Ingin tahu cara membuat server bimbingan belajar lebih lanjut? Simak artikel berikut.

Bagi berbagai perusahaan atau lembaga, memiliki layanan internetnya tersendiri sudah menjadi hal primer yang sudah harus dimiliki. Tidak lain dengan server untuk lembaga bimbingan belajar. Bagi orang yang belum mengenal betul tentang membangun server sendiri, pastinya akan terlihat sulit dan membutuhkan keterampilan seorang professional. Kenyataannya? Tidak sama sekali. Contohnya, membuat server bimbingan belajar tidak perlu dedicated server yang butuh biaya mahal, bahkan cukup menggunakan Cloud Hosting dan VPS anda sudah bisa membuat server bimbingan belajar anda.

Dengan meningkatnya jumlah pelajar di Indonesia, tentunya semakin tinggi juga minat pelajar untuk mendapat layanan bimbingan belajar di luar sekolah. Untuk menampung dan memberikan informasi ke sekian banyak pelajar yang ada, tentunya lebih mudah jika pakai server dan internet. Ingin tahu cara membuat server bimbingan belajar lebih lanjut? Simak artikel berikut.

Spesifikasi Hardware

Umumnya, server bisa berjalan lebih baik menggunakan Desktop. Berikut spesifikasi minimal untuk membuat server bimbingan belajar atau server lain pada umumnya.

  1. Komputer Desktop
  2. CPU: 4 core, 1.6 Ghz
  3. RAM: 8GB DDR3
  4. Storage: 250Gb
  5. OS: Windows Server/10/8/7, Linux Ubuntu 14.04 (64 bit)
  6. Software: VM Virtual Box, Browser (Mozilla, Chrome, dll)
  7. LAN: 2 Unit LAN Card (NIC)
  8. UPS dengan daya tahan 15 menit jika diperlukan.

Membuat Server Bimbingan Belajar dan Website

Selain hardware, diperlukan juga beberapa software yang akan memulai proses anda, web server yang dibutuhkan untuk membuat server bimbingan belajar dapat menggunakan Apache (LAMP) atau NginX (LEMP). Penggunaan DNS juga dapat digunakan jika merasa perlu, terutama bila anda ingin VPS bisa diakses melalui Domain. Jika anda memilih untuk menggunakan IP Public, VPS dapat di set tanpa menggunakan DNS.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, jangan lupa untuk membuat situs web bimbingan belajar anda. Tidak perlu coding sama sekali anda tetap bisa membuat website yang menarik. Cukup menggunakan WordPress untuk membuat website anda, lebihnya lagi WordPress juga sudah menyediakan LMS dan template pendidikan lainnya. Anda cukup memilih dan website anda akan jadi dalam sekejap.

Jika sudah membuat web server dan website, bagaimana caranya agar website anda bisa diakses orang-orang? Lebih mudah lagi jika anda menggunakan jasa Cloud Hosting dan VPS. Untungnya, Jagoanhosting menyediakan jasa Cloud Hosting dan VPS-X, tidak perlu ragu soal fitur, kecepatan, dan harga. Bagi anda yang belum mengerti sama sekali soal setup server dan sebagainya, Jagoanhosting menyediakan layanan 7×24 jam dan setup hosting anda sepenuhnya gratis.

Cloud Hosting dari Jagoanhosting sudah menyediakan Divi Theme Premium yang anda bisa gunakan untuk situs WordPress anda. Bagi yang belum tahu, Divi merupakan penyedia tema website terbaik di WordPress dan anda bisa dapatkan secara gratis dari paket Cloud Hosting Jagoanhosting manapun. Lebihnya lagi, sudah termasuk cPanel dan dapat dijamin anda akan lebih mudah dalam memanajemen server dan website anda.

Menggunakan VPS dalam mengoperasikan server anda akan menghemat banyak tenaga dari biasanya. Contohnya, dengan menggunakan VPS X. VPS X sudah menyediakan instalasi web server, database, LAMP, LEMP, Moodle, Joomla, dan banyak lainnya. Untuk masalah efisiensi dan kecepatan, VPS X sudah tidak diragukan lagi karena sudah menggunakan Intel Xeon Turbo Boost yang bisa meningkatkan kecepatan proses hingga 33% dari kecepatan normal. Spesifikasi dan daya tampung dapat disesuaikan sesuai kebutuhan anda. Dimulai dari harga Rp.120.000 perbulannya anda sudah dapat menikmati VPS tercepat di Indonesia.

Setelah memahami cara membuat server bimbingan belajar anda, tidak perlu menunggu apa-apa lagi selain memulai membangun server anda. Terutama, jika anda memiliki lembaga bimbingan belajar, sangat menguntungkan untuk memiliki server tersendiri. Seperti kebutuhan pelajar untuk pendaftaran, informasi, berita, jadwal, dan lain-lain. Jangan lupa untuk pakai Cloud Hosting dan VPS-X dari Jagoanhosting, pastinya server anda akan jauh lebih mudah digunakan dan lebih canggih dari biasanya.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like