnya.

Cara Apply Midtrans

1. Daftarkan akun di sini.

2. Lengkapi persyaratan bisnis Midtrans dengan mengirim email seperti di bawah ini:

Cara Mengintegrasikan Akun Midtrans

1. Masuk ke Portal Administrasi Merch Midtrans kamu di (https://account.midtrans.com). Kamu akan menemukan nama toko online kamu dengan lingkungan Sandbox/Produksi. Pastikan kamu berada di lingkungan Produksi.

payment gateway
Source: help.easystore,co

2. Klik Settings > Access Keys. Dapatkan Merchant ID Midtrans, Client Key, dan Server Key Midtrans kamu.

payment gateway
Source: help.easystore.co

3. EasyStore Control Panel > Settings > Payments > Tambahkan metode pembayaran.

payment gateway
Source: help.easystore.co
payment gateway
Source: help.easystore.co

4. Pilih Midtrans.

payment gateway
Source: help.easystore.co

5. Masukkan Merchant ID, Client Key, dan Server Key kamu > Save.

payment gateway
Source: help.easystore.co

2. Faspay

Faspay memungkinkan e-commerce kamu menerima pembayaran online. Kamu bisa memilih antara kanal Kredit atau Debit, mulai dari internet banking, akun virtual, hingga e-wallet.

Selain itu, jika kamu bermitra dengan Bank dan Telco terkemuka di Indonesia, kamu akan mendapatkan keuntungan dalam bentuk kemampuan untuk menerima pembayaran dari 120 Bank nasional.

Salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh Faspay adalah Faspay Billing. Faspay Billing memungkinkan kamu untuk membuat dan memproses data transaksi penagihan. Faspay Billing telah terintegrasi dengan berbagai jenis pembayaran seperti:

  • Kartu kredit
  • Transfer bank/POS
  • Internet banking
  • E-wallet

 

3. DOKU

DOKU adalah solusi pembayaran elektronik lokal untuk menawarkan opsi pembayaran baru kepada pelanggan. Pelanggan dapat memilih salah satu dari empat opsi di bawah ini untuk melakukan pembayaran.

  1. DOKU E-Wallet
  2. Internet Banking
  3. Transfer Bank: Dengan menggunakan Kode Pembayaran Transfer Bank, kamu bisa membayar pemesanan melalui ATM Bersama, Prima, dan Alto. Kamu juga bisa melakukan pembayaran melalui internet banking atau akun mobile banking selama masih terhubung ke jaringan ATM Bersama, Prima, dan Alto. Saat kamu melakukan transfer, pilih ‘Bank Permata’ sebagai rekening bank tujuan atau kode bank ‘013’. Kemudian, masukkan kode pembayaran kamu ke nomor rekening bank tujuan.
  4. Toko Serba Ada: Bawa Kode Pembayaran Toko Serba Ada ke Alfa Mart, Alfa Midi, Alfa Express, Lawson atau DAN + DAN terdekat dan ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Minta opsi pembayaran DOKU Merchant
  • Berikan Kode Pembayaran kamu
  • Konfirmasikan jumlah yang harus dibayarkan
  • Lakukan pembayaran

Transfer bank atau toko serba ada adalah opsi pembayaran yang bersifat on-hold (tertahan). Untuk keduanya, kamu memerlukan kode pembayaran yang akan kamu temukan di halaman konfirmasi pemesanan atau email konfirmasi pemesanan yang tertahan.

Setelah menyelesaikan pemesanan, kamu mempunyai waktu 6 jam untuk membayar. Jika tidak, pemesanan kamu akan secara otomatis dibatalkan.

4. iPaymu

Source: Pinjaman Medan

iPaymu adalah penyedia pembayaran online yang akan memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi melalui Internet dari 137 bank yang beroperasi di Indonesia, serta melalui layanan pos negara yaitu Pos Indonesia.

Startup ini menyediakan layanan pembayaran online melalui kartu kredit dan kartu ATM serta pembelian elektronik untuk kredit ponsel, e-wallet, dan transfer uang.

iPaymu tergolong mudah digunakan karena mereka meminimalkan pengetahuan yang diperlukan tentang aplikasi bisnis online yang mana kamu tidak perlu belajar tentang pemrograman untuk dapat memiliki sistem pembayaran online sendiri pada bisnis situs web kamu.

iPaymu menyediakan produk yang merupakan integrasi dari tiga bisnis terpisah: solusi e-commerce, gateway pembayaran/jaringan bisnis pembayaran, dan bisnis layanan pedagang.

Sebagai informasi tambahan, iPaymu telah bekerja sama dengan penyedia pembayaran online global PayPal. Kerjasama ini memungkinkan layanan iPaymu untuk terhubung dengan lebih dari 117 juta pengguna aktif PayPal di lebih dari 190 pasar secara global.

5. Espay

Espay menawarkan solusi pembayaran online dengan satu-satunya konsep B2C2B (business-to-consumer-to-business) di Indonesia. Gateway pembayaran Espay menyediakan tanda terima pembayaran melalui kartu kredit, bank, outlet, dan agen tunai.

Selain gateway pembayaran yang bisa disambungkan ke situs web atau e-commerce, Espay juga menyediakan portal bernama Tagih.ID dan Kasir.ID. Tagih.ID adalah solusi penagihan atau Penyajian dan Pembayaran Faktur Elektronik (EIPP) dengan berbagai saluran untuk menerima pembayaran real-time dan rekonsiliasi.

Sedangkan Kasir.ID adalah solusi untuk menerima pembayaran dan rekonsiliasi untuk Usaha Mikro dan Menengah dengan kanal pembayaran paling lengkap.

Layanan lain yang juga disediakan oleh Espay adalah Instruksi Pembayaran Espay yang merupakan solusi distribusi dana ke berbagai rekening mitra di semua bank Indonesia secara real-time online.

6. Xendit

Xendit adalah gateway pembayaran yang membuat pembayaran untuk semua jenis bisnis di Indonesia jauh lebih mudah. Layanan ini memungkinkan pelanggan untuk menerima dan mengirim uang dengan integrasi sederhana.

Setiap transaksi dapat dengan mudah direkonsiliasi dan dicatat dengan deteksi dana otomatis dan pemberitahuan instan.

Xendit memungkinkan perusahaan menerima pembayaran melalui Akun Virtual dan Kartu Kredit. Xendit juga menyediakan modul Pencairan di mana bisnis dapat mengirim sejumlah uang ke bank mana pun di Indonesia melalui API atau dengan hanya mengunggah CSV.

Tinjauan Produk Xendit

Berikut adalah cakupan produk-produk yang telah dikeluarkan oleh Xendit:

Faktur dan Pembayaran (Uang Masuk)

  • Akun Virtual di bank-bank besar (Xendit mendukung akun virtual dari Mandiri, BNI, dan BRI)
  • Menerima pembayaran dari Kartu Kredit di seluruh dunia
  • Pemberitahuan instan dan otomatis
  • Tersedia layanan callback; sehingga platform kamu tahu kapan faktur dibayar per akun atau per transaksi

Pencairan (Uang Keluar)

  • Mengirim uang secara instan ke 140+ bank di Indonesia
  • Melakukan transfer otomatis dengan API atau CSV melalui interface yang ramah pengguna
  • Biaya rendah yang sama untuk transfer ke semua bank

Infografis

Hanya Dengan 12.000/bln, Website Kamu Bisa 5x Lebih Cepat!!

Mau Dong!

+ +