Mengenal Apa Itu .NET Framework, Fungsi, dan Cara Kerjanya

net framework

Selain Framework PHP, istilah .NET Framework tidak asing terdengar dalam ilmu komputer. Software ini memiliki peran dalam menjalankan aplikasi di perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows.

Meskipun jarang terdengar, software satu ini termasuk elemen penting dalam pengoperasian sebuah perangkat. Agar aplikasi dapat berjalan, setiap komputer dengan sistem operasi Windows memerlukan software tersebut.

Lantas sebenarnya, apa gunanya .NET Framework? Bagaimana cara kerjanya dan mengatasi isu dalam pemasangannya? Yuk, cari tahu selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu .NET Framework?

Jika bertanya mengenai apa itu .NET Framework, ketika kamu menggunakan sistem operasi Windows, mungkin kamu pernah mendengar tentang Microsoft .NET.

Untuk dapat menjalankannya, beberapa aplikasi seringkali memintamu untuk menginstalnya terlebih dahulu. Pada saat aplikasi berjalan, perlu software untuk memastikan aplikasi berjalan dengan lancar. Pada sistem operasi Windows, tugas ini dilakukan oleh .NET Framework.

.NET Framework adalah software dari Microsoft yang menyediakan berbagai layanan kebutuhan bagi aplikasi yang sedang berjalan di sistem operasi Windows.

Pada dasarnya software satu ini memiliki peran yang sangat penting. Beberapa aplikasi bahkan tidak dapat berjalan bila perangkat tidak memilikinya.

.NET Framework biasanya berjalan pada sistem operasi Windows sudah terintegrasi secara default. Dalam sebuah komputer kemungkinan memiliki beberapa versi dari software satu ini. 

Oleh karena itu, jangan heran jika kamu menemukan software ini tersedia dalam berbagai versi. Misalnya saja seperti .NET Framework yang cocok untuk Windows 10 ternyata adalah versi 3.5.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Subdomain? Bagaimana Cara Membuatnya

Baca juga: Apa itu Nginx? Pengertian, Keunggulan dan Cara Kerjanya

Fungsi .NET Framework

Lalu, apa gunanya .NET Framework? Software ini diketahui memiliki fungsi utama sebagai penerjemah dan pengeksekusi aplikasi agar bisa berjalan pada sistem operasi Windows.

Dalam beberapa kasus saat, kamu diwajibkan untuk melakukan instalasi software yang satu ini terlebih dahulu agar bisa menjalankan aplikasi tersebut. Adapun beberapa kegunaannya yaitu:

1. Bermanfaat dalam Pemasangan Aplikasi Komersial

Beberapa aplikasi komersial dari Microsoft bahkan aplikasi pihak ketiga bergantung pada software ini untuk mendukung fungsi utama mereka. Aplikasi-aplikasi seperti Microsoft Security Essentials, PayPal, dan juga beberapa permainan dari pihak ketiga.

Dengan software satu ini, proses instalasi dari aplikasi tersebut juga akan semakin cepat dan mudah.

2. Bermanfaat dalam Memudahkan Update

Setelah proses instalasi berhasil, sistem operasi Windows akan diperbaharui secara otomatis oleh layanan Microsoft Update. Adapun versi software yang akan diinstal di perangkatmu juga selalu akan di-update menjadi paket layanan paling terbaru.

Cara Kerja .NET Framework

Sistem operasi Windows umumnya telah dilengkapi dengan software yang satu ini meski tidak semuanya langsung aktif dan dapat digunakan. Maka dari itu dalam beberapa kasus, kamu perlu menginstall atau mengaktifkannya secara manual.

Software ini memiliki 2 komponen utama, yaitu Common Language Runtime (CLR) di mana untuk menangani aplikasi yang sedang berjalan, dan juga Framework Class Library (FCL) guna melakukan pemrograman pada aplikasi.

Sebuah program yang ditulis untuk .NET Framework dijalankan pada sebuah software yang mengatur persyaratan runtime program. Runtime juga merupakan suatu bagian dari software ini yang juga dikenal sebagai Common Language Runtime (CLR).

CLR menyediakan berbagai layanan yang sangat penting seperti jaminan keamanan, pengaturan memori, garbage collection dan penanganan kesalahan pada saat runtime.

CLR yang adalah komponen inti yang dibuat agar para programmer dapat mengembangkan program komputer dengan jauh lebih mudah, dan juga untuk mengurangi kerawanan keamanan dari beberapa ancaman.

Cek Konten Lainnya:
Apa itu Slug? Pengertian dan Fungsinya dalam Website

Ada juga solusi-solusi program pembentuk yaitu Framework Class Library (FCL) yang memenuhi kebutuhan program dan menyediakan berbagai layanan seperti pada bidang user interface, pengaksesan data, koneksi basis data, kriptografi, algoritma numerik, pembuatan aplikasi berbasis web, dan komunikasi jaringan.

Baca juga: Mengenal Ubuntu, Ini Jenis dan Kelebihan Menggunakannya

Cara Mengatasi .NET Framework yang Tidak Bisa Diinstal

Seperti yang sudah kita bahas di beberapa poin penjelasan sebelumnya, software satu ini memang diketahui memiliki peran penting dalam sebuah sistem.

Nah sebenarnya, sistem operasi Windows 10 sebenarnya sudah dibekali dengan versi keempat dari software ini. Namun terkadang, masih banyak juga aplikasi yang membutuhkan versi 3.5 dari software berikut.

Jika tidak bisa menginstalnya, mungkin kamu pernah menemui halaman install .NET Framework Windows 10 error 0X800F081F.

Jika kamu saat ini sudah menggunakan Windows 10, maka cobalah untuk menginstal versi 3.5 dari software berikut. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk menginstalnya:

  1. Kunjungi tautan berikut untuk mengunduh: https://www.microsoft.com/en-us/download/confirmation.aspx?id=2515
  2. Buka setelah berhasil diunduh.
  3. Ikuti petunjuk instalasi hingga akhir dan proses penginstalan berhasil.

Nah, itu dia pembahasan singkat mengenai apa itu .NET Framework, fungsi, dan cara kerjanya. Dalam menunjang keberhasilan aplikasi, sebagai developer kamu perlu memahaminya dengan baik. 

Nah Sob, agar kodingan kamu bisa ditampilkan kepada khalayak umum dan menjadi sebuah website yang keren, seperti website portofolio atau website untuk menawarkan jasa lainnya, kamu bisa menyempurnakannya dengan domain dan unlimited hosting dari Jagoan Hosting.

Tunggu apalagi? Segera kunjungi dan dapatkan promo menariknya hanya di Jagoan Hosting!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
web API
Read More
Apa itu API? Jenis, Fungsi & Contohnya
Application Programming Interface atau API adalah suatu penghubung antara server dengan aplikasi. Bagi para developer, API memiliki peran…
HTML
Read More
Tutorial Cara Membuat Website HTML dan CSS bagi Pemula
Website HTML dan CSS adalah dasar bagi seorang pengembang atau web developer dalam membuat website. Jika kamu tertarik…