Semi Dedicated Hosting: Inilah Kelebihan dan Harganya

semi dedicated hosting

Apa itu semi dedicated hosting? Bagi pemilik website pasti penasaran dengan jenis hosting satu ini karena memang jarang dikenali daripada dua hosting lainnya. Tetapi dari segi performa sebenarnya semi dedicated hosting masih cukup baik, loh.

Berikut ulasan lengkap seputar semi dedicated hosting.

Pengertian Semi Dedicated Hosting

Hosting jenis ini membagi server fisik menjadi beberapa bidang yaitu beberapa pengguna. Tetapi, dengan nilai unggul sumber daya yang lebih besar serta eksklusif jika kamu bandingkan dengan shared hosting.

Menggunakan semi dedicated hosting ini memungkinkan kamu sebagai pengguna untuk berbagi sumber daya yang sama, loh. 

Mulai dari RAM, penyimpanan, CPU, serta bandwidth di mana setiap penggunanya mendapatkan bagian lebih besar daripada shared hosting.

Kelebihan Semi Dedicated Hosting

Setelah tahu apa itu semi dedicated hosting, kamu pasti penasaran dengan keunggulan yang hosting ini miliki, kan? Nah, berikut ini beberapa kelebihan semi dedicated hosting :

1. Segi Root Access

Jika kamu lihat keunggulan dari semi dedicated hosting, maka pengguna bisa memegang kendali penuh pada CPU host miliknya sendiri. 

Kamu ingin melakukan installing OS jenis apapun tidak akan menjadi masalah, baik software dan juga aplikasi.

Biasanya, root acces ini paling sering menjadi kekurangan VPS. Hal tersebut juga terpengaruh dari kemalasan pengguna untuk mengurus dan setup server pribadi.

Tetapi, kamu sekarang tidak perlu khawatir karena sudah banyak sekali aplikasi dan software yang bisa kamu gunakan untuk setup hosting dengan langkah yang mudah.

Cek Konten Lainnya:
Hai, Sob! Cek Penawaran Hosting Murah Terbaik di Sini!

2. Memiliki Performa Hosting yang Jauh Lebih Baik

performa semi dedicated hosting

Kelebihan lain yang perlu kamu pahami dari segi performanya. Pada hosting jenis ini, performa sangat ditentukan oleh pemilihan CPU. 

Karena menggunakan semi dedicated hosting akan minim terjadi ganggu pada website meskipun server lain terganggu. Sebab, performa mendapat pengaruh dari CPU masing-masing.

3. Memiliki CPU yang Jelas

Menggunakan semi dedicated, kamu bisa menemukan keterangan lengkap terkait CPU core, kapasitas HDD, jumlah RAM, dan juga bandwidth. 

Jika kamu memilih CPU yang cepat dan tinggi maka harga sewanya juga kan mempengaruhi sehingga makin mahal.

Hal ini tentu sangat menguntungkan, karena pada shared host kamu tidak akan mendapatkan keterangan CPU seperti apa yang mereka sewakan.

Kekurangan Semi Dedicated Hosting

Selain dari banyaknya kelebihan yang hosting ini miliki. Menurut kamu apa itu semi dedicated hosting memiliki kekurangan atau tidak? Jawabannya tentu saja. 

Ada beberapa kekurangan yang perlu kamu ketahui sebagai bahan pertimbangan, antara lain :

1. Pengguna Mengatur Pengelolaan Sendiri

Semi dedicated hosting memang memiliki banyak kelebihan. Tetapi, untuk bisa menggunakannya, maka pengguna wajib melakukan pengaturan sendiri. 

Mungkin bagi beberapa teknisi yang sudah mahir dan paham keterampilan serta pengetahuannya tidak menjadi masalah.

Hal ini akan menjadi beberapa masalah merepotkan khususnya bagi blogger pemula atau pemilik blog yang fokus menulis saja. Karena, troubleshoot yang blogger hadapi tidak akan sesimpel ketika Sob menggunakan shared hosting.

2. Tidak Semua Layanan Memiliki Paket Komplit

Kelemahan dari semi dedicated hosting ini tidak semua fiturnya memiliki paket komplit. Sehingga, kamu sebagai pengguna harus bisa memilih sendiri komponen yang menjadi kebutuhan. 

fitur semi dedicated hosting

Namun di Semi Dedicated Hosting dari Jagoan Hosting punya fitur paket yang siap pakai khususnya untuk para Developer.

Perbedaan Shared Hosting dan Semi Dedicated Hosting

Jika ingin mengetahui lebih dalam terkait perbandingan masing-masing hosting. Kamu bisa mengetahui perbedaan shared hosting dan semi dedicated hosting melalui komponen berikut ini :

Cek Konten Lainnya:
Web Hosting dengan Support Golang Terbaik

1. Sumber Daya Server

Apabila kamu melihat dari segi sumber daya hosting maka shared hosting memiliki CPU, RAM, dan juga penyimpanan yang dibagi pada beberapa pengguna dengan server yang sama.

Sedangkan pada semi dedicated hosting sumber daya servernya pun juga dibagi diantara beberapa pengguna tetapi nilainya lebih besar daripada shared hosting. Sehingga pengguna memiliki bagian lebih banyak.

2. Keamanan

Dari segi keamanan, pada shared hosting akan menjadi masalah apabila salah satu pengguna mengalami masalah keamanan. Sebab, jika satu malware terserang akan berdampak pada situs web lain dengan server yang sama.

Pada semi dedicated hosting sisi keamanannya lebih terkendali karena ada sedikit pengguna yang berbagi server. Sehingga tidak akan sepenuhnya terkena virus yang sama.

3. Kecepatan

Apa itu semi dedicated hosting dapat kamu ketahui nilai bedanya dari kecepatan, di mana kinerjanya jauh lebih baik dan memiliki banyak sumber daya tersedia untuk mengatasi permasalahan beban kerja dan lalu lintas.

Pada shared hosting kinerja situs web dipengaruhi oleh situs lain karena berada di server yang sama. Sehingga jika salah satu mendapatkan sumber daya berlebihan, maka web lainnya akan semakin lambat.

4. Biaya

harga semi dedicated hosting

Jika kamu mencari hosting dengan biaya lebih murah, maka shared hosting bisa menjadi pilihan yang baik. Tetapi untuk semi dedicated hosting memakan biaya lebih besar karena sumber daya dan kinerjanya jauh lebih baik.

Perbedaan Dedicated Hosting dan Semi Dedicated Hosting

Selain perbedaan dengan shared hosting, kamu juga bisa mengetahui perbedaan dedicated hosting dan semi dedicated hosting, loh. Apa saja itu? Berikut pembahasannya :

1. Sumber Daya

Dedicated hosting memiliki server eksklusif pada satu pengguna atau organisasi. Sumber daya (RAM, CPU, bandwidth, dan beberapa lainnya) sepenuhnya akan diberikan kepada satu pengguna.

Tetapi, pada semi dedicated hosting server masih dibagi pada beberapa pengguna. Tetapi setiap penggunanya mendapatkan bagian yang lebih besar daripada shared hosting. Sehingga masih lebih baik dibandingkan shared hosting.

Cek Konten Lainnya:
Ini Hosting Unlimited Inodes & Cara Menguranginya

2. Tingkat Keamanan

Karena dedicated hosting termasuk ke dalam hosting dengan kualitas premium. Maka, dari segi keamanannya saja tentu lebih tinggi sebab pengguna memiliki kendali penuh pada server.

3. Kecepatan dan Kinerja

Selanjutnya, kamu bisa melihat perbandingan dedicated hosting dari segi kinerja dan kecepatan yang optimal. Sebab, hosting ini tidak memberlakukan pembatasan pada pengguna lain yang mempengaruhi pemilik website.

Lain halnya dengan semi dedicated hosting yang di bawah dedicated hosting. Tetapi penawaran kinerja dan kecepatannya masih bisa diadu dengan shared hosting. Sebab, lalu lintas website dapat berjalan dengan baik dan pengalaman yang kece.

4. Biaya

Terakhir, kamu bisa mengetahui nilai beda berdasarkan biaya yang perlu dikeluarkan. Dedicated hosting cenderung paling mahal sebab pengguna bisa mendapatkan penawaran server eksklusif. Tentunya dengan akses tanpa batas.

Sedangkan, pada semi dedicated hosting biayanya berada di pertengahan antara dedicated hosting dan shared hosting. Biaya ini juga mendapat pengaruh dari alokasi sumber daya dan juga kinerja yang baik.

Dapatkan Semi Dedicated Hosting

Paket hosting ini memungkinkan untuk mendapatkan pelayanan eksklusif, berupa dukungan prioritas dan privasi lebih terjamin dan menikmati berbagai keuntungan yang tidak akan didapatkan dalam layanan shared hosting biasa.

harga dedicated hosting

Segera dapatkan Paket Dedicated Hosting ini di Jagoan Hosting untuk kamu yang serius dalam menjalankan bisnis namun tidak ingin repot dengan aspek teknis terkait server dan memiliki performa yang tinggi.

Penutup

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan apa itu semi dedicated hosting? Apakah kelebihan, kekurangan dan beberapa perbedaan layanan dengan hosting lainnya cukup membantu? 

Sekarang, kamu bisa menentukan layanan terbaik sesuai kebutuhan. Pastikan apa yang kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu dan juga budget. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
managed server hosting
Read More
Managed Server Hosting Indonesia Terbaik
Dedicated server hosting merupakan tipe web hosting service di mana sebuah server fisik terpakai pada sebuah website, baik…
manfaat email hosting
Read More
10+ Manfaat Email Hosting untuk Bisnis
Mengapa kira-kira perusahaan yang bisnisnya sudah mulai berkembang sampai rela mengeluarkan sejumlah uang untuk membuat email hosting dengan…